http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamecha/issue/feed Majamecha 2023-12-22T22:53:48-05:00 Majamecha majamecha2019@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Majamecha</strong> adalah jurnal ilmiah yang berisi tentang publikasi hasil karya penelitian, perancangan dan kajian teori di bidang ilmu teknik mesin dan permesinan, meliputi konversi energi, manufakturing, material dan perancangan mesin. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, Indonesia. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Online ISSN: <a href="http://u.lipi.go.id/1554269856">2656-8055</a> dan print ISSN: <a href="http://u.lipi.go.id/1555849640">2656-9132</a>. Berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kemendikbudristek RI No. <a title="SK Akreditasi" href="https://drive.google.com/file/d/1gCs15krr5Q7dR71-neJ4Ik2T4mfjNwrc/view">79/E/KPT/2023</a> tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I tahun 2023, bahwa Majamecha termasuk peringkat 4 <strong>(SINTA 4)</strong> mulai dari volume 2 nomor 2 tahun 2020 sampai dengan volume 7 nomor 1 tahun 2025 .</p> http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamecha/article/view/2856 Model Validasi Ukuran Droplet Batuk Dalam Ruangan Menggunakan Pendekatan Multicomponent Eulerian -Lagrangian 2023-09-10T21:48:00-04:00 Mohammad Muslimin muslimin@gmail.com Atika Isnaining Dyah Atika1@gmail.com Luthfi Hakim hakimunim@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan secara numerik menggunakan pendekatan <em>Multicomponen</em>t- <em>Eulerian-Langgrangian</em> untuk melihat medan aliran udara dan pola penyebaran droplet aerosol dalam ruangan. Pola penyebaran dan perubahan ukuran droplet diprediksi secara akurat dengan bantuan software CFD komersial. Melalui pendekatan <em>Multicomponen</em>t- <em>Eulerian-Langgrangian</em> udara basah diperlakukan sebagai campuran ideal antara udara kering dengan uap air. Sedangkan droplet yang dikeluarkan dari seseorang ketika batuk diasumsikan terdiri dari 98% air dan 2 partikel padat yang tidak dapat menguap. Simulasi dilakukan pada kondisi kelembapan udara 50% dan didasarkan pada aktivitas sesorang ketika batuk, dengan kecepatan droplet saat keluar sumber adalah 10 m/s. Variasi ukuran droplet mula-mula adalah 10 µm dan 100 µm. Karena mengalami evaporasi, diameter droplet mula-mula akan mengalami pengurangan ukuran hingga 21% menjadi 2,1 µm dan 21,03 µm membentuk inti droplet (<em>droplet nuclei</em>). Selain itu, hasil simulasi menunjukkan sebaran droplet melaui <em>particle residence time </em>dan lintasan partikel dalam ruangan. Sehingga mampu memprediksi pola penyebaran droplet yang ada dalam ruangan.</p> 2023-12-22T00:00:00-05:00 Copyright (c) 2023 Majamecha http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamecha/article/view/2885 Potensi Biofuel Sebagai Alternatif Subtitusi Bahan Bakar Minyak 2023-09-14T23:14:17-04:00 Rima Zidni Karimatan Nisak rimazidni@polmain.ac.id Nasrul Ilminnafik Nasrul1@gmail.com Setyo Pambudi setyo1@gmail.com Dani Hari Tunggal Prasetiyo dani1@gmail.com Yanuar Alditya Nugraha yanuar1@gmail.com <p><em>Biodiesel</em> merupakan <em>biofuel</em> cair yang berpotensi untuk menjadi alternatif subtitusi bahan bakar minyak. Studi eksperimental ini bertujuan untuk memperoleh informasi karakteristik kinerja <em>biodiesel</em> dari biji nyamplung (<em>calophyllum inophyllum</em>) dan <em>ethanol</em> pada mesin <em>diesel</em> satu silinder. Pengujian