Tingkat Partisipasi Pemilih Dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Mojokerto 2020

Partisipasi Pemilih Dalam Pemilihan Umum

Penulis

  • Hasan Universitas Islam Majapahit
  • Suprapto Universitas Islam Majapahit
  • Dany Prodi Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.0007/majapahitpolicy.v1i2.1486

Kata Kunci:

Partisipasi Pemilih, Pilkada, Pandemi

Abstrak

Dinamika proses pemungutan suara di masa pandemi covid-19, pada pelaksanaan pilkada di Kabupaten Mojokerto berdampak pada psikologi pemilih. Oleh karena itu sosialisasi kerap dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Proses pemilu yang cukup ketat aturannya di sertai dengan penerapan protokol kesehatan, guna menghindari tingkat kerumunan tinggi, merupakan metode baru yang di terapkan oleh KPUD, tetapi aturan tersebut dapat berpengaruh pada tingkat partisipasi pemilih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa yang mempengaruhi tingginya partisipasi pemilih dalam pemilihan di tengah pandemi. Tujuan penelitian dimaksudkan untuk menetapkan faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya partisipasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoritik partisipasi politik yakni sebagai kegiatan yang dimaksudkan untuk memilih good government baik secara langsung maupun tidak langsung.

Metode penelitian ini menggunakan penelitian campuran termasuk metode studi pustaka dengan mengkaji sumber pustaka dan informasi meliputi artikel ilmiah, buku, laporan penelitian, dan berita yang berkaitan dengan tema relawan politik dan pemilu. Data yang dianalisis bersinggungan dengan partisipasi pemilih dalam pemilu; faktor yang mempengaruhi pemilih pada masa pandemi di pilkada Kabupaten Mojokerto 2020, rekap data secara manual dan rekap data secara online. Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa temuan diantaranya : 1) faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung didominasi melalui penggunaan media sosial KPU dan masing-masing pasangan calon. 2) data jumlah pemilih, pengguna hak pilih termasuk disabilitas, dan perolehan suara pasangan calon menunjukkan: a) perbandingan jumlah pemilih dengan pengguna hak pilih: 78,66%; b) perbandingan jumlah pemilih dengan pengguna hak pilih disabilitas: 41,82%; c) Perbandingan perolehan suara antar calon yakni pasangan 1: 65,2%; b) pasangan 2: 15,4%; dan c) pasangan 3: 19,4%.

Diterbitkan

2021-06-09 — Diperbaharui pada 2022-05-29

Versi

Cara Mengutip

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Majapahit Mojokerto, A. H. A., Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Majapahit Mojokerto, S., & Prodi Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Majapahit, D. M. (2022). Tingkat Partisipasi Pemilih Dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Mojokerto 2020 : Partisipasi Pemilih Dalam Pemilihan Umum. MAJAPAHIT POLICY, 1(2), 8–18. https://doi.org/10.0007/majapahitpolicy.v1i2.1486 (Original work published 9 Juni 2021)

Terbitan

Bagian

Articles