http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/issue/feed ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2021-07-29T10:57:27-04:00 Open Journal Systems http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/1253 Pemberdayaan Ekonomi Anggota Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Di Masa Pandemi Melalui Digital Marketing Atas Produk Eco Enzyme 2021-07-21T13:28:44-04:00 Astri Fitria astrifitria@stiesia.ac.id Yahya yahya@stiesia.ac.id Dewi Urip Wahyuni dewiuripwahyuni@stiesia.ac.id <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penurunan pendapatan masyarakat dan banyaknya aktivitas masyarakat yang dilakukan secara <em>daring</em> selama pandemi <em>covid-19, </em>memunculkan peluang untuk melakukan usaha secara <em>online. </em>Melihat peluang tersebut maka tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: (1) memberikan pelatihan pengolahan sampah dapur organik segar menjadi <em>eco enzyme, </em>(2) memberikan sosialisasi perhitungan harga pokok produksi, (3) memberikan sosialisasi penggunaan internet atau media <em>online</em> dari segi transaksi ekonomi secara <em>online</em>, cara memasarkan produk melalui media internet (<em>digital marketing</em>) dan cara mengoperasikan akun transaksi <em>online</em>. Dalam kegiatan ini, peserta diberi pelatihan pengolahan produk <em>eco enzyme, </em>perhitungan harga pokok produksinya dan bagaimana memasarkan produk secara<em> online.</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci : eco enzyme, harga pokok produksi, digital marketing </em></strong></p> 2021-07-29T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2021 ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/1257 PENGHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK MENGAHADAPI PELUANG DAN TANTANGAN BAGI UMKM H. MASHURI DESA POHGURIH KECAMATAN PURI KABUPATEN MOJOKERTO DI MASA PANDEMI COVID- 19 2021-07-23T10:02:17-04:00 Hari Setiono Hari harisetiono@unim.ac.id Muhammad Bahril Ilmiddaviq ilmiddaviq@unim.ac.id <p>Para pelaku bisnis kususnya UMKM harus cukup pandai untuk menentukan langkah dalam keputusan bisnisnya. Banyak yang dipertimbangan dan harus dipikirkan. Dalam menentuan harga pokok dan harga jual adalah salah satu pertimbangannya. Dalam menentuan harga jual yang tepat akan memberikan potensi perolehan laba yang maksimal. Laba yang diperoleh perusahaan dapat didapat melalui dua cara melalui meningkatkan harga jual dan efisiensi biaya produksi (Denmas, 2011 dalam Lasena, 2013). Tetapi kedua metode ini tidak leluasa digunakan. Kenaikkan harga jual dapat menjadi bumerang bagi pelaku bisnis, karena hal ini mengakibatkan minat pelanggan terhadap produk menjadi berkurang. Hal yang sama dapat terjadi juga jika menekan biaya produksi. Kebijakan yang paling memungkinkan bagi pelaku usaha untuk meningkatkan laba adalah dengan menekan biaya produksi. Biaya produksi akan menjadi dasar untuk menetapkan harga pokok penjualan. Pada saat biaya produksi dapat dikelola dan diperhitungkan secara efisien, maka laba diperoleh maksimal oleh pelaku bisnis. Tantangan juga menjadi lebih rumit ketika pandemi COVID-19 terjadi. Pelaku usaha, terutama pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah), mengalami goncangan yang hebat. Apabila dibandingkan dengan keadaan normal pangsa pasar menjadi lebih sedikit. Hal ini menyebabkan pelaku UMKM harus memutar otak dalam mempertahankan usahanya. Salah satunya adalah mengefisiensikan biaya produksi. Pelaku UMKM yang dapat menjawab tantangan tersebut diharapkan akan bertahan di dalam iklim perekonomian yang belum kondusif ini. Kami sebagai kaum akademisi memiliki kemampuan keilmuan yang dapat mendukung masyarakat dalam menyelesaikan permasalahannya. Peningkatan usaha yang terjadi nantinya akan meningkatkan perekonomian Indonesia. Pengabdian yang dilakukan oleh tim kami bertujuan untuk mendampingi pelaku UMKM yang terdampak COVID-19.