dilakukan pada mesin <em>diesel</em> empat langkah, satu silinder, dengan sistem udara alami dan dihubungkan dengan generator yang berfungsi sebagai dynamometer. Pengujian dilakukan sebanyak tiga kali pengulangan untuk setiap putaran mesin, yaitu 1500, 1750, 2000, 2250, dan 2500 rpm dengan memberikan beban konstan sebesar 600, 900, 1200, dan 1500 W dalam setiap kenaikkan putaran mesin. Hasil penelitian menginformasikan bahwa penambahan 10% <em>biodiesel</em> (B10) memiliki kinerja mesin terbaik ditunjukkan dengan peningkatan daya efektif, torsi, tekanan efektif rata-rata dan penurunan temperature gas buang, namun kebutuhan konsumsi bahan bakar menjadi lebih tinggi. Hasil ujuk kerja dan temperature gas buang yang lebih baik dari campuran bahan bakar B10 menunjukkan bahwa bahan bakar <em>biodiesel</em> memiliki potensi yang besar sebagai alternatif bahan bakar. Penggunaan <em>biodiesel</em> nyamplung sebagai subtitusi bahan bakar minyak perlu diteliti lebih lanjut agar dapat diterapkan pada sektor industri dan transportasi.</p> 2023-12-22T00:00:00-05:00 Copyright (c) 2023 Majamecha http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamecha/article/view/2939 Analisis Pengaruh Kemiringan Laluan Air Pembangkit Listrik Tenaga Air Mikro Hidro 2023-11-06T22:08:04-05:00 Kevin Hotlambue Hutabarat kevinhutabarat@gmail.com Winfrontstein Naibaho winnaibaho@gmail.com Jhon Sufriadi Purba Jhonsufriadipurba@gmail.com <p>Air merupakan suatu potensi untuk pengembangan energi terbarukan. Seperti PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) yang ada pada saat ini, Salah satu sumber energi alternatif yang dapat dikembangkan adalah turbin air. Analisis pengaruh Variasi Kemiringan Laluan Air Pada Turbin Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hidro (PLTPH) adalah salah satu pembangkit listrik sederhana menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti, aliran irigasi, sungai atau air terjun alam sebagai sumber energi dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan (head) dan jumlah debit air, daya hidrolis dan efesiensi, prinsip pico hidro mirip dengan pembangkit listrik tenaga air pada umumnya hanya saja ukurannya lebih kecil dan pada turbin mempengaruhi besar listrik dan juga bentuk laluan yang mempengaruhi tekanan tersebut. Dalam menganalisis tekanan terhadap sudu turbin pembangkit listrik tenaga air pico-hydro ini bermanfaat untuk mendapat ilmu pengetahuan yang baru mengenai tekanan terhadap sudu turbin, peningkatan ketersediaan energi listrik dari pembangkit listrik tenaga air pico hidro, dan perlindungan lingkungan Dalam Menganalisis Tekanan Terhadap Sudu Turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air Pico-hydro ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi kemiringan sudut 35<sup>o</sup>, 45<sup>o</sup>, 90<sup>o </sup> laluan air pada PLTPH, untuk mengetahui pengaruh debit air terhadap arus air yang diterima oleh sudu turbin. serta untuk mengetahui pengaruh daya hidrolis pada PLTP dan efesiensi laluan. kinerja pemodelan pembangkit listrik tenaga pico hidro sangat dipengaruhi oleh sudut kemiringan karena semakin lurus laluan tersebut maka hambatan semakin kecil dan begitu pula laluan yang semakin bengkok atau derajatnya semakin besar maka hambatannya semakin besar.