Analisis Variasi Hambatan Dan Tegangan Listrik Terhadap Uji Koil Cara Kerja Motor Bensin

Authors

  • Mukhammad Alifudin Universitas Islam Majapahit
  • Achmad Rijanto Universitas Islam Majapahit
  • Dicki Nizar Zulfika Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamecha.v2i1.735

Keywords:

koil, unjuk kerja, motor bakar 4 Langkah

Abstract

Dalam meningkatkan performa mesin dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan mengganti salah satu komponen mesin, mengubah dan memvariasikan antara koil standar dan koil racing. Ignition coil berfungsi mengubah arus listrik 12V yang diterima dari baterai/generator AC menjadi tegangan tinggi (10 KV atau lebih) untuk menghasilkan loncatan bunga api yang kuat pada celah busi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembesaran kapasitas silinder dengan cara penggantian koil terhadap unjuk kerja mesin 4 langkah 1 silinder dengan variasi besar hambatan dan tegangan listrik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental, yaitu metode yang digunakan untuk menguji dan menemukan variasi yang tepat terhadap penelitian yang sudah dilakukan dengan menambahkan beberapa perlakuan variasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variasi koil menunjukkan daya lebih baik dikarenakan semakin besarnya spark (loncatan bunga api), maka campuran bahan bakar dan udara yang dibakar lebih banyak sehingga, ledakan dalam ruang bakar semakin besar. Semakin besar gulungan dan luas penampangnya maka semakin besar pula hasil spark (loncatan bunga api).

References

Badrawa, 1 Gusti Gede. 2008. Pengaruh Perubahan Terhadap Prestasi Mesin Motor 4 Langkah. Jurnal Forum Teknik Vol 32.
Boentarto. 2002. Menghemat Bensin Sepeda Motor. Semarang : Effhar.
Marlindo. Analisa Penggunaan CDI Racing Programmable dan Koil Racing Pada Mesin Sepeda Motor Standar. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Pudjanarsa, A dan Nursuhud, D. 2008. Mesin Konversi Energi. Andi Press, Yogyakarta.
Syahrani, Awal. 2006. Analisa Kerja Mesin Bensin Berdasarkan Hasil Uji Emisi. SMARTex. Universitas Tadulako. Palu.

Downloads

Published

2020-06-26

How to Cite

Alifudin, M., Rijanto, A., & Zulfika, D. N. (2020). Analisis Variasi Hambatan Dan Tegangan Listrik Terhadap Uji Koil Cara Kerja Motor Bensin. Majamecha, 2(1), 32–44. https://doi.org/10.36815/majamecha.v2i1.735

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>