Pembelajaran Bilingual Berbasis Etnomatematika Situs Candi Brahu

Authors

  • Ahmad Nafiul Abror Universitas Islam Majapahit
  • Nuril Badiatus Sa’adah Universitas Islam Majapahit
  • Wahyu Pangastuti Indarwati Universitas Islam Majapahit
  • Suesthi Rahayuningsih Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v6i1.2523

Keywords:

bilingual learning, ethnomathematics, brahu temple

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP ditinjau dari pengumpulan data, interpretasi data, dan lain-lain. melalui pembelajaran bilingual berbasis etnomatematika pada materi yang diterjemahkan secara objektif menggunakan angka. dan penampilan serta hasilnya.Pembelajaran bilingual berbasis etnomatematika dapat dicapai dengan membangun pengalaman yang bermakna dan berfokus pada budaya di dalam dan di luar kelas. Kegiatan ini dapat memperkuat dan memperdalam pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika melalui situs cagar budaya termasuk Candi Brahu. Kerjasama antara siswa, guru, dan penggunaan metode pembelajaran yang tepat dapat menumbuhkan lingkungan belajar yang kondusif untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa, terutama kemampuan mereka untuk memahami konsep dan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa kususnya pada materi translasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa 22 dari 24 siswa memiliki kriteria jawaban baik. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 91,67% siswa memiliki minat baik terhadap kegiatan pembelajaran bilingual berbasis etnomatematika situs candi brahu.

References

Destrianti, S. (2019). Etnomatematika dalam Seni Tari Kejei Sebagai Kebudayaan Rejang Lebong. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 116. https://doi.org/10.29300/equation.v2i2.2316

Gunur, B., Lalus, E., Ali, F. A., Studi, P., Matematika, P., Katolik, U., & Santu, I. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Students ’ Understanding of Mathematical Concepts Through the Guided Inquiry Learning. 09.

Hartono, H., Putra, M. I. R., & ... (2021). Peningkatan kemampuan pola bilangan mahasiswa dengan LKM elektronik bermuatan etnomatematika dan bahasa inggris. … Nasional Matematika …, 2017, 100–104. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/1826

Sugianto, B. (2014). Optimalisasi Penerapan Kelas Bilingual menuju Pembelajaran Efektif Di SMP Negeri 1 Dukun Gresik. Jurnal Kebijakan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 35–41.

Suhartini, S., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa Mts Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Didaktik Matematika, 9(1), 16–25.

Tohir, M. (2018). Bilingualisme dalam pembelajaran matematika. Ujmes, 02(02), 185–190.

Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397–413. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1183

Yulaistin, S., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP Pada Materi Translasi. Didactical Mathematics, 4(1), 31–39. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2010

Downloads

Published

2023-03-31

Most read articles by the same author(s)