Pengaruh Pembiayaan Bank Syariah terhadap Pendapatan Usaha Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Bengkalis

Authors

  • Sri Rahmany Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIE) Syari’ah Bengkalis
  • Kiki Candri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIE) Syari’ah Bengkalis
  • Dewi Oktayani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIE) Syari’ah Bengkalis
  • Susilawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIE) Syari’ah Bengkalis
  • Kurniatul Fil Khoirin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIE) Syari’ah Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.37112/bisman.v6i1.2558

Keywords:

Peranan, Perbankan Syari’ah, Usaha Kecil dan Menengah

Abstract

This study uses an analysis tool in the form of SPSS 23.0 software. The data collection was carried out using the observation method or data collection at research locations, interviews and questionnaires. This study uses a descriptive analysis method with deductive and inductive writing methods. The test results show that the provision of small and medium business financing by Syari'ah Banks in Bengkalis Regency is very influential in increasing SME income. The results of statistical calculations for the banking role variable obtained tcount > ttable, namely 2.235 > 1.9787, while the significance value of the role of Islamic banking in encouraging SME growth was 0.000 <0.05, then Ha was accepted and H0 was rejected, so it can be said that the role variable of Islamic banking has a positive effect seen from the coefficient value of 2.235 > 1.9787 and is significant because the significance value is > 0.005. The role of Islamic banking is influential in encouraging the growth of SMEs with a determinant coefficient (R) of 76.2% and the remaining 23.8% is influenced by other factors outside the research model that are not included in the study such as people's purchasing power, level of marketing and others With the financing provided by the bank, the Syari'ah Bank in Bengkalis Regency can help develop community economic businesses in the future, can reduce poverty and increase the income of the poor by expanding employment and business opportunities.

References

Afnil Guza, Undang-Undang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. (Jakarta:Asa Mandiri 1055-s Agustus 2008)

Agus Marimin, Abdul Haris Romdhoni, Tira Nur Fitria, “Perkembangan Bank Syariah di Indonesia”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 01, No. 02, Juli 2015.

Ahmad Raihan Nuari, “Pentingnya UKM untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia”, State University of Medan.

Ahmad, Kamaruddin. 2005. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Amelia, Eulis. 2009. Keadilan Distribuif dalam Ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arifin, Zainul. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah Edisi Revisi, Cet 4. Jakarta: Pustaka Alvabet

Arininoer Maliha, Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, dan Bahan Baku Terhadap Tingkat Pendapatan Industri Kue Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi, Lampung, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung, 2018.

Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media.

Darwis Amri., Metodologi Penelitian dan Pendidikan Islam, (Pekanbaru: Suska Press, 2015)

Departemen Agama RI, Al-Qur’an Terjemahan, (Semarang: Toha Putra, 1989).

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Inonesia,(jakarta balai pustaka, 2001).

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Dwi Agung Nugroho Arianto, “Sistem Perbankan Islam dan Perkembangannya di Indonesia. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis”, Vol. 7 No. 1 Maret 2010.

Hana Zunia Rini, “Peran Perbankan Syariah terhadap Eksistensi UMKM Industri Rumah Tangga Batik Laweyan”. IAIN Surakarta 2017

Hani Werdi Apriyanti, “Perkembangan Industri Perbankan Syariah di Indonesia : Analisis Peluang dan Tantangan”. Fakultas Ekonomi UNISSULA. Vol. 1, No. 1, September 2017.

Harmono. 2011. Manajemen Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Herry Susanto, Manajemen pemasaran Bank Syariah (Bandung: Pustaka Setia, 2013),

Ibnu Hasan Al-Asqalani, terjemahan buluqhul maram, (Bandung: CV. Diponegoro,1998),

Imamul Arifin, Membuka Cakrawala Ekonomi , (Jakarta: Setia Purna Inves, 2007)

Ismi Ayu Suroyah, Analisis Faktor yang Mempengaruhi Nilai Produksi Industri Tenun Ikat, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.

Jaidan Jauhari, “Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-COMMERCE”. Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol. 2, No.1, April 2010.

Juliansyah Noor, metodologi penelitian, (Jakarta: Kencana, 2011).

Juniati, Pengaruh Harga Jual, Modal, Luas Lahan dan Tenaga Kerja Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat Muslim (Studi Pada Petani Kopi Desa

Bilanrengi), Skripsi, Makassar, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar, 2016.

Kasmir, Manajemen Perbankan, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2001).

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2006. Manajemen Pemasaran, Terj. Bambang Sarwiji. Klaten: PT Indeks.

