Pengelolaan Keuangan dan Manajemen Pemasaran Bagi Paguyuban Bakul Jajan Pasar di Pasar Kotagede Yogyakarta

Authors

  • Yennisa Yennisa Universitas PGRI Yogyakarta
  • Rahandhika Ivan Adyaksana Universitas PGRI Yogyakarta
  • Anandita Zulia Putri Universitas PGRI Yogyakarta
  • Lulu Amalia Nusron Universitas PGRI Yogyakarta
  • Ningrum Pramudiati Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

Jajan Pasar, Pengelolaan keuangan, Manajemen Pemasaran

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu mengelola keuangan Paguyuban Bakul Jajan Pasar di Pasar Kotagede Yogyakarta, serta memberi pelatihan dalam menentukan harga jual, pembuatan laporan pembelian dan laporan penjualan, serta mengetahui laba yang didapatkan agar unit usaha dapat mengembangkan modalnya menjadi lebih besar. Selain itu, meningkatkan pengemasan produk yang lebih kompetitif dan variatif serta memperluas jangkauan pemasaran produk tersebut secara online. Metode yang digunakan adalah observasi, pemaparan materi dan praktik pelatihan tentang penentuan harga jual, pembuatan laporan pembelian dan laporan penjualan, mengetahui laba yang didapat, pengemasan yang sesuai, dan evaluasi kinerja usaha. Hasil yang dicapai oleh Paguyuban yang diberi nama “Paguyuban Sumber Rejeki” ini adalah peningkatan omzet penjualan, peningkatan kuantitas dan kualitas produk dengan kemasan produk yang lebih menarik, peningkatan pemahaman pengelolaan keuangan dengan membuat catatan keuangan harian, laporan pembelian dan penjualan, laporan keuangan sederhana, menentukan harga jual yang lebih akurat, serta keterampilan dalam hal pemasaran yang dilakukan secara online untuk memperluas pangsa pasar.

Downloads

Published

2020-07-30