</p> <p><em>Kata kunci : harga pokok produksi, UMKM, pengabdian kepada masyarakat, COVID-19</em></p> 2021-07-29T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2021 ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/1248 Pendampingan dan Pelatihan Pencatatan Keuangan pada Usaha Roti “ARIN Bakery” di Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto 2021-07-16T05:24:31-04:00 Rini Armin rini.armin1974@gmail.com Eny Setyariningsih eny.se888@gmail.com Maylindah Angelina Akbar maylindahakbar12@gmail.com <p><em>The Financial Recording Assistance and Training Activity at the “ARIN Bakery” Bakery Business in Pungging District, Mojokerto Regency is planned to be carried out within 6 months starting from February 1, 2021 to July 31, 2021. The objectives of the Financial Recording Assistance and Training Activities in the “ARIN Bakery” Bread Business in Pungging District, Mojokerto Regency are: (1) Increasing partners' understanding of the importance of financial records in business management; (2) Improved partner performance in general. This method of implementing Financial Recording Assistance and Training in the “ARIN Bakery” Bread Business in Pungging District, Mojokerto Regency solves the problems faced by partners, especially those related to business management based on financial records so that it can run well and sustainably.</em></p> 2021-07-29T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2021 ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/1241 Pendampingan Pelaku UMKM Wanita untuk Memaksimalkan Marketing melalui Aplikasi SiBakulJogja 2021-07-12T01:14:31-04:00 Palupi Sri Wijayanti palupi@upy.ac.id Wibawa wibawa@gmail.com Titik Mulat Widyastuti titikmulatwidyastuti@gmail.com <p>During this pandemic, several creations and innovations are needed to disseminate the products<br />and services provided by MSME (UMKM) actors. This aims to increase their turnover so that they<br />can survive and rise even during a pandemic and slump. This situation encourages the PGRI<br />Yogyakarta University service team to do community service in increasing their knowledge<br />regarding the SiBakul Jogja application. This knowledge is in line with the advantages of this<br />application which can also be used as a choice to promote products and services that have been<br />provided and produced on a wide scale throughout the people of Jogjakarta. In addition, this<br />application also received great support from the Jogjakarta provincial government so that users<br />will get free shipping that makes it easier for consumers. The stages of service are licensing,<br />material preparation, material delivery, and mentoring. The four stages are carried out<br />procedurally so that everything goes according to plan. The results of the service implementation<br />show the enthusiasm of the service participants and have the impact that business owners who have<br />successfully registered their companies in the application can guide other participants.</p> 2021-07-29T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2021 ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/1242 Pelatihan Pencarian Referensi Penelitian di Jurnal Bereputasi dan Penggunaan Reference Manager Mendeley Serta Spinner-id untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah di Kalangan Akademik Secara Online 2021-07-12T04:45:01-04:00 Tatas Ridho Nugroho tatasridho14@gmail.com Kasnowo Kasnowo kasnowo.fe@unim.ac.id Yuliasnita Verlandes ynitaverlandes@gmail.com <p><em>This training is a community service activity that aims to increase knowledge and skills for academics, especially students at the Majapahit Islamic University and other universities in general. This activity was carried out online using the Zoom application for approximately 120 minutes, the material presented was looking for references in reputable journals and using the Mendeley application and spinner-id for faraphrasing in order to reduce the level of similiarity in the results of checking on turnitin. The results obtained after the implementation of this activity is an increase in the knowledge, insight and skills of the participants in writing scientific papers, both theses and articles to be published in journals. The participants were certainly very excited because they got additional knowledge about the complexities of publishing scientific journals which are now a reference for evaluating higher education performance from publications by lecturers and students by Ristekbrin.