Kuncoro Mudrajad, Ekonomika Industri Indonesia, (yogykarta: Andi 2007).

M Syafi’i Antonio, Bank Syariah Dari Teori ke Praktik (Jakarta: Gema Insani, 2001).

M. Kwartono Adi, Analisis Usaha Kecil dan Menengah, (Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2007),

Mamik Krisdiartiwi, Pembukuan Sederhana Untuk UKM. (Yogyakarta:PT. Buku Kita 2008),

Muhammad, Bank Syariah, Analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (yogyakarta :Ekonisia, 2006).

Muhammad, Lembaga-lembaga Kontemporer, (yogyakarta:UII Pres, 2000)

Muhammad, Manajemen Pembiayaan Bank Syariah (Yogyakarta : Akademi Manajemen Perusahaan, 2005)

Muhammad. 2002.Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: (UPP) AMP YKPN

Muhmmad, Manajemen Dana Bank Syariah, (Yogyakarta:Ekonomi, 2004).

Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen: Konsep, Manfaat, dan Rekayasa, Edisi Tiga. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. 2014. Akuntansi Biaya, Edisi Lima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mursyidi. 2010. Akuntansi Biaya. Bandung: PT Refika Aditama.

Nisa Vurnia, “Peranan Bank Syariah Dalam Memingkatkan Usaha Kecil Di Lingkungan Pasar Panorama Bengkulu”. IAIN Bengkulu, 2020.

Padyanawati.dkk, Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustry, Vol 7, No 1 Maret 2019.

Partomo, Tiktik Sartika dan Abd Rachman Soejoedono, “Ekonomi Skala kecil Menengah dan Koperasi”. (Bogor: Ghalia Indonesia, 2004),

Prof. Dr. Akhamd Mujahiddin, Peran Perbankan Syari’ah dan BMT Dalam Penguatan Usaha Ekonomi Umat, dipresentasikan dalam dialog pengembangan wawasan ultikulturasi antar pimpinan pusat dan daerah intern agama islam di provinsi Kalimantan Barat

Rahardja, Pratama. 2010. Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi & Makroekonomi). Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

Rahman, Arif. 2010. Strategi Dahsyat Marketing Mix ForSmall Business: Cara Jitu Merontokkan Pesaing. Jakarta: Transmedia.

Rahmat Ilyas, “Manajemen Permodalan Bank Syariah”. STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Vol. 5, No. 2, Desember 2017.

Rivai, Veithzal dkk. 2007.Bank and Financial Institution Management: Conventional & Sharia Sistem.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Setia Budhi Wilardjo, “Pengertian, Peranan Dan Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia”. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang

Simamora, Bilson. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Siregar, Sofiyan. 2013. Metode Penelitian Kuntitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.

Soekartawi. 2002. Faktor-Faktor Produksi. Jakarta: Salemba Empat.

Sri Wahyuni, Ikhsan Gunawan, Edward Bahar, Analisis Faktor Produksi yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Karet di Desa Rambah Hilir Tengah Kecamatan Rambah Hilir, Jurnal Sungkai, Vol. 1, No 2, 2013.

Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.

Suharyadi. Purwanto. 2007. Statistika: Untuk Ekonomi Keuangan Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Sujarweni, Wiratna. 2015. Akuntansi Manajemen: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Swastha, Basu. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

T. Horngren, Charles. 2006. Akuntansi Biaya, Terj. P.A. Lestari. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tim Penyusun Buku Panduan Penulisan Skripsi STIE Syari’ah Bengkalis. Buku Panduan Skripsi. Bengkalis. 2006.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah Bab 1 Ketentuan Umum Pasal 1 Ayat 24

Undang-undang tentang perbankan syariah No. 21 Tahun 2008 (Kartasinar Grafika, 2008),

Whinarko Juliprijianto, Sudati Nur Sarfiah, Nuwun Priyono, “Diskripsi dan Permasalahan Pelaku UKM (Studi Kasus UKM di Desa Balesari, Kecamatan Windusari)”. Jurnal Riset Ekonomi Pembangunan, Vol. 2 No. 2 April 2017.

Widati, Sri, Purwadarminta. 2002. Tenun Nusantara. Klaten: Primada Karya.

Widodo, Eko. 2013. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Widyaningsih, et. al. 2005. Bank dan Asuransi Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana

Wiratna Sujarweni, Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi, (Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015.

Zulkifli Zaini, Mengelola Bisnis Pembiayaan Bank Syariah, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2015).

Zulkifli, Suhartono.2003. Panduan Praktis Transaksi Perbankan Syariah.Jakarta: Zikrul Hakim

Downloads

Published

2023-03-09