Hubungan Kecanduan Game Online terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-Regulation Mahasiswa

Authors

  • Desty Haswati Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Rizka Fitriani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Yana Rika Fatonah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Arintika Mivtakhu Rohmah Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v3i2.814

Keywords:

Kecanduan game online, Berpikir kreatif matematis, self-regulation

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi banyak mahasiswa yang memiliki hobi bermain game online yang berdampak pada hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kecanduan game online dan kemampuan berpikir kreatif matematis dan (2) hubungan kecanduan game online  dan self-regulation mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan korelasional menggunakan subjek penelitian pemain game online dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang yang diberi angket kecanduan game online dan didapatkan 14 orang untuk diberikan form lanjutan berupa soal berpikir kreatif matematis dan angket self-regulation. Berdasarkan hasil uji korelasi Spearman menunjukan: (1) nilai signifikansi kecanduan game online dan kemampuan berpikir kreatif matematis = 0.071 (a > 0.05) maka tidak ada hubungan antara kecanduan game online dan kemampuan berpikir kreatif matematis; (2) nilai signifikansi kecanduan game online dan self-regulation  = 0.003 (a < 0.05) dan koefisien korelasi = -0.728, maka terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan game online  dengan self-regulation mahasiswa dan koefisien korelasinya bernilai negatif artinya hubungan yang berbanding terbalik yakni semakin tinggi tingkat kecanduan game online  maka semakin rendah self-regulation tersebut.

References

Budhi, F., & Indrawati, E. (2016). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Mahasiswa Pemain Game Online Di Game Center X Semarang. Empati, 5(3), 478–481.
Effendi, R. M. S. (2017). Regulasi Diri Dalam Belajar (Self Regulated Learning) Pada Remaja Yang Kecanduan Game Online. Psikoborneo, 5(2), 218–224. http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2017/07/JURNAL ROLIN (07-14-17-10-05-33).pdf
Famela, M. (2019). Digital Library. Retrieved Juli 3, 2020, from digilib.uinsby: http://digilib.uinsby.ac.id/
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2017). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ihsan, F. (2005). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahmat, A. (2014). Hubungan kecanduan game online dengan keterampilan sosial remaja di 4 game centre di kecamatan klojen kota malang. Skripsi Psikologi, 1–133. http://etheses.uin-malang.ac.id/5993/1/08410004.pdf
Safaria, & Sangila. (2018, Juli-Desember). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP
Negeri 9 Kendari pada Materi Bangun Datar. Al- Ta'dib, 11.
Saputra, R. (2016). Efek game online terhadap kreatifitas berpikir anak di Kelurahan Kadia Kecamatan Kadia Kota Kendari. Journal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 1(3), 1–16.
susanti, C. m. (2016). http://scholar.unand.ac.id/. Retrieved Juli 5, 2020, from e-skripsi Universitas Andalas: http://scholar.unand.ac.id/5636/

Downloads

Published

2020-09-26