Analisis Pengaruh Jumlah Sudu Turbin Penggerak Microhydro Terhadap Daya Output Yang Dihasilkan Generator Permanen

Authors

  • Nur Syaifudin Assyary Universitas Islam Majapahit
  • Achmad Rijanto Universitas Islam Majapahit
  • Atika Isnaining Dyah Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamecha.v4i2.1322

Keywords:

efisiensi, jumlah sudu, prototype PLTMH, turbin pelton

Abstract

Turbin Pelton adalah jenis turbin impuls yang terdiri dari sudu berbentuk dua buah mangkok sebagai awal penerima pancaran air dari nozel dengan memanfaatkan gerak jatuh air (head) yang tinggi walaupun debit airnya kecil. Pada penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh jumlah sudu terhadap putaran yang dihasilkan oleh turbin Pelton sehingga dapat diketahui tegangan, arus, daya dan efisiensi yang dihasilkan generator pada prototype PLTMH. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi turbin (runner) dengan jumlah sudu yang divariasikan terhadap daya output. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Penelitian ini menggunakan turbin pelton dengan jumlah sudu yang divariasikan jumlahnya yaitu 4 sudu, 6 sudu dan 8 sudu. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan jumlah sudu menyebabkan kinerja PLTMH semakin meningkat, daya output tertinggi diketahui menggunakan turbin (runner) yang bersudu 8 yang tercatat kuat arus (I) sebesar 0,28 Ampere dan tegangan (V) sebesar 16,7 Volt. Sehingga, diketahui daya output nya sebesar ± 5 Watt (P out). Nilai efisiensi kinerja turbin (runner) yaitu 33,9 %.

References

Apriansyah D, Rusdinar F., Darlis A. (2016).“Rancang Bangun Sistem Pembangkit Listrik Mikrohidro (PLTMH) pada Pipa Saluran Pembuangan Air Hujan Vertikal”. e-Proceeding of Engineering : Vol.3, No.1.

Dietzel, Fritz, (1996), Turbin Pompa dan Kompresor, cetakan ke-5, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Irawan, D. (2018). “Prototype Turbin Pelton Sebagai Energi Alternatif Mikrohidro diLampung”. Metro, Lampung: Universitas Muhammadiyah.

Jasa, L. (2015). “Peningkatan Efisiensi Turbin dengan Pembaruan Desain Turbin Banki untuk Mikro Hidro di Daerah Tropis”. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sitompul, R. (2011). “Teknologi Energi Terbarukan yang Tepat untuk Aplikasi di Masyarakat Perdesaan”. Jakarta : PNPM Mandiri.

Sularso dan Kiyokatsu Suga, (2004), Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin, Cetakan ke-11. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Suparyawan D. P. D., Kumara I. N. S., Ariastina W. G. “Studi Perencanaan Pembangkit Listrik Mikrohidro Di Desa Sambangan Kabupaten Buleleng Bali”. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v.12, n. 2, dec. 2013. ISSN 2503-2372.

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Assyary, N. S. ., Rijanto, A., & Dyah, A. I. (2022). Analisis Pengaruh Jumlah Sudu Turbin Penggerak Microhydro Terhadap Daya Output Yang Dihasilkan Generator Permanen. Majamecha, 4(2), 87–95. https://doi.org/10.36815/majamecha.v4i2.1322

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>