Analisis Perbandingan Temperatur Permukaan Pada Mesin Berbahan Bakar Bensin Dan Gas

Authors

  • Achmad Rijanto Universitas Islam Majapahit
  • Suesthi Rahayuningsih Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamecha.v5i1.2732

Keywords:

temperatur permukaan, mesin bensin, mesin lpg

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan temperatur permukaan yang dihasilkan oleh mesin pompa air sawah dengan dua bahan bakar yang berbeda yaitu bensin dan gas. Bensin yang digunakan berupa pertalite dan gas yang digunakan LPG (Liquified Petroleum Gas). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental. Pengukuran temperatur pada permukaan mesin diukur dengan menggunakan alat pengukur temperatur pada putaran mesin 2000 rpm, selama 30 menit, dengan menggunakan bahan bakar pertalite dan LPG. Dari hasil penelitian diperoleh, bahwa temperatur permukaan pada mesin berbahan bakar pertalite sebesar 85,93 oC, sedangkan pada mesin berbahan bakar LPG sebesar 88,02 oC. Temperatur permukaan pada mesin berbahan bakar pertalite lebih kecil dibandingkan dengan mesin berbahan bakar LPG, yaitu sebesar 4,19 oC.

References

Arismunandar, W. (1988). Motor bakar torak. Cetakan Ketiga, Penerbit ITB Bandung.

Ariawan, I. W. B., Kusuma, W. B. G. I., & Adnyana, I. B. (2016). Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Unjuk Kerja Daya, Torsi Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Bertransmisi Otomatis. J. METTEK, 2(1), 51-58.

Aziz, M. (2013). Analisis Penggunaan Bahan Bakar Liquified Petroleum Gas (LPG) Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Co Dan Hc Pada Motor Supra X 125R Tahun 2009. Nosel, 1(3), 1-10.

Maskur, K., Nursan, N., & Patra, I. K. (2016). Analisis Dampak Konversi Minyak Tanah Ke Gas Elpiji Terhadap Peningkatan Pendapatan Industri Bagea Di Kota Palopo. Equilibrium, 2 (1), 123-129.

Nono, F. G. B., Yudo, H., & Budiarto, U. (2017). Studi Perbandingan Mesin Outboard Honda GX200 Bahan Bakar Bensin Premium dan Bahan Bakar Elpiji yang Dimodifikasi dengan Konverter Gas pada Kapal Nelayan Tradisional Tanjung Mas. Teknik Perkapalan, 5 (1), 223-236.

Rahmad, H., Wahyu, M., & Hendarti, D. R. (2020). Pengaruh Temperatur Mesin Terhadap Kadar Emisi NOx pada Motor dengan Bahan Bakar Compressed Natural Gas (CNG). Jurnal Energi dan Teknologi Manufaktur (JETM), 3(02), 1-4.

Rhohman, F. (2017). Analisa Temperatur Mesin Pengairan Sawah Pada Penggunaan Bahan Bakar Premium Dan Lpg (Gx-200 Wp30). Simki-Techsain, 1(6).

Rijanto, A., & Rahayuningsih, S. (2020). Modifikasi Mesin Pompa Air Sawah Dengan Menggunakan Bahan Bakar Bensin Menjadi Gas. Al Jazari: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 5(2).

Singh, H, Kumar, C, Yadaf, KD, Yadav, KA, Nishad A, Verma, KA & Pandey, KA. 2015. Conversion Of Petrol Bike Into Lpg And Emission Check. International Journal Of Mechanical Engineering And Technology (IJMET,) 6 (4), 65-71.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Rijanto, A., & Rahayuningsih, S. (2023). Analisis Perbandingan Temperatur Permukaan Pada Mesin Berbahan Bakar Bensin Dan Gas. Majamecha, 5(1), 39–47. https://doi.org/10.36815/majamecha.v5i1.2732

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>