</em></p> 2021-07-29T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2021 ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/1110 EDUKASI ENTREPRENEURSHIP MELALUI PROGRAM PEMBUATAN PRODUK DAN STRATEGI DIGITAL MARKETING "NUGGET LELE" 2021-03-30T09:25:24-04:00 Guruh Ghifar Zalzalah guruh@upy.ac.id Anindita Imam Basri anindita@upy.ac.id Istiana istiana097@gmail.com <p>Kegiatan pelatihan ini diadakan di Dusun Sentolo Lor, Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Terdapat berbagai macam potensi yang ada di Dusun tersebut tetapi pemuda dan pemudi serta masyarakat masih belum sepenuhnya mampu mengelola potensi tersebut. Pengembangan potensi Dusun menjadi salah satu permasalahan yang harus dihadapi oleh pemuda dan pemudi serta masyarakat sekitar. Mayoritas pemuda dan pemudi memiliki minat yang tinggi terhadap kewirausahaan tinggal meningkatkan saja. Berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kewirausahaan berawal dari pengolahan hasil potensi Dusun, pengemasan sampai pemasaran yang lebih modern dengan cara <em>digital marketing. </em>Solusi yang diberikan adalah dengan mengadakan pelatihan pengolahan ikan lele menjadi <em>nugget </em>lele. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pelatihan ini adalah ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan diskusi. Kegiatan yang dilakukan sudah tepat sasaran terbukti dengan adanya peningkatkan yang signifikan berdasarkan observasi dan wawancara sebanyak dua kali, sebelum pelatihan dan setelah pelatihan.</p> 2021-07-29T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2021 ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/1115 Pelatihan Pengembangan Manajemen Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Usaha Catering Bu Parini di Kecamatan Danurejan DIY 2021-04-03T05:44:00-04:00 Valsa Ayunda Tisya valsayundatisya@gmail.com Adhi Prakosa adhi@upy.ac.id <p>Pelaku usaha bisnis di tahun 2021 ini masih dihadapkan dengan kenyataan bahwa pandemi Covid-19 yang melanda dunia belum dapat sepenuhnya hilang. Pelaku usaha bisnis tetap harus menjalankan usahanya di tengah kondisi ekonomi yang semakin sulit dan menurunnya tingkat daya beli masyarakat. Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena pandemi ini yang menurunkan tingkat konsumsi masyarakat. Bagi pelaku usaha kuliner, penurunan pendapatan sangat terasa sejak awal pandemi di tahun 2020. Hal tersebut dialami juga oleh Catering Bu Parini yang berada di DIY. Untuk itu, diadakan program pelatihan pengembangan manajemen pemasaran lewat kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan topik pemasaran di tengah pandemi, khususnya tema-tema seputar manajemen keuangan dan manajemen pemasaran.</p> 2021-07-29T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2021 ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/1096 Pendampingan Pelatihan Pemasaran Produk UKM Budi Bambu Cendani di masa Pandemi Covid-19 2021-03-23T08:21:40-04:00 Vidya Vitta Adhivinna aprilvitta29@gmail.com Rani Eka Diansari raniekadiansari@gmail.com Febri Ariadi febriariadi@gmail.com Ervana Vivianti ervanavivianti@gmail.com Frida Dwi Prasiwi fridadwiprasiwi@gmail.com Anita tri Setianingsih anitatrisetianingsih@gmail.com Miftah Wulandari miftahwulandari@gmail.com <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>The service is held in SMEs Budi Bambu Cendani which is located at Kasongan, Yogyakarta. The actvities of this dedication are coaching, providing advice and assistance in marketing products owned by SMEs. Coaching is carried out to assist SMEs in increasing sales at the national and international levels because there are great opportunities for SMEs to compete globally. The purpose of this dedication&nbsp; is to provide knowledge for SMEs about good marketing and sales during the Covid-19 pandemic in order to survive and increase SMEs income, as well as carry out Tri Dharma activities and strengthen the role of students and lectures in responding to the conditions of problem that occur such as the Covid-19 Pandemic. <strong>Keyword: Marketing, Sales, UKM, Pandemic</strong></em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Pengabdian dilakukan di UKM Budi Bambu Cendani yang beralamat di Kasongan, Yogyakarta. Kegiatan pengabdian dilakukan berupa pembinaan, pemberian saran dan pendampingan dalam memasarkan produk yang dimiliki UKM. Pembinaan dilakukan untuk membantu UKM dalam meningkatkan penjualan di tingkat nasional maupun internasional karena ada peluang besar bagi UKM untuk bisa berkompetisi secara global. Tujuan diadakannya pengabdian ini untuk memberikan pengetahuan bagi UKM tentang pemasaran dan penjualan yang baik di saat pandemi covid-19 agar tetap bertahan dan meningkatkan pendapatan UKM serta melaksanakan kegiatan Tri Dharma dan memperkuat peran mahasiswa dan dosen dalam merespon kondisi permasalahan yang terjadi seperti Pandemi Covid-19.