</p> 2023-12-22T00:00:00-05:00 Copyright (c) 2023 Majamecha http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamecha/article/view/2942 Rancang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hidro 2023-11-06T22:06:06-05:00 Niko Siburian nikosiburian@gmail.com Winfrontstein Naibaho winnaibaho@gmail.com Tambos Sianturi tambossianturi73@gmail.com <p>Pembangkit Listrik Tenaga Air merupakan sumber energi listrik bagi masyarakat yang memberikan banyak keuntungan terutama bagi masyarakat pedalaman di seluruh indonesia. permasalahaan yang berkaitan dengan listrik untuk memberikan hasil yang diperoleh dari Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hidro (PLTPH) sebagai penerang yang bersekala kecil untuk kebutuhan tertentu, antara lain yaitu bagaimana simulasi perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Pico hidro (PLTPH) untuk menghasilkan listrik berskala kecil, serta bagaimana menganalisa Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hidro (PLTPH) untuk menghasilkan energi listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hidro (PLTPH) dirancang untuk menghasilkan energi listrik berskala kecil, dan menganalisa daya listrik yang dihasilkan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hidro (PLTPH) dalam skala kecil. Pembangkit Listrik Tenaga Poco Hidro (PLTPH) adalah istilah yang digunakan untuk instalisi pembangkit listrik yang menggunakan energi air. metode eksperimen digunakan meliputi persiapan dan perancangan Pembagkit Listrik Tenaga Air Pico Hidro (PLTAPH). Daya yang dihasilkan oleh generator pada alat yang di rancang ini sangat di pengaruhi oleh intensitas debit air, di mana hasil maksimum di perloleh ketika keran air dibuka full maka di dapat debit air 1,25 liter per detik Rancangan pembangkit listrik tenaga pico hidro sukses berhasil dan berjalan dengan baik hanya saja arus yang di hasilkan masih sangat kecil dan kurang efisien di gunakan di rumah-rumah penduduk yang kekurangan pencahayaan di karenakan putaran turbin ke poros generator kurang cepat sehingga daya listrik yang dihasilkan sangan rendah.</p> 2023-12-22T00:00:00-05:00 Copyright (c) 2023 Majamecha http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamecha/article/view/2959 Studi Eksperimental Pengaruh Variasi Kecepatan Putar Pompa Terhadap Performa Turbin Pelton 2023-11-20T20:28:41-05:00 Shultoni Mahardika Shultoni1@gmail.com Didik Sugiono didik@uqgresik.ac.id Supardi Supardi supardi1@gmail.com M.Hamdan Farid Farid1@gmail.com <p>Ketersediaan sumber energi seperti minyak bumi, gas alam, dan batubara mengalami kerterbatasan di alam sehingga ada kecenderungan melonjaknya harga sumber energi khususnya energi listrik. Turbin pelton merupakan Salah satu sumber energi alternatif yang dapat dikembangkan karena dapat merubah energi pontensial air menjadi energi kinetik kemudian dari perubahan energi tersebut dapat dimanfaatkan untuk energi mekanik guna menggerakan turbin pelton. Berdasarkan berbagai penelitian yang telah ada sebelumnya, maka penelitian ini melakukan studi ekperimen untuk mengetahui pengaruh performa pada turbin pelton dengan menggunakan inverter sebagai pengaturan kecepatan frekuensi limiter pada input daya pompa air dengan kecepatan speed 100 %, 80 % dan 50 % sehingga mendapatkan variasi debit aliran dengan mengunakan jumlah sudu 24 pada diameter 300 mm. