Optimalisasi Blended Learning Model Flipped Classroom pada Perkuliahan Time Series di Prodi Matematika

Authors

  • Hani Khaulasari UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v5i1.1756

Keywords:

Blended Learning Flipped Classroom, Paired t-test, indeks kualitas layanan, analisis GAP

Abstract

Metode blended learning model Flipped Classroom merupakan proses belajar mengajar dengan cara memadukan pembelajaran tatap muka (synchronous) dan (asynchronous) berbasis Learning Management System serta model pembelajaran terbalik dari metode tradisional. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi dari penerapan optimalisasi blended learning flipped classroom pada perkuliahan time series. Sampel penelitian adalah mahasiswa Prodi Matematika yang mengambil mata kuliah Time Series semester Ganjil 2021/2022 sebanyak 33 mahasiswa. Hasil belajar Mahasiswa sebelum (KUIS 1) dan sesudah (UTS) diterapkan metode blended learning model Flipped Classroom di uji paired t-test kemudian melakukan analisis kualitas pembelajaran dengan menghitung indeks kualitas layanan dan analisis GAP. Penerapan blended learning Flipped Classroom telah terbukti optimal dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa karena hasil belajar mahasiswa setelah penerapan pembelajaran blended learning Flipped Classroom lebih tinggi daripada nilai hasil belajar mahasiswa sebelum penerapan pembelajaran blended learning Flipped Classroom. Kualitas layanan pembelajaran blended learning Flipped Classroom sudah baik, akan tetapi ada beberapa indikator kualitas yang perlu diperbaiki yakni Fasilitas hotspot/Paket data internet (A1), Pengembalian hasil koreksi tugas, kuis, UTS dan UAS kepada mahasiswa (b5) dan Intensitas dosen untuk ditemui dalam rangka konsultasi (c1).

References

Chabibie, M. H. (2020). Panduan Penerapan Model Pembelajaran Dalam BDR Yang Memanfaatkan Ruma Belajar. Jakarta : Pusat Data dan Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fauzan, M., Haryadi, & Haryati, N. (2021). Penerapan Elaborasi Model Flipped Classroom dan Media Google classroom. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik , Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021 , E-ISSN: 2581-1835, P-ISSN: 2581-1843, https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/55779/34017.

Juniantari, M., Pujawan, I. G., & Widhiasih, I. A. (2018). Pengaruh Pendekatan Flipped Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA. Journal of Education Technology, Vol 2, No 4, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/17855.

Kepala Biro Kerja Sama, H. (2020). Laporan Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2020 Terhadap Layanan LIPI. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 7, Nomor 1, hal 8-19.

Lasahido, M. A. (2015). Analisis Kepuasan Mahasiswa ITS Terhadap Pelayanan International Office Dengan Menggunakan Metode Analisis GAP. Surabaya: Skripsi Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Prayitno, E., & Masduki, L. R. (2017). Pengembangan Metode Blended Learning Dengan Model Flipped Classroom Pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika II. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 1 Nomor 2, hal 121-126.

Ridha, M., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Pengaruh Flipped Mastery Classroom Terhadap Perolehan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. JurnalPendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume: 1 Nomor: 4 Bulan April Tahun 2016Halaman: 655—661,http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6211.

Sukayanti, L. R., Sudarma, I. K., & Jampel, I. N. (2018). Pengembangan Blended Learning Tipe Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XII. Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, Vol. 6 No. (1) pp. 134-146.

Tim LAN RI. (2017). Modul Pelatihan Dasar Calon PNS “Whole of Government". Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik.

Walpole, R., Myers, R., Myers, S., & Ye, K. (2011). Probability & Statistics for Engineers & Scientists. Boston: Prentice Hall.

Yuniarsih, Hapsari, E. K., & Zakaria, M. (2020). Penggunaan Blended Learning Model Flipped Classroom Terhadap Pelajaran Kaiwa III. Jurnal Kata : Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, Vol.1 Special Issue 2020, halaman 28-34, http://ejournal.kopertis10.or.id/index.php/kata.

Downloads

Published

2022-03-30