Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Audit Sumber Daya Manusia di PT. BPR Terusan Jaya Mojokerto

Authors

  • Agustina Mayangsari Witanti PT. BPR Terusan Jaya Mojokerto

Keywords:

Audit Sumber Daya Manusia

Abstract

Manajemen  sumber daya manusia memerlukan suatu rencana dalam melakukan kegiatannya, apabila proses rekrutmen  dan  seleksi  karyawan  tidak  menggunakan  perencanaan  sumber daya manusia maka hasil yang diperoleh tidak akan sesuai dengan kebutuhan perusahaan terhadap karyawan tersebut. Selain itu masalah juga dapat timbul dalam proses pemberian pelatihan.

Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan survey. Variabel penelitian ini yaitu audit dengan sub variable rekrutmen dan pelatihan. Subjek dalam penelitian ini adalah PT. BPR Terusan Jaya Mojokerto dan objek penelitian ini adalah fungsi pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada pada PT. BPR Terusan Jaya Mojokerto yaitu proses rekrutmen, program pelatiha.  Data dikumpulkan dengan instrument wawancara dan dianalisis dengan menetapkan kriteria, mendeskripsikan kondisi, menemukan penyebab dan menyimpulkan akibat.

Berdasarkan  hasil  penelitian  yang  telah  dilaksanakan,  diketahui  bahwa aktivitas  fungsi  sumber  daya  manusia  yang sudah  berjalan  efektif antara lain proses rekrutmen, pelatihan dan pengembangan karyawan, perencanaan dan pengembangan karir, penilaian kinerja, kompensasi dan balas jasa, dan pemutusan hubungan kerja. Sedangkan aktivitas yang belum berjalan efektif antara lain perekrutan SDM, seleksi dan pelatihan.

Berdasarkan temuan kelemahan yang terdapat pada aktivitas fungsi  sumber daya  manusia, maka diberikan saran yang dapat digunakan sebagai masukan bagi manajemen untuk memperbaiki dan meningkatkan efektivitas pada fungsi sumber daya manusia yaitu: manajemen harus memiliki kriteria dalam perencanaan SDM, menambahkan karyawan untuk fungsi SDM, mengevaluasi kembali berkaitan pelatihan karyawan agar sesuai standar perusahaan, adanya pengawasan dalam  prosedur  kerja, dan dilakukan audit SDM secara periodik.

Downloads

Published

2018-02-21