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan menyatakan bahwa variasi debit aliran dengan cara mengontrol kecepatan speed atau frekuensi pada pompa dapat berpengaruhi terhadap performa turbin pelton dengan daya yang dihasilakan antara lain: daya hidrolik sebesar 6,45 watt,daya mekanik 4,37 watt, daya generator 6,02 watt dan efisiensi turbin 67,75 % terletak pada kecepatan speed atau frekuensi maksimal 100 %. </p> 2023-12-22T00:00:00-05:00 Copyright (c) 2023 Majamecha http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamecha/article/view/2963 Kajian Konsumsi Bahan Bakar Motor Penggerak Mesin Pencacah Sabut Kelapa Berdasarkan Variasi Diameter Pulley 2023-11-22T21:25:18-05:00 Ali Hasimi Pane ali.h.pane@gmail.com Rahmadsyah Rahmadsyah madsyah.mt@gmail.com T. Jukdin Saktisahdan tjukdin@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja mesin pencacah sabut kelapa ditinjau dari tingkat konsumsi bahan bakar motor penggerak. Parameter yang digunakan untuk mengetahui laju konsumsi bahan bakar berdasarkan pada diameter pulley terpasang pada mesin pencacah, yaitu: 3, 5 dan 7 inci. Untuk parameter input yaitu: diameter pulley dan putaran motor penggerak adalah 3 inchi dan 3600 rpm, serta berat massa awal sabut kelapa adalah 1 kg. Pengujian dilakukan sebanyak 3 kali untuk setiap diameter pulley berdasarkan parameter input yang telah ditetapkan. Hasil, untuk setiap diameter pulley 3, 5 dan 7 inchi dengan putaran 3600, 2160 dan 1543 rpm laju konsumsi bahan bakarnya adalah 1.6207, 1.6206 dan 1.6205 liter/jam. Dan kapasitas produksi adalah 8,7065, 6, 4,4615 kg/jam. Kesimpulan, pemilihan dan penentuan diameter pulley untuk mesin pencacah akan mempengaruhi hasil laju konsumsi bahan bakar dan kapasitas produksi.</p> 2023-12-22T00:00:00-05:00 Copyright (c) 2023 Majamecha http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamecha/article/view/2977 Analisis Temperatur Karbonisasi Pada Biobriket Cangkang Sawit Dengan Perekat Tepung Jagung 2023-12-01T08:46:58-05:00 Kholiq Deliasgarin Radyantho kholiq.radyantho@lecturer.itk.ac.id Muhammad Iskandar 03191060@student.itk.ac.id Selvia Nur Qolbi 03191075@student.itk.ac.id Devy Setiorini Sa'adiyah devysetiorini@lecturer.itk.ac.id Doddy Suanggana doddy.suanggana@lecturer.itk.ac.id Faisal Manta faisal86@lecturer.itk.ac.id <p>Berdasarkan International Energy Agency (IEA), permintaan energi pada tahun 2030 diproyeksikan meningkat sebesar 45%, dengan rata-rata tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 1,6%. Sekitar 80% kebutuhan energi dunia saat ini dipasok oleh bahan bakar fosil. Oleh karena itu, kebutuhan akan pengembangan sumber energi alternatif merupakan suatu keharusan. Salah satu sumber energi alternatif yang paling banyak digunakan adalah biomassa. Bahan organik seperti <em>biowaste</em> dapat dijadikan Biomassa. Biobriket merupakan salah satu contoh yang dapat dibuat dari bahan limbah seperti cangkang kelapa sawit yang dibuang dari industri kelapa sawit. Pada penelitian ini, karbonisasi dilakukan pada suhu yang berbeda: 700°C, 600°C, dan 500°C selama satu jam, dengan menggunakan tepung maizena sebagai bahan pengikat. Nilai rata-rata tertinggi diperoleh pada suhu karbonisasi 700°C, dengan Nilai Kalor sebesar 6821,09 kal/g, Kadar Air sebesar 4,56%, dan Volatile Matter sebesar 22,73%. Sedangkan nilai rata-rata terendah diperoleh pada suhu karbonisasi 500°C, dengan Nilai Kalor sebesar 6236,25 kal/g, Kadar Air sebesar 5,86%, dan Volatile Matter sebesar 44,26%. Dari penelitian saat ini, dapat disimpulkan bahwa suhu karbonisasi yang lebih tinggi menghasilkan kualitas biobriket yang lebih baik.