ANALISIS TARIF JALAN TOL JOMBANG – MOJOKERTO TERHADAP FASILITAS BERDASARKAN PENDEKATAN ABILITY TO PAY (ATP) WILLINGNESS TO PAY (WTP) DAN STATED PREFERENCE

Authors

  • Robiatul Adawiyah Universitas Hasyim asy'ari
  • Meriana Wahyu Nugroho Universitas Hasyim asy'ari
  • Ayu Roesdyningtyas DA Universitas Hasyim asy'ari

Keywords:

Kata Kunci : ATP, WTP, Stated Preference, Tarif Tol, Evaluasi Tarif.

Abstract

Jalan tol Jombang – Mojokerto merupakan arus penting untuk menghindari kemacetan yang terjadi dijalan raya Mojoagung sekaligus peranan penting untuk membangun roda perekonomian kota tersebut. Meskipun merupakan wilayah yang stategis akan tetapi jalan tol ini masih sepi, oleh karena itu diperlukan adanya evaluasi tarif jalan tol Jombang – Mojokerto untuk mengetahui nilai Kemampuan responden dan kemauan responden . Penelitian ini menggunakan metode analisis Stated Preference yang digunakan untuk mengetahui nilai probabilitas dan potensi pengguna jalan tol serta metode Ability To Pay dan Willingness To Pay yang digunakan untuk membandingkan antara tarif tol berdasarkan kemampuan dan kemauan masyarakat melalui latar belakang ekonomi, sosial dan perjalanan.

Objek dalam penelitian ini yaitu jalan tol Jombang – Mojokerto dengan jenis kendaraan Golongan I dengan jumah responden 97 dan Golongan II 97 responden. Dengan mengisi kuisioner karakteristik  sosial ekonomi, karakteristik perjalanan, persepsi jalan tol dan kemauan membayar jalan tol Jombang – Mojokerto.

Dari hasil analisa menunjukkan tarif ideal Golongan I Rp 14.000 dengan nilai  probabilitas 99,48% dan potensi pengguna jalan tol sebesar 213,43 orang perharinya. Tarif ideal golongan II Rp 26.000 dengan nilai probabilitas 87,15% dan potensi pengguna jalan tol sebanyak 19,0388 orang perharinya.

Downloads

Published

2019-11-30

Issue

Section

Articles