ANALISIS BIAYA KONSTRUKSI JALAN BETON DAN JALAN ASPAL DENGAN METODE BINA MARGA DAN AASHTO 1993 SELAMA UMUR RENCANA 20 TAHUN STA. 0+000 - STA 5+000

Authors

  • Wuwuh Asrining Puri

Abstract

Analisa biaya ekonomis sistem perkerasan jalan  kaku  dengan perkerasan jalan  lentur ( ATB ) ditinjau dari umur rencana 20 tahun, (Study kasus pada jalan Tol Mojokerto – Kertosono). berangkat dari sebuah kajian untuk lebih meminimalisasikan anggaran biaya untuk penggunaan  struktur perkerasan jalan, dimana selama ini penggunaan jalan perkerasan lentur ATB lebih dominan digunakan dibandingkan dengan perkerasan kaku yang menggunakan beton bertulang, sedangkan kajian tentang efesiensi penggunaan biaya dari kedua struktur perkerasan jalan tersebut masih kurang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain dari masing - masing  tipe perkerasan jalan baik perkerasan kaku maupun perkerasan lentur, serta  biaya yang dibutuhkan untuk jenis perkerasan kaku maupun perkerasan lentur dan untuk mengetahui perbandunan biaya antara konstruksi perekerasan kaku dengan  perkerasan lentur. Perencanaan tebal perkerasan menggunakan analisis komponendari metode Bina Marga untuk lapis pondasi agregat serta ketebalan perkerasan lentur dan perkerasan kakudigunakan metode AASHTO  1993 untuk menentukan ketebalan dan tulangan dari konstruksi jalan beton tersebut.
Data yang digunakan adalah rincian volume pekerjaan, daftar harga satuan, analisa harga satuan, analisa alat berat dan gambar pekerjaan. dari hasil  analisis tebal perkerasan  baik perekerasan lentur dengan menggunakan metode Bina Marga dan perkerasan kaku dengan menggunkan  metode AASHTO 1993  menghasilkan tebal perkerasan untuk perkerasan lentur (ATB ) LPA tebal 20 cmdan Asphal Concrete tebal 5 cm, sedangkan untuk perkerasan kaku LPB tebal 30 cm, Beton Bo 10 cm dan perkerasan beton kaku tebal 20 cm dan biaya  untuk Perkerasan Lentur membutuhkan biaya sebesar Rp. 78.739.070.829,65 dan Perkerasan Kaku membutuhkan biaya sebesar Rp. 73.489.752.324,39 dengan pengehematan biaya sebesar Rp. 5.249.318.505,26 terhadap biaya perkerasan lentur yang ditinjau dengan  umur rencana 20 tahun.

Author Biography

Wuwuh Asrining Puri

Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Islam Majapahit

Downloads

Published

2017-12-25

Issue

Section

Articles