</p> 2023-12-22T00:00:00-05:00 Copyright (c) 2023 Majamecha http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamecha/article/view/2965 Analisis Pahat LA 485-1 Pada Pembubutan Baja ST41 Terhadap Variasi Kedalaman Pemakanan 2023-12-06T03:15:07-05:00 Faisal Manta faisal86@lecturer.itk.ac.id Andre Amba Matarru andre1@gmail.com Alfah Nazhir alfah1@gmail.com <p>Baja LA 485 merupakan baja paduan dengan sifat khusus yaitu ketahanan terhadap panas dan gesekan. Sifat tersebut dapat ditingkatkan dengan proses perlakuan panas. Maka penggunaan baja LA 485 pada komponen bantalan sebagai bahan pahat mungkin untuk dilakukan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan baja LA 485sebagai pahat bubut terhadap benda kerja ST-41. Variasi kedalaman pemakanan 0,2 mm , 0,5 mm, 0,7 mm, 0,9 mm. digunakan untuk mengetahui tingkat ketahanan pahat. Nilai keausan pahat LA 485-1 dan kekasaran permukaan ST-41 di ukur sebagai data yang dianalisa sebagai unjuk kerja pahat LA 485. Penelitian menggunakan proses bubut dengan parameter kecepatan spindle 300 rpm dan gerak makan 0,1620 mm/rev. Penelitian dimulai dengan membentuk Pahat LA 485 dengan dimensi 15º sudut muka, 80º sudut potong dan 12º sudut geram. Uji kekerasan terhadap pahat LA 485 dilakukan setelah melalui proses perlakuan panas didapatkan nilai 1070 HV. Pembubutan dilakukan dengan menggunakan parameter dan variasi penelitian yang telah ditentukan. Maka Pada penelitian didapatkan bahwa nilai kekasaran permukaan terendah dan tertinggi yaitu mencapai 5.716µm dan 7.1µm masing- masing pada kedalaman pemakanan 0.2 mm dan 0.9 mm. Nilai Nilai keausan pahat terukur terendah dan tertinggi pada kedalaman permukaan 0.2 mm dan 0.9 mm yaitu 0.006gr dan 0.0883gr. Bentuk keausan yang dominan tampak pada pahat LA 485 adalah keausan tepi. Gaya potong yang diberikan pahat LA 485 meningkat seiring kenaikkan kedalaman pemakanan.</p> 2023-12-22T00:00:00-05:00 Copyright (c) 2023 Majamecha http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamecha/article/view/2991 Rancang Bangun Kendaraan Listrik Prototipe Roda 3 Enggang EV ITK 2023-12-05T22:33:37-05:00 Hadhimas Dwi Haryono hadhimas@lecturer.itk.ac.id Kholiq Deliasgarin Radyantho kholiq.radyantho@lecturer.itk.ac.id Eka Yoga Wiratmoko eka1@gmail.com Oky Saputra oky1@gmail.com Ega Febyna Kan ega1@gmail.com Tri Suci Setyandari tri1@gmail.com Adnan Rusdan adnan1@gmail.com Firman Cahyadi firman2@gmail.com M.Hakim Fadhillah hakim3@gmail.com Shah Dzaky Dhiyaulhaq shah12@gmail.com Surya Saputra surya1@gmail.com M. Wahyu Nugroho wahyu1@gmail.com <p>Persediaan bahan bakar sebagai sumber energi yang semakin menipis sementara kebutuhan energi meningkat menyebabkan energi menjadi permasalahan hampir di seluruh negara termasuk Indonesia. Salah satu solusi untuk permasalahan tersebut dengan melakukan riset pengembangan mobil listrik dan mobil hemat energi yang ramah lingkungan. Institut Teknologi Kalimantan (ITK) melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Enggang EV mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) dengan mengembangkan mobil listrik hemat energi kelas prototipe roda 3 yang ramah lingkungan. Desain kendaraan dimulai dari desain body dan sasis dengan bantuan <em>Computer Aided Engineering</em> (CAD), simulasi aerodinamika dan kekuatan sasis, perhitungan gaya-gaya kendaraan, serta uji performa kendaraan. Berdasarkan simulasi didapatkan nilai C<sub>d</sub> enggang proto 3 sebesar 0,16, dan kemampuan sasis untuk menahan tegangan cukup baik dilihat dari nilai tegangan hasil simulasi sebesar 42 Mpa serta nilai keamanan minimum 4,2. Perhitungan mengungkapkan daya motor yang dibutuhkan adalah 192, 47 watt dan torsi sebesar 27,23 Nm. Sehingga dipilih motor listrik BLDC dengan 36 volt dan daya 250 watt. Hasil uji performa menunjukkan nilai akselerasi terbaik 0,96 m/s2 pada jarak 10 meter, nilai deselerasi terbaik pada jarak 20 meter adalah 12,34 m/s2 dan efisiensi rata-rata kendaraan sebesar 4,22 Km/Kwh.