Nurdiana Budikdamper dan Aquaponik

Solusi Kreatif Untuk Jama’ah Masjid Abu Ayub Al Anshori Ditengah Pandemi

Authors

  • Nurdiana Fitri isnaini Universitas Islam Majapahit
  • Rini armin Universitas Islam Majapahit
  • Adrian Fajar Eka Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Kreatif, protein hewani, murah

Abstract

Masyarakat kelas menengah ke bawah paling riskan terdampak wabah Covid-19. Masyarakat yang sumber pendapatan atau penghasilan seperti berjualan, asongan, mengojek, nelayan, karyawan, atau pekerja yang bekerja di perusahaan pabrik dan sejenis pekerjaan lainnya. Mereka secara langsung mendapatkan dampak yang cukup buruk atas pendapatan mereka, dan secara otomatis masyarakat yang demikian tidak bisa memenuhi dan menafkahi kehidupan keluarga mereka sehari-hari, dan pastinya mereka akan merasakan kekecewaan dan kebingungan semisal dengan cara apa yang mereka bisa lakukan untuk memenuhi kehidupan keluarga mereka sehari hari. Kondisi yang sama dialami oleh jama’ah masjid Abu Ayub Al Anshori di Dsn. Kangkungan, Desa Kemantren, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto. Dengan kondisi pandemi, bagaimana setiap jama’ah berjuang untuk mendapatkan penghasilan agar kebutuhan sehari-hari bisa dipenuhi. Atau bagaimana strategi bertahan dengan memelihara ikan dan menanam sendiri kebutuhan sayuran murah dan bermanfaat. Dengan metode budikdamper dan aquaponik jama’ah masjid mendapatkan ilmu tambahan. Ide kreatif ini bisa dilakukan meski jama’ah masjid tidak memiliki halaman luas dan peralatan yang memadai. Dengan budikdamper dan aquaponik diharapkan sedikit beban masalah bisa teratasi.

References

Hidayat, H., Sesanti, R. N., Maulida, D., & Sismanto. (2018). Penerapan Budidaya Sayuran Dengan Sistem Hidroponik Mudah Dan. Prosiding Seminar Nasional Penerapan IPTEKS (hal. 16- 23). Lampung: Jurnal Polinela.

Purwanto, D., Sugiarto, C., & Suryanandi, P. (2019). Peningkatan Ekonomi Rumah Tangga Melalui Budidaya Sayuran Organik. Jurnal SEMAR Vol. 8 No.1, , 50 - 54.

Tani, O. &. (2016). Analisis Pendapatan Usahatani Sayur Kangkung Di Kelurahan Bansone Kecamatan Kota Kefamenanu. Portal Jurnal Unimor, 72 - 72.

Downloads

Published

2022-07-30