Analisis Keyakinan Diri (Self Efficacy) Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender

Authors

  • Candy Alfa Agustina Universitas Islam Majapahit
  • Suesthi Rahayuningsih Universitas Islam Majapahit
  • Ngatiman Ngatiman Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Keyakinan Diri, Matematika, Perbedaan Gender

Abstract

Keyakinan diri (self efficacy) siswa dalam memecahkan masalah matematika dapat dipengaruhi oleh perbedaan gender, sehingga dengan gender yang berbeda keyakinan diri (self efficacy) siswa dalam memecahkan masalah matematika juga berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keyakinan diri (self efficacy) siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Kutorejo. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Instrumen penelitian terdiri dari Tes Keyakinan Diri (TKD) dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: subjek laki-laki memiliki pandangan yang optimis dalam memecahkan masalah matematika dengan berpikir optimis, menyebutkan beberapa informasi penting, menyatakan tujuan, dapat memahami permasalahan, yakin dengan yang dipahami dan penyelesaiannya, menyatakan strateginya dan yakin dengan strategi yang dilakukan. Subjek gigih dalam memecahkan masalah matematika dengan tidak merasa kesulitan dan tidak merasa putus asa menyelesaikan permasalahan. Subjek yakin akan kemampuan diri yang dimiliki dalam memecahkan masalah matematika dengan menjelaskan dan yakin dengan cara yang digunakan. Subjek menyikapi situasi dan kondisi yang beragam dengan cara yang baik dan positif dalam memecahkan masalah matematika dengan berusaha, merasa tidak memiliki kekurangan, dan tidak merasa stres dalam menyelesaikan permasalahan. Sedangkan subjek perempuan memiliki pandangan yang optimis dalam memecahkan masalah matematika dengan berpikir optimis, menyebutkan beberapa informasi, menyatakan, dapat memahami, yakin dengan yang dipahami dan penyelesaiannya, menyatakan strateginya dan yakin dengan strategi yang dilakukan. Subjek gigih dalam memecahkan masalah matematika dengan sedikit merasa kesulitan dan tidak merasa putus asa. Subjek yakin akan kemampuan diri yang dimiliki dalam memecahkan masalah matematika dengan menjelaskan dan yakin dengan cara yang digunakan. Subjek menyikapi situasi dan kondisi yang beragam dengan cara yang baik dan positif dalam memecahkan masalah matematika dengan merasa kebingungan, kurang faham terhadap masalah, dan sedikit terburu-buru dalam menyelesaikan permasalahan

References

Arikunto, S. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Cahyono, S. D. 2016. Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Surabaya pada Materi Lingkaran. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Elisa, S. N. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah ditinjau dengan Prosedur Newman. Skripsi Online. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Gista Ayu Kusuma Wardani, T. N. 2017, Desember. Analisis Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masaah Matematika Materi SPLDV ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Mitra Pendidikan Online, 1, 1031-1045.
Hidayat, T. 2017. Strategi Mahasiswa dalam Memecahkan Permasalahan Non Rutin pada Materi Aljabar. Skripsi Online. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hidayati, D. N. 2015. Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Newman pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Ifdil, Rizka Apriani, Frischa Meivilona Yendi, Itsar Bolo Rangka. 2016, December 31. Level of Students` Self-Efficacy Based on Gender. The International Journal of Counseling and Education, 1, 30.
Indriani, N. 2016. Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah Trigonometrii ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Iswahyudi, G. 2012. Aktivitas Metakognisi dalam Memecahkan Masalah Pembuktian Langsung ditinjau dari Gender dan Kemampuan Matematika. Prosiding SNMPM 2012 (pp. 88-102). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Jatisunda, M. G. 2017. Hubungan Self Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics, 1, 24-30.
Khair, A. M. 2017. Analisis Proses Berpikir dalam Pemecahan Masalah dengan Kategori Menurut Polattsek ditinjau dari Self efficacy pada Siswa Kelas VII di SMP 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Online. Bandar Lampung.
Kusumawati dan Nayazik. 2017, Juli. Kecemasan Matematika Siswa SMA Berdasarkan Gender. Journal of Medives, 1, 93.
Lestari S, Waluya B, dan Suyitno H. 2015. Analisis Kemampuan Keruangan dan Self Efficacy Peserta Didik dalam Model Pembelajaran Trefingger Berbasis budaya Demak. Unnes Journal of Mathematics Education Research.
Malik, N. Q. 2011. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kudus Dalam Menyelesaikan Soal Matematika.
Moleong, L. J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nafiah, M. N. 2017. Identifikasi Tahap Pemahaman Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Perbedaan Gender pada Materi Persegi Panjang Kelas VII SMP. Skripsi Online. Surabaya: FMIPA universitas Negeri Surabaya.
Novferma, N. 2016, Mei. Analisis Kesulitan dan Sellf efficacy Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3, 76.
Novi Indriani, Endah Budi Rahaju. 2016. Proses Berpikir Siswa dalm Pemecahan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Self Efficacy. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3, 395.
Pratiwi, D. D. 2015. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender . Jurnal Pendidikan Matematika, 131-141.
Rahmayanti, T. Y. 2016. Analisis Proses Berpikir Dalam Memecahkan Masalah Matematika Polya Siswa Kelas XI SMAN 1 Bangsri Jepara Berdasarkan Tipe Kepribadian. Skripsi Online. Semarang: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo.
Retno Sari, T. A. 2014. Aktivitas Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Matematika UNS, 3.
Rofiqoh, Z. 2015. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X Dalam Pembelajaran Discovery Learning Berdasakan Gaya Belajar Siswa. Skripsi Online. Semarang: UNNES.
Ruhyana. 2016, Desember. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Computech dan Bisnis, 10, 108.
Safitri, I. N. 2016. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalm Perspektif Gender. Skripsi Online. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.
Santrock, J. W. 2012. Life Span Development-Perkembangan Masa Hidup.(Online)
Sari, R. T. 2014. Aktivitas Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Matematika UNS, 3.
Sholikhah, N. Q. 2017. Analisis Tingkat Self Efficacy dalam Menyelesaikan Masalah Mamatia Siswa dibedakan dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Skripsi Online. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Smetackova, I. 2015. Gender Stereotypes, Performance and Identification with Math. ProcediaSocial and Behavioral Sciences, 211-219.
Subaidi, A. 2016. Self Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Madura, 64-68.
Subarinah. 2013. Profil Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Tipe Investigasi Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 524.
Sudarno, B. E. 2016. Hubungan Self Efficacy Berdasarkan Gender dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Se-Kecamatan Gadingrejo. Skripsi Online. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bandar Lampung.
Sudia. (2015). Profil Metakognisi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Terbuka Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(1)
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi. 2015. Pengaruh Keyakinan Diri, Kesadaran Diri, dan Pengetahuan Kognitif Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: UNESA.
Ulya, H. 2016. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan IDEAL Problem Solving. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2.
Uray Windi Haryandika, C. U. 2017, September. Analisis Kelancaran Prosedural pada Materi Persamaan Eksponen Kelas X SMA Negeri 2 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2, 72-77.
Urte Scholz, Benicio Gutierrez Dona, Shonali Sud, Ralf Schwarzer. 2002. Is General Self Efficacy a Universal Construct. Europan Journal of Psychological Assessment, 18(3), 242-251.
Wijaya, A. A. 2013. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi SPLDV. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2018-09-30

Most read articles by the same author(s)