</p> <p><strong>Kata Kunci: Pemasaran, Penjualan, UKM, Pandemi</strong></p> 2021-07-29T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2021 ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/1112 DESAIN KOMERSIALISASI DAN PROMOSI PRODUK MINUMAN INOVASI PADA LUPA WAKTU CAFFE 2021-03-31T00:33:41-04:00 Hartono hartono1927@gmail.com M Adik Rusdianto adik@gmail.com Rahayu rahayu@unim.ac.id <p>Pengabdian masyarakat dilaksanakan di Lupa waktu Caffe yang berlokasi di jalan suratan AMD kota mojokerto, Jawa Timur. cafe&nbsp;ini didirikan ditengah ramainya minat kalangan muda untuk &nbsp;mencoba varian baru dibidang kuliner khususnya coffe yang sedang trend saat ini.&nbsp;Di era perkembangan &nbsp;saat &nbsp;ini, diperlukan inovasi untuk mencari segmen pasar &nbsp;produk baru&nbsp;salah satunya dengan mengandeng Soekarno Straat band lokal sebagai iconnya. &nbsp;Beberapa teknik promosi sudah dilakukan oleh mitra, akan tetapi hingga saat ini &nbsp;lupa waktu Caffe &nbsp;masih belum banyak dikenal oleh masyarakat. Oleh karena itu teknik promosi yang dilakukan harus dirubah sesuai dengan perkembangan yang terjadi &nbsp;&nbsp;di &nbsp;masayarakat &nbsp;saat &nbsp;ini. &nbsp;Selain &nbsp;itu, kurangnya faktor pendanaan atau modal yang dialami oleh mitra untuk dapat mengembangkan dan mempromosikan produknya. Berkaitan dengan &nbsp;masalah &nbsp;utama yang telah disebutkan, program ini akan menawarkan solusi yang diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan mitra. Metode yang akan digunakan adalah &nbsp;promosi produk melalui internet, &nbsp;untuk &nbsp;meningkatkan &nbsp;promosi &nbsp;produk &nbsp;inovasi &nbsp;serta memberikan desain untuk komersialisasi kemasan produk inovasi.&nbsp;<em>Internet branding </em>yang ditawarkan adalah membuat &nbsp;sistem&nbsp;yang &nbsp;terdiri&nbsp;dari &nbsp;<em>website &nbsp;</em>yang &nbsp;akan terhubung dengan media sosial sebagai&nbsp;media untuk penjualan&nbsp;dan promosi&nbsp;produk. Hasil dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah diharapkan mitra mampu membangun brand secara digital serta &nbsp;mampu &nbsp;mempublikasikan &nbsp;produk &nbsp;&nbsp;inovasi dengan kemasan lebih &nbsp;komersial &nbsp;kepada &nbsp;masyarakat &nbsp;luas, &nbsp;dengan &nbsp;demikian diharapkan produksi dan penjualan akan semakin&nbsp;meningkat.</p> 2021-07-29T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2021 ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/1227 ELECTORAL MALPRACTICE DALAM PUNGTURA (PEMUNGUTAN, PENGHITUNGAN, DAN REKAP) PILKADA BUPATI MOJOKERTO 2020 2021-07-05T23:17:10-04:00 Ahmad Iklil Saifulloh clil88id@gmail.com <p>Abstract</p> <p>Based on Mojokerto Regency Election in December 2020, the total number of the Permanent Voters List (DPT) was 823,014 votes with a total specification of 621,096 valid ballots and 27,327 invalid votes. So the total valid and invalid votes amounted to 648,423 votes with the details of pair number 1, Ikfina Fatmawati and Muhammad Albarra getting a total of 405,157 votes. While the pair number 2, Yoko Priyono and Choirun Nisa, received a total of 95,481 votes, and the pair number 3 with the names Pungkasiadi and Titik Malalu received a total of 120,458 votes. and the focus of this research is 4% of invalid ballots which in the Mojokerto Regent's regional head election held in December which is having various, patterns and forms of invalid votes. This research was using the Normative Qualitative method with Han Kelsen's Pure Legal Positivism approach to legal materials and primary and secondary regulations. The source of data in the form of premiere is direct data from the Mojokerto KPU. Secondary data comes from reference books, journals, archives, documents, reports which are corroborated by expert validation regarding the findings. The results obtained are summarized in three general aspects; first is related to ignorance due to limited socialization during the pandemic regarding the qualifications of valid and invalid ballots, second is related to technical errors or electoral malpractice factors in the form of 4 patterns or varieties of invalid ballots in the form of; 1. there is a check mark on both pairs of candidates; 2. The ballot mark is on the outside of the column for the candidate pair; 3. ballot marks on the column of candidate pairs and outside the column of candidate pairs, and 4. damaged/torn ballots. The last one related to the 5 criteria of Form C6 whis is being returned, however in the Mojokerto Regency Pilkada only 4 factors were found that affected Form C6 notifications that were not delivered to voters; 1. Past away, 2. Changed address, 3. Could not be found, 4. Others.