Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  • Teks harus sesuai dengan gaya selingkung jurnal, dan sesuai dengan aturan penulisan yang terdapat pada Panduan Penulisan, pada menu Tentang Jurnal.
  • File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect. (.doc; .docx; .rtf)

Author Guidelines

Naskah yang dikirim ke redaksi jurnal Majatechno adalah naskah yang belum pernah dipublikasikan pada media cetak atau jurnal lain. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Redaksi berhak menyunting naskah tanpa mengurangi isi dari naskah. Isi naskah sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis. Redaksi tidak berkewajiban mengembalikan naskah yang ditolak. Naskah dikirim ke:

Redaksi Jurnal Majatechno

Fakultas Teknik Universitas Islam Majapahit (UNIM) Mojokerto

Jl. Raya Jabon Km 07 Mojokerto Telp. (0321) 399474 Fax (0321) 399474

Penulis mengirim satu eksemplar naskah asli beserta dokumen (file) dalam compact disk (CD) atau soft copy via email: majatechno@unim.ac.id

Naskah ditulis dua kolom dan diketik satu setengah spasi dengan kertas ukuran A4, kecuali penulisan abstrak diketik satu spasi. Minimum 8 halaman dan maksimal 15 halaman. Pengetikan naskah menggunakan font Times New Roman 11 dan margin 3 (kiri) 2.5 (kanan), 3 (atas), dan 2.5 (bawah). Naskah ditulis dengan sistematika sebagai berikut.

  1. Judul maksimum 15 kata diketik dengan huruf kapital, ukuran 14 posisi  tengah dan bisa dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sesuai dengan naskahnya.
  2. Identitas penulis nama lengakap (tanpa gelar), nama instansi/jurusan, alamat lengkap dan email; diketik dengan huruf tegak & normal; ukuran 12; dan posisi tengah.
  3. Abstrak dalam bahasa Indonesia (maksimum 200 kata) diketik dengan ukuran 10; dilengkapi dengan kata kunci maksimum 5 kata.
  4. Pendahuluan berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup penelitian (tanpa judul subbab).
  5. Metode penelitian merupakan penjelasan mengenai metode yang digunakan dalam penelitian.
  6. Hasil dan Pembahasan merupakan inti dari hasil penelitian. Bagian ini meliputi deskripsi data dan analisis hasil penelitian serta interpretasi penulis terhadap hasil dan analisis penelitian. Hasil analisis penelitian dikomparasikan dengan penelitian yang relevan guna mengetahui keberlanjutan penelitian. Pembahasan dilakukan secara mendalam dengan menggunakan acuan teori.
  7. Penutup dalam naskah jurnal yang meliputi simpulan dan saran.
  8. Penulisan rujukan atau referensi ditulis dalam bentuk in note (catatan dalam) dengan format (nama belakang penulis, angka tahun: nomor halaman). Daftar pustaka mengacu pada format sebagai berikut.
  9. Penulis. Tahun. Judul Buku. Tempat terbit: penerbit. (Buku).
  10. Penulis. Tahun. Judul Artikel Jurnal. Nama Jurnal Volume Nomor Edisi Tahun dan halaman. (Jurnal).
  11. Penulis. Tahun. Judul. Skripsi/ Tesis/ Disertasi pada lembaga perguruan tinggi. (Skripsi/Tesis/Disertasi).
  12. Penulis. Tahun. Judul Makalah. Makalah yang disampaikan pada seminar. Penyelenggara, tempat, tanggal. (Makalah Seminar).
  13. Penulis. Tahun. Judul Artikel. Nama Surat Kabar, tanggal. (Surat Kabar).
  14. Penulis. Tahun. Judul Karangan. Nama website. Tanggal diakses. (Internet).
  15. Panduan penulisan klik di sini