Koordinat Cartesius: Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Talking Stick dan Multimedia Interaktif

Authors

  • Gigih Zulkani Yahya Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Rahaju Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Tatik Retno Murniasih

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v6i2.2846

Keywords:

talking stick, multimedia interaktif, koordinat cartesius, prestasi belajar

Abstract

Matematika dianggap sebagai pelajaran yang membosankan, sehingga siswa enggan berpartisipasi dalam pembelajaran. Hal ini berakibat siswa kurang memahami materi, sehingga prestasi belajarnya rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tahapan model pembelajaran talking stick berbantuan multimedia interaktif yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah tiga belas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karangploso Satu Atap. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Multimedia interaktif menggunakan media power point yang memiliki navigasi untuk berinteraksi dengan pengguna dan terdiri dari gabungan animasi, tulisan, gambar, dan suara. Multimedia interaktif meningkatkan konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran, sehingga meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Pembelajaran talking stick dilakukan secara berkelompok agar siswa mempunyai kesempatan berdiskusi. Talking stick digunakan untuk memilih siswa yang harus mengerjakan soal di depan kelas, yaitu dengan memberikan tongkat secara estafet diiringi dengan musik. Ketuntasan belajar pada tahap pratindakan sebesar 38,46%, pada siklus 1 menjadi 76,93%, dan pada siklus 2 menjadi 92,31%. Dengan demikian, peningkatan prestasi belajar dari tahap pratindakan ke siklus 1 sebesar 38,46% dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 13,39%.

References

Andayani, S., Lumowa, S. V. T., & Boleng, D. T. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Talking Stick Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Ipa Biologi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2200–2204.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Ayuni, I. G. A. P. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology, 1(3), 183. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503

Caesariani, N. A. (2018). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Pada Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 832–840.

Daryanto. (2016). Media pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Gava Media.

Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di SDN Ngaringan 05 Kec.gandusari Kab.blitar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5(2), 781–790.

Fahmi, S., & Marsigit. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya terhadap Sikap Siswa pada Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 90–98.

Fathurrohman. (2019). Model Talking Stick dan Kemampuan Berbicara. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(1), 213–224.

Fiorentika, K., Santoso, D. B., & Simon, I. M. (2016). Keefektifan Teknik Self-Instruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(3), 104–111. https://doi.org/10.17977/um001v1i32016p104

Fithriyah, M., & Fitriana, D. (2019). Penggunaan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Kampuan Hands-On Siswa pada Materi Bangun Ruang di MI Islamiyah Dinoyo Terdepan Lamongan. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(2), 231. https://doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6108

Hamalik, O. (2016). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Hendriawan, M. A., & Muhammad, G. M. (2018). Pengembangan Jimath Sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. MaPan, 6(2), 274–288. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a12

Isnaeni, Muhaemin, & Hasri. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 131–142. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v5i2.272

Kristanti, H. S. (2018). Peningkatan Kecakapan Berkomunikasi Dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas 6 dengan Talking Stick Berbantuan Salindia. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 293–301. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p293-301

Nizaar, M. (2018). Perilaku Mencontek Sebagai Indikasi Gagalnya Efikasi Diri (self Efficacy) Anak Dalam Pembelajaran. Jurnal Elementary, 1(1), 16–20.

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open Ended. PRISMA, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2(1), 36–40.

Rahaju, & Hartono, S. R. (2017). Pembelajaran Operasi Pecahan Dengan Kartu Domino Pintar. JIPMat, 1(2), 173–181. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1244

Rahmawati, A. S. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Pancasakti Science Education Journal, 4(1), 7–17.

Shoimin, A. (2017). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175–185. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332

Tammu, R. M. (2018). Keterkaitan Metode dan Media Bervariasi dengan Minat Siswa dalam Pembelajaran Biologi Tingkat SMP. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 2(2), 134. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p134-142

Tiari, D. A., & Suharno. (2019). Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Struktur Organ Tubuh Manusia. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 21–27. https://doi.org/10.17509/ebj.v1i1.26381

Widada, & Rosyidi, A. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Fisika SMP Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Ilmiah IT CIDA, 3(2), 53–68. https://doi.org/10.55635/jic.v3i2.56

Wilsa, A. W. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Multimedia Interaktif Dengan Buku Teks Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA. Mangifera Edu, 4(1), 62–70. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i1.42

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1024–1029.

Downloads

Published

2023-09-29