Analisis Perbandingan Camshaft Standar dan Modifikasi Terhadap Daya dan Torsi pada Sepeda Motor Honda Beat 2012

Authors

  • Mukhamad Arief Syarifuddin Universitas islam Majapahit
  • Achmad Rijanto Universitas Islam Majapahit
  • Luthfi Hakim Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamecha.v4i2.1318

Keywords:

chamsaft, daya, torsi, standar, modifikasi

Abstract

Kinerja sebuah kendaraan bermotor dipengaruhi oleh beragam hal, misalnya penggunaan tipe camshaft. Camshaft sendiri bisa dimodifikasi untuk mengetahui performa sepeda motor. Oleh sebab itu pengantian camshaft standar ke modifikasi harus merubah dudukan klep atau penyudutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui performa sepeda motor dengan penggantian noken as dan perbedaan rpm antara noken as standar dan modifikasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya maksimum yang diperoleh dari pengujian  noken as standart 7,12 Hp pada putaran mesin 7244 rpm dan torsi tertinggi yang dihasilkan dari pengujian menggunakan dynotest yaitu pada noken as standar 6,82 Nm pada putaran mesin 7244 rpm, sedangkan pada penggunaan noken as modifikasi torsi tertinggi yang didapat yaitu 9,66 Nm pada putaran mesin 6666 rpm dan daya maksimal noken as modifikasi didapat 9,25 Hp pada putaran mesin 6666 rpm, dapat diketahui bahwa bahan noken as modifikasi cenderung lebih unggul dibandingkan dengan noken as standar.

References

Anam, K. (2019). Pengaruh Perbedaan Camshaft Standar Dan Chamshaft Aftermarket Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepedah Motor Yamaha Jupiter 110cc. Surya Teknika, 6(1), 1-7.

Eri Diniardi, K. S. (t.thn.). Analisis Sifat Mekanis Antara Noken As Standar Dan Noken As Rekondisi Pada Sepeda Motor. Sintek, 8(2), 16-21.

Firmansyah. (2017). Pengaruh Modifikasi Lift Camshaft Terhadap Performa Motor 4 Tak 100cc. J-Proteksion, 2(1), 9-14.

Philip Kristanto, R. T. (2000). Pengaruh Suhu dan Tekanan Udara Masuk Terhadap Kinerja Motor Diesel Tipe 4 JA 1. Jurnal Teknik Mesin, 2(1), 7-14.

Wiratwaja, I. G. (2010). Analisa Unjuk Kerja Motoe Bensin Akibat Pemakaian Biogasoline. Jurnal Ilmia Teknik Mesin cakra, 4(1), 16-25.

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Syarifuddin, M. A. ., Rijanto, A., & Hakim, L. (2022). Analisis Perbandingan Camshaft Standar dan Modifikasi Terhadap Daya dan Torsi pada Sepeda Motor Honda Beat 2012. Majamecha, 4(2), 70–76. https://doi.org/10.36815/majamecha.v4i2.1318

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>