Analisis Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Kinerja PT Jasa Raharja Perwakilan Surabaya

Authors

  • Tri Yuniati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37112/bisman.v6i1.2401

Keywords:

Faktor Internal, Faktor Eksternal , Kinerja PT Jasa Raharja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui seberapa besar pengaruh factor internal dan eksterlan terhadap kinerja PT Jasa Raharja Perwakilan Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan  pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang didukung oleh alat bantu kuisioner yang diperoleh melalui masyarakat dalam pengurusan jasa asuransi tepatnya sasaran tersebut adalah masyarakat ahli waris/keluarga korban kecelakaan dalam klaim santunan atas perusahaan PT Jasa Raharja Perwakilan Surabaya. Populasi dalam penelitian ini  tidak dapat ditentukan dengan pasti berapa jumlah yang dapat  dijadi sampel, maka populasi ini tergolong populasi tidak terhingga (Infinite Population) sehingga penentuan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus Infinite Population. Pada penelitian ini  metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Nonprobability Sampling adalah teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang/kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus Lameshow, sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Metode Regresi Linier Berganda dengan bantuan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan analisis uji hipotesis, maka diperoleh hasil bahwa factor internal yang terdiri dari variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan kinerja PT Jasa Raharja sebesar 0,071, Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja PT Jasa Raharja sebesar 0,001, Tanggung Jawab berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja PT Jasa Raharja sebesar 0,000.

References

Fachrudy Asj’ari, Moch. Afrizal M, H. (2022). The Effect of Role Conflict and Locus of Control to The Organizational Culture. Https://Www.Enrichment.Iocspublisher.Org/Index.Php/Enrichment/Index, 12(4), 2699–2704. https://doi.org/: https://doi.org/10.35335/enrichment.v12i4.687

Ghazali, I. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Yoga Pratama.

. 2013. Teori, Konsep dan Aplikasi dengan IBM SPSS Statistics. Cetakan Ketiga.

Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gudono. 2014. Analisis Data multivariat. Edisi Keempat. BPFE. Yogyakarta.

Hasibuan, M. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasrina, Y. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Asuransi Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat di PT Jasa Raharja JPJR Pangkalan Balai. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 133-142.

Hartono, H., Rudiyanto, M. A., & Asj’ari, F. (2020). Analisa Dampak Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar (Studi pada Pasar Tradisional Desa Bulubrangsi Kec. Laren Kabupaten Lamongan). PRIVE: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 72–84.

Hartono, Krisdiana, Cuk Jaka Purwanggono, Samuel PD Anantadjaya, & Teguh Setiawan Wibowo. (2022). Analysis Of The Effect Earnings Management, Financial Ratios, Governance On Bond. Quantitative Economics and Management Studies, 3(6 SE-Articles). https://doi.org/10.35877/454RI.qems1247

Jasa Raharja. 2020. https://jasaraharja.co.id/tentang-kami/profil-perusahaan, Diakses Tanggal 20 Agustus 2020

Japlani, A., Fitriani., dan S. Mudawamah. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, kepercayaan, Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Cabang BMT Fajar Metro Pusat. Jurnal Fidusia Ilmiah Keuangan dan Perbankan, 67-85.

Kotler, P. dan Keller. 2012. Marketing Management, New Jersey: Pearson International Edition

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat.

Mutakim, M., S. Bachri , dan Wahyuningsih. 2018. Pengaruh Kualitas Lyanan Terhadap Kepuasan dan Dampak Terhadap Kepercayaan Tertanggung Asuransi Kendaraan Bermotor pada Asuransi Jasindo (Persero) Kantor Cabang Palu. Jurnal Katalogis, 58- 70

Nersiwad, H. (2021). Alokasi Penanaman Modal Asing (Pma) Sektoral Pada Era Covid-19 Di Indonesia. Http://Journal.Stiemb.Ac.Id/Index.Php/Mea/Article/View/1764, 5(3), 2804–2816. http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1764

Putri, D. C., hartono, hartono, & Hidayat, E. N. (2019). Pengaruh Moralitas Individu, Pengendalian Internal, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Dalam Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Pada Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro). PRIVE: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 129–142. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/prive/article/view/487

Ratminto. dan S. W. Atik. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Santoso, S. 2011. Statistik Multivariat. PT.Elek Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Jakarta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke-22.

ALFABETA, CV. Bandung

Susilowati. 2018. Pengaruh, Tanggung Jawab, dan Sikap Terhadap Kepuasan Masyarakat Unit Pembinaan Masyarakat Polsek Dusun Timur Kabupaten Barito Timur. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 288-300.

Yuliati. dan S. Wahyuningsih. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Komitmen terhadap kepuasan Masyarakat (Studi di Kelurahan Pandean Lamper Kecamatan Gayamsari Kota Semarang). Jurnal Ilmiah Ekonomi (Fokus Ekonomi), 14(2), 324-326.

Yusuf, M. 2017. Manajemen Corporate Social Responslibility (I-CSR) Depok : kencana

Downloads

Published

2023-02-04