Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw

Authors

  • Iput Saputro Universitas veteran bangun nusantara sukoharjo
  • Afif Afghohani Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Isna Farahsanti Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Prestasi Belajar Matematika, Jigsaw

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada siswa kelas VIII A MTs Al Jauhar Semin Kabupaten Gunungkidul tahun pelajaran 2018/2019.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, dalam setiap siklus terdapat empat langkah yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating) dan refleksi (reflecting). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII A MTs Al Jauhar sejumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi dan tes.Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya nilai rata-rata pada kondisi awal 62,1 menjadi 73,75 pada siklus I kemudian meningkat menjadi 85 pada siklus II. Dilihat dari siswa yang tuntas KKM, pada kondisi awal 3 siswa atau 12,5 % meningkat menjadi 14 siswa atau 58,33% pada siklus I dan 23 siswa atau 95,83% pada siklus II. Dari hasil penelitian tersebut nampak bahwa terjadi proses peningkatan prestasi belajar siswa dari sebelum tindakan, setelah tindakan siklus I maupun siklus II dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw.Berdasarkan pada hasil penelitian tindakan kelas ini, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan Prestasi belajar matematika materi lingkaran setelah menggunakan model pembelajaran Jigsaw siswa kelas VIII A MTs Al Jauhar Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019.

References

Abidin, N. Z. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa SMP. Journal of Educational Science and Technology, Vol. 38, No. 31. (diakses 07 Mei 2019) https://creativecommons.org//licenses/by-nc/4.0/
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Asmadi, A. 2011. Pengaruh Metode Belajar Team Assited Individualization Terhadap Prestasi Belajar Statistika Pada Mahasiswa Psikologi. Jurnal Psikologi: Vol 38, No. 1. (diakses tanggal 20 Maret 2019) [https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7667
Astuti, F. N. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Bamboo Dancing dan Jigsaw Ditinjau Dari Hsail Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, Vol.2 No.1.(diakses 07 Mei 2019) https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=model+pembelajaran+jigsaw+2018&oq=#d=gs_qabs&u=%23p%3DEocuPIWQWNQJ
Berlin, K. D. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Exacta, A. P. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), Vol. 2 No. 2.(diakses 01 Agustus 2019) https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+implementasi+univet&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DGolTGt16AM8J

Farahsanti, I. 2016. Pendekatan Pembelajaran Metakognitif dengan Media Flash Swishmax pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), Vol. 2 No. 2.(diakses 01 Agustus 2019) https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+matematika+univet+pendekatan+pembelajaran+metakognitif+dengan+media+flash+swishmax&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DHoU7khdiD0MJ
Heruman. 2013. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mawarni, H. J. 2016. Upaya Meningkatkan Prestasi dan Minat Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas VII G SMP N 2 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (tidak terbit)
Ninda Beny Asfuri, R. Y. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Simetri Lipat Bangun Datar Pada Peserta Didik Kelas Iii Sd Negeri Baturan Semester 2 Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, Vol.6 No.1. (diakses 07 Mei 2019) http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/792/520520644
Rosyidah, U. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIi SMP Negeri 6 Metro. Jurnal SAP, Vol. 1 No. 2. (diakses 07 Mei 2019) https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/download/1018/999&ved=2ahUKEwjI-o342YjiAhUD73MBHcC1BQAQFjAAegQIBRAB&usg=AOvVaw0uvSX6p8fyujtJlMFTmHz2
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wahyudi. 2018. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII FD.1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018 Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning. Skripsi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (tidak terbit)
Zain, S. B. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2019-10-09