</p> <p>Key word: PUNGTURA, Invalid Ballots, Electoral Malpractice</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Dalam penghitungan suara Pilkada Kabupaten Mojokerto pada bulan Desember 2020, Jumlah total keseluruhan dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah 823.014 suara dengan spesifikasi total surat suara sah sebanyak 621.096 dan tidak sah sebanyak 27.327 suara. Jadi total suara sah dan tidak sah berjumlah 648.423 suara dengan perincian pasangan nomer urut 1,&nbsp;Ikfina Fatmawati dan Muhammad Albarra&nbsp; mendapatkan total 405.157 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 2, Yoko Priyono dan Choirun Nisa memperoleh toal suara sebanyak 95.481, dan pasangan nomor urut 3 dengan nama Pungkasiadi dan Titik Masudah memperoleh total suara sebanyak 120.458. dan fokus penelitian ini adalah 4% surat suara yang tidak sah yang mana dalam Pemilihan kepala daerah Bupati Mojokerto yang diadakan pada bulan Desember terdapat ragam, pola dan bentuk suara tidak sah dengan metode Qualitatif Normatif dengan pendekatan Legal Positivistik Hukum Murni Han Kelsen terhadap bahan hukum dan peraturan premier dan sekunder. Sumber data dalam bentuk premier berupa data langsung dari KPU Mojokerto. Data sekunder berasal dari buku referensi, Jurnal, Arsip, Dokumen, Laporan yang dikuatkan oleh validasi ahli terkait temuan. Hasil yang diperoleh terangkum dalam tiga aspek general; yang pertama terkait ketidak tahuan dikarenakan keterbatasan sosialisasi pada masa pandemi terkait kualifikasi surat suara yang sah dan tidak sah, yang kedua terkait foktor kesalahan teknis atau <em>electoral malpractice</em> berupa 4 pola atau ragam surat suara tidak sah berupa; 1. terdapat tanda coblos pada kedua pasangan calon; 2. tanda coblos berada pada luar kolom pasangan calon; 3. tanda coblos pada kolom pasangan calon dan di luar kolom pasangan calon, dan 4. surat suara yang rusak/robek. Yang terakhir terkait 5 kriteria Form C6 dikembalikan, akan tetapi di Pilkada Kabupaten Mojokerto hanya di temukan 4 Faktor yang mempengaruhi Form C6 Pemberitahuan yang tidak tersampaikan ke pemilih; 1. Meninggal Dunia, 2. Pindah Alamat, 3.Tidak Dapat Ditemui, 4.Lain-Lain.</p> <p>Kata Kunci: PUNGTURA, Surat Suara Tidak Sah, Electoral Malpractice,</p> 2021-07-29T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2021 ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/925 Pelatihan Learning Management System Untuk Guru SMAN Jogoroto Pada Masa Pandemi Covid-19 2021-01-05T18:50:16-05:00 Fajar Indra Kurniawan fajar@unim.ac.id Ronny Makhfuddin Akbar ronnyma.ft@unim.ac.id Luki Ardiantoro ipan.ardiantoro@gmail.com <p>Proses Belajar Mengajar pada masa pandemi Covid-19 memaksa pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan kebudayaan mengeluarkan kebijakan strategis penerapan kegiatan belajar di masa pandemi Covid-19 yang salah satunya adalah pembelajaran secara daring. Pembelajaran yang tadinya terbatas pada ruang dan waktu berkembang dengan pesat dan memunculkan LMS (<em>Learning Manajemen System</em>). Hal tersebut melatarbelakangi tim pengabdian untuk memberikan pelatihan “Peningkatan penggunaan Learning Manajemen System Bagi Guru SMAN Jogoroto”. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Guru SMA Negeri Jogoroto dengan metode ceramah dan praktik langsung. Peserta pelatihan ini adalah 58 orang yang semuanya merupakan Guru Mata Pelajaran di SMAN Jogoroto. Kegiatan berlangsung selama 1 (satu) hari dengan durasi 5 (Lima) jam. Melalui kegiatan ini, diharapkan ketrampilan dan pemahaman peserta meningkat terkait penggunaan Learning Manajement Sstem dengan memanfaatkan Chamilo. Keberhasilan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat diketahui dari hasil kuisioner responden yang sebagian besar memberikan penilaian yang sangat baik dari indikator Pemanfaatan LMS, Koneksi Internet Untuk Mengakses LMS, Aktivitas pengguna yang mendukung LMS, Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan LMS serta Kemudahan Aplikasi LMS.</p> 2021-07-29T00:00:00-04:00 Copyright (c) 2021 ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat