ANALISA KEDALAMAN SHEET PILE PADA LERENG SUNGAI PARITAGUNG DI DESA BESUKI, KECAMATAN BESUKI, KABUPATEN TULUNGAGUNG DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS

Authors

  • Diana evaliana Universitas Islam Majapahit
  • Diah Sarasanty Universitas Islam Majapahit
  • Erna Tri Asmorowati Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Sheet Pile, longsor, angka keamanan, plaxis

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak wilayah rawan tanah longsor. Hal ini karena Indonesia memiliki banyak lereng yang tajam dan landai. Untuk mencegah terjadinya kelongsoran ada beberapa metode yang dapat digunakan salah satunya yaitu menggunakan Sheet Pile (turap) sebagai penahan tanah. Sheet Pile (turap) adalah suatu konstruksi yang berupa dinding menerus yang dibuat dengan cara menghubungkan potongan – potongan yang saling mengunci yang bertujuan untuk menahan tekanan horisontal akibat tanah dan air.    Berdasarkan latar belakang diatas penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui angka kedalaman Sheet Pile dengan hitungan manual dan menggunakan analisa dengan program Plaxis 8.2 untuk mengetahui angka keamanan lereng dan displacement pada konstruksi Sheet Pile Cantilever dan Anchored Sheet Pile. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data sekunder berupa data topografi dan data swedish.

Setelah dilakukan analisa mendalam dengan menggunakan hitungan manual dan analisa menggunakan program plaxis, hasil penelitian menunjukan: 1) Dengan perkuatan Sheet Pile pada panjang 13 m diperoleh nilai SF (angka keamanan) 1,223 dengan total displacement Sheet Pile sebesar 27,76 cm dan pada panjang 14 m diperoleh nilai SF 1,304 dengan total displacement Sheet Pile sebesar 25,11 cm. 2) Dengan perkuatan Anchored Sheet Pile pada panjang Sheet Pile 11 m diperoleh total displacement Sheet Pile sebesar 23,49 cm,  displacement pada puncak Sheet Pile sebesar 13,20 cm. dan angka keamanan- (SF) 1,754 dengan penambahan angkur dapat mengurangi panjang Sheet Pile sebesar ±10 % dan mengurangi displacement pada puncak Sheet Pile sebesar ±15 %. 3) Dari hasil percobaan menunjukan bahwa konstruksi Sheet Pile dengan menggunakan perkuatan anchor lebih aman, hal ini dapat dilihat dari nilai Safety Factor (SF) yang lebih dari 1,5 tinggi tebing yaitu 1,754.

Downloads

Published

2019-11-30

Issue

Section

Articles