</p> 2023-12-22T00:00:00-05:00 Copyright (c) 2023 Majamecha http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamecha/article/view/3024 Analisis Perbandingan Daya Mesin Menggunakan Turbocharger dan Tanpa Menggunakan Turbocharger 2023-12-14T20:15:32-05:00 Achmad Rijanto 2rijanto1970@unim.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan daya mesin pada kendaraan mitsubishi canter FE73 dengan menggunakan turbocharger dan tanpa menggunakan <em>turbocharger</em>. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental. Untuk mengetahui daya mesin diesel, dilakukan pengujian daya dengan putaran mesin mencapai 4000 rpm. Pada 4000 rpm tekanan gas menggunakan turbocharger sebesar 0,30 kg/cm<sup>2</sup>, sedangkan tanpa menggunakan <em>turbocharger </em>tekanan gas sebesar 0,28 kg/cm<sup>2</sup>. Dari hasil penelitian diperoleh, bahwa untuk daya maksimum tertinggi diperoleh pada 3800 rpm, dimana mesin dengan menggunakan turbocharger memiliki daya maksimum sebesar 57,24 kW, sedangkan mesin tanpa turbocharger memiliki daya maksimum sebesar 52,15 kW. Pada putaran mesin maksimum yaitu 4000 rpm, diperoleh daya maksimum untuk mesin dengan turbocharger sebesar 54,56 kW dan mesin tanpa turbocharger sebesar 50,67 kW. Jika dilihat perbandingan dari putaran mesin yang berbeda dapat dikatakan bahwa mesin dengan <em>turbocharger</em> memiliki keunggulan dari sisi keluaran daya maksimum dibandingkan dengan mesin tanpa turbocharger.</p> 2023-12-22T00:00:00-05:00 Copyright (c) 2023 Majamecha http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamecha/article/view/3006 Perbandingan Performa Ban Airless Dengan Ban Pneumatik Pada Skuter Elektrik 2023-12-07T09:53:06-05:00 Chaerul Qalbi AM chaerul.qalbi@lecturer.itk.ac.id Kholiq Deliasgarin Radyantho kholiq.radyantho@lecturer.itk.ac.id Ade Kurniawan ade2@gmail.com Mohammad Nasrullah nas1@gmail.com Sofia Annisa sofi1@gmail.com <p>Kendaraan listrik di Indonesia kini semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Meningkatnya harga bahan bakar minyak dan kebijakan pemerintah yang menggiurkan akan membuat masyarakat perlahan beralih dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik. Dalam menggunakan kendaraan listrik, khususnya roda dua, terdapat berbagai sistem operasional. Masalah pada ban udara, seperti tekanan udara yang tidak memadai atau kebocoran, bisa sangat berbahaya. Untuk menghindari permasalahan tersebut, solusi terbaiknya adalah dengan memanfaatkan Ban Airless. Ban ini memiliki beberapa keunggulan, termasuk tidak pernah kempes dan tidak memerlukan tekanan udara. Namun, Ban Airless memiliki massa yang lebih besar dibandingkan Ban Pneumatik sehingga memerlukan energi yang lebih besar dalam penggunaannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan performa antara model Ban Airless dan Ban Pneumatik pada kendaraan listrik hub motor roda dua. Dapat disimpulkan bahwa kinerja Ban Airless sedikit lebih buruk dibandingkan Ban Pneumatik bertekanan optimal, namun masih lebih baik dibandingkan Ban Pneumatik dengan setengah dari tekanan optimal.</p> 2023-12-22T00:00:00-05:00 Copyright (c) 2023 Majamecha