Analisis Model Seirs terhadap Kecanduan Gadget Anak Usia Dini dengan Metode Runge-Kutta Orde-5

Authors

  • Ayu Annisa Suratna Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Hendra Cipta Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Rina Filia Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v6i1.2470

Keywords:

kecanduan gadget, anak usia dini, analisis model, SEIRS, Runge Kutta

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kecanduan gadget yang dialami oleh anak usia dini menggunakan model matematika SEIRS, yang kemudian dianalisis menggunakan Runge-Kutta Orde ke-5. Hasil dari penelitian ini adalah model matematika dS/dt=-0.14SI+0.03R, S(0)=5; dE/dt=0.14SI-0.012E, E(0)=22; dI/dt=0.006E-0.01I, I(0)=4; dR/dt=0.01I+0.012E-0.03R, R(0)=19. Dari model tersebut dihasilkan nilai iterasi dengan menggunakan Metode Runge-Kutta orde ke 5 pada waktu t=1 sampai t=3 dan ukuran langkah h=1 . Solusi model matematika SEIRS menghasilkan iterasi yang mengalami kenaikan dan penurunan. Namun, Metode Runge-kutta dinyatakan efektif dalam penyelesaian Model SEIRS karena angka galat yang dihasilkan mendekati nilai 0.

References

Agrippina. (2021). Pemodelan Matematika Penyebaran Virus Hepatitis B Dan Penyelesaian Numerisnya Berdasarkan Metode Runge-Kutta Orde Empat. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699.

Arnani, N. P. R., & Husna, F. H. (2021). Perbedaan Kecenderungan Adiksi Gadget Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Jenis Kelamin. 19, 65–78.

Barham, S. M. (2020). Pemodelan Matematika Pada Penyebaran Populasi Perokok Menggunakan Tipe SEIRS. Matematika Biologi, May.

Boyce, W. E., & DiPrima, R. C. (2009). Elementary Differential Equations and Boundary Value Problems, Textbook and Student Solutions Manual Set. 796.

Domoff, S. E., Harrison, K., Gearhardt, A. N., Gentile, D. A., Lumeng, J. C., & Miller, A. L. (2019). Development and validation of the problematic media use measure: A parent report measure of screen media “addiction” in children. Psychology of Popular Media Culture, 8(1), 2–11.

Dylan, T. (2017). Penggunaan Gadget Pada Anak. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.

Elviana, E. (2021). Pengaruh Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Tk Pratama Kids Sukabumi Bandar Lampung. Skripsi.

Fatahillah, A., Istiqomah, M., & Dafik. (2021). Pemodelan Matematika Pada Kasus Kecanduan Game Online Menggunakan Metode Runge-Kutta Orde 14. Limits: Journal of Mathematics and Its Applications, 18(2), 129.

Giordano, F. R., Fox, W. P., & Horton, S. B. (2014). A First Course in Mathematical Modeling. (Fifth Edition). In Belmont: Brooks/Cole.

Ihsan, H., Side, S., & Pagga, M. (2021). Pemodelan Matematika SEIRS Pada Penyebaran Penyakit Malaria di Kabupaten Mimika. Journal of Mathematics Computations and Statistics, 4(1), 21.

Khusna, H. (2017). Pemodelan Matematika dalam Pembelajaran Matematika Realistik Hikmatul Khusna. 1–8.

Lestari, R. N. (2019). Metode Runge-Kutta Orde 4 Pada Model Penyebaran Influenza Dengan Populasi SIRC. Skripsi.

Midayana, Darmawani, E., & Andriani, D. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini ( Studi Kasus Di Tk Elekrina Kertapati Palembang). PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 78.

Rachman, T. (2018). Pemodelan Matematika. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Resmawan. (2017). Pemodelan matematika Epidemi. September, 128.

Sari, R. F., Cipta, H., & Sirait, P. (2022). Model Matematika Penyebaran Pengguna Narkoba Dengan Adanya Faktor Edukasi Di Sumatera Utara. 3(3), 624–635.

Side, S., Sanusi, W., & Bohari, N. A. (2021). Pemodelan Matematika SEIR Penyebaran Penyakit Pneumonia pada Balita dengan Pengaruh Vaksinasi di Kota Makassar. Journal of Mathematics Computations and Statistics, 4(1), 1.

Side, S., Sukarna, Asfarina, G. T., Pratama, M. I., & Mulbar, U. (2018). Analysis of SEIRS Model for Cholera Spreading with Vaccination and Treatment Factors.

Simanullang, B., & Budhayanti, C. I. S. (2003). Pemodelan Matematika. Pemecahan Masalah Matematika, Pertemuan 2, 1–29. Sommer, I., Nußbaumer-Streit, B., & Gartlehner, G. (2021). WHO Guideline: Physical Activity, Sedentary Behavior and Sleep for Children under 5 Years of Age. In Gesundheitswesen (Vol. 83, Issue 7).

Sopiah, C. (2020). Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Disiplin Pada Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Bunda, 9(1).

Sri Rahayu, N., Mulyadi, S., & Studi PGPAUD UPI Kampus Tasikmalaya, P. (2021). Analisis Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Desember, 5(2), 202–210.

Supinah. (2011). Modifikasi Metode Runge-Kutta Orde Empat (Kutta) Berdasarkan Rata-Rata Kontra Harmonik.

Syam, R., Side, S., & Said, S. (2020). Model SEIRS Penyebaran Penyakit Tuberkulosis di Kota Makassar. 3(1), 11–19.

U. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Zitteliana, 18(1), 22–27.

Wau, J. C. J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Anak Di SD Swasta Assisi Medan Selayang Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 8(5), 56–79.

Wijayanti, H., Setyaningsih, S., & Wati, M. (2011). Metode Runge Kutta Dalam Penyelesaian Model Radang Akut. Ekologia, 11(2), 46–52.

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254.

Downloads

Published

2023-03-31