Hubungan Kecanduan Game Online terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-Regulation Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamath.v3i2.814Keywords:
Kecanduan game online, Berpikir kreatif matematis, self-regulationAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi banyak mahasiswa yang memiliki hobi bermain game online yang berdampak pada hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kecanduan game online dan kemampuan berpikir kreatif matematis dan (2) hubungan kecanduan game online dan self-regulation mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan korelasional menggunakan subjek penelitian pemain game online dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang yang diberi angket kecanduan game online dan didapatkan 14 orang untuk diberikan form lanjutan berupa soal berpikir kreatif matematis dan angket self-regulation. Berdasarkan hasil uji korelasi Spearman menunjukan: (1) nilai signifikansi kecanduan game online dan kemampuan berpikir kreatif matematis = 0.071 (a > 0.05) maka tidak ada hubungan antara kecanduan game online dan kemampuan berpikir kreatif matematis; (2) nilai signifikansi kecanduan game online dan self-regulation = 0.003 (a < 0.05) dan koefisien korelasi = -0.728, maka terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan game online dengan self-regulation mahasiswa dan koefisien korelasinya bernilai negatif artinya hubungan yang berbanding terbalik yakni semakin tinggi tingkat kecanduan game online maka semakin rendah self-regulation tersebut.
References
Effendi, R. M. S. (2017). Regulasi Diri Dalam Belajar (Self Regulated Learning) Pada Remaja Yang Kecanduan Game Online. Psikoborneo, 5(2), 218–224. http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2017/07/JURNAL ROLIN (07-14-17-10-05-33).pdf
Famela, M. (2019). Digital Library. Retrieved Juli 3, 2020, from digilib.uinsby: http://digilib.uinsby.ac.id/
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2017). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ihsan, F. (2005). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahmat, A. (2014). Hubungan kecanduan game online dengan keterampilan sosial remaja di 4 game centre di kecamatan klojen kota malang. Skripsi Psikologi, 1–133. http://etheses.uin-malang.ac.id/5993/1/08410004.pdf
Safaria, & Sangila. (2018, Juli-Desember). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP
Negeri 9 Kendari pada Materi Bangun Datar. Al- Ta'dib, 11.
Saputra, R. (2016). Efek game online terhadap kreatifitas berpikir anak di Kelurahan Kadia Kecamatan Kadia Kota Kendari. Journal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 1(3), 1–16.
susanti, C. m. (2016). http://scholar.unand.ac.id/. Retrieved Juli 5, 2020, from e-skripsi Universitas Andalas: http://scholar.unand.ac.id/5636/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.