Identifikasi Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Madrasah Aliyah dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Program Study

Authors

  • Nailul Munah El Adhim Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang
  • Siti Khabibah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang
  • Siti Faizah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jombang

Keywords:

Berpikir Matematis, Pemecahan Masalah, Program Study

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir matematis siswa kelas XI Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Syafi’iyah Mojokerto dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari program study. Program study yang dimaksud dalam penelitian ini adalah program study regular dan tahfidz. Pemilihan subjek penelitian dilaksanakan berdasarkan teknik pengambilan purposive sampling. Pengelompokan subjek penelitian ini berdasarkan pada kemampuan matematika siswa. Tingkat kemampuan matematika siswa dalam penelitian ini dikategorikan menjadi 3 yaitu kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Selanjutnya dari hasil pengelompokan kemampuan matematika siswa, setiap kelompok tingkat kemampuan matematika diambil satu dari setiap kelasnya. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir matematis pada siswa program study regular dan tahfidz. Siswa kelas XI MIPA 1 program study tahfidz memiliki kemampuan berpikir matematis dalam memecahkan masalah matematika dapat dibedakan menjadi dua yaitu tinggi dan sedang. Kemampuan berpikir matematis yang tinggi dapat dipenuhi oleh subjek ST-T dan ST-S, dan kemampuan berpikir matematis yang sedang dipenuhi oleh subjek ST-R. Sedangkan kemampuan berpikir matematis siswa kelas XI MIPA 2 program study regular dalam memecahkan masalah matematika dapat dibedakan menjadi tiga sesuai dengan kemampuan matematika yang dimiliki oleh setiap subjek.

References

Amir, Zubaidah dan Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Badan Standar nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Sekolah Menegah Atas. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP).
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hudojo, Herman. 2005. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud
Kline, Morris. 1973. Why Jonhny Can’t Add: The Failure of the New Math. New York: Vintage Books.
Lazakidou, G. 2007. “The Transitory Phase to The Attainment of Self-regulatory Skill in Mathematical Problem Solving”. International Education Journal 8(1): 71-81. Shannon Research Press.
Nafi’an, Muhammad Ilman. 2011. “Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gender di Sekolah Dasar“. Prosding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles anda Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics. [Online] http://www.NCTM.ORG/ [ Diakses tanggal 16 Desember 2018 ]
Russefendi, E.T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sangadji, Etta Mamang, & Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Pada Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Shadiq, Fajar. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Yogyakarta: Widyaiswara PPPG Matematika.
Shafer, M.C., & Foster , S. 1997. The Changing Face of Assesment. Principled Practice In Mathematic & Science Education. Paper 1 No. 2.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfa Beta
Supriyatno, Agus. 2014. “Karakteristik Berpikir Matematis Siswa SMP Majelis Tafsir Al-Quran (MTA) Gemolong Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Siswa Dan Gender”. Jurnal Elektronika Pembelajaran Matematika, Vol. 2, No. 10: 1056-1068.
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2019-09-18