Analisis Hasil Belajar Siswa pada Materi Eksponensial Berdasarkan Tingkat Adversity Quotient Siswa

Authors

  • Zuhadur Ra'is Ariyono Putra Universitas Negeri Malang
  • Dyah Ayu Karindra Oktaviane Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v5i1.1778

Keywords:

Hasil Belajar, Adversity quotient, Eksponensial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi eksponensial berdasarkan Adversity Quotient (AQ). Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu kelas X yang berjumlah 32 orang. Instrumen pengoleksi data yang dipakai adalah soal uraian mengenai materi eksponensial dan angket AQ. Hasil penelitian didapat bahwa siswa tergolong menjadi 3 jenis AQ yaitu quitters,campers & climbers.  Siswa yang berkategorikan climbers memiliki hasil belajar yang memuaskan, sedangkan siswa dengan tipe quitters dan campers memiliki hasil belajar yang variatif, ada yang memuaskan dan juga ada yang tidak.

References

Adawiyah, N. R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analysis of Student Learning Outcomes of Grade X SMK on the Exponential Material Based on Emotional Intelligence. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 12(1), 11. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v12i1.43178

Artana, M. B., Herawati, N. T., Wikrama, A., & Atmadja, T. (2014). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL ( IQ ), KECERDASAN EMOSIONAL ( EQ ), KECERDASAN SPIRITUAL ( SQ ), DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI ( Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja dan Mahasiswa S1 Universitas Udayana Denpasar ) Universitas Pendidikan Ganesha e-journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. 1(1).

Djamarah, & Syaiful, B. (2011). Psikologi Belajar (R. Cipta. (ed.)).

Hastuti, T. D., Sari, D. R., & Riyadi. (2018). Student profile with high adversity quotient in math learning. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012131

Hidayat, D. F. (2020). Hubungan kemampuan adversity quotient dan kemandirian belajar terhadap menulis matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Universitas Muhammadiyah Malang.

Kartikaningtyas, V., Kusmayadi, T. ., & Riyadi, R. (2018). The Effect of Brain-Based Learning with Contextual Approach Viewed from Adversity Quotient. Journal of Physics: Conference Series, 1022(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1022/1/012014

Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2 SE-Articles). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.263

Stoltz, P. G. (2003). Adversity Quotient (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang) terjemahan. Gramedia.

Sukrorini, W. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA.

Wardiana, I Pt Arya. Wiarta, I Wyn. Zulaikha, S. (2014). Hubungan Antara Adversity Quotient (AQ) Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Di Kelurahan Pedungan. Jurnal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2022-03-30