IMAGE MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN KOPERASI SIMPAN PINJAM / UNIT SIMPAN PINJAM DI JAWA TIMUR
Keywords:
Value Variable, members of group and family economic independenceAbstract
Sebagian besar masyarakat kita masih memiliki wacana dan pandangan sama terhadap usaha – usaha yang dilakukan oleh KSP / USP dalam hal peningkatan dan kemandirian ekonomi keluarga. Dimana keempat variable bebas tersebut memiiki pengaruh yang signifikan terhadap keberadaan KSP/USP. Keempat variabel yang dimaksud tersebut antara lain personality, reputation, value dan corporate identity. Total pengaruh keempat variable tersebut sebesar 23,7 persen sedangkan variael yang memiliki pengaruh dominan terhadap usaha – usaha yang dilakukan oleh KSP / USP dalam hal peningkatan peningkatan dan kemandirian ekonomi keluarga adalah variabel value dengan nilai yaitu sebesar 27,5 persen. Sehingga rekomendasi dari kajian ini adalah agar dimasa yang datang melalui Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Provinsi agar lebih memperhatikan masalah – masalah yang memiliki nilai – nilai tambah bagi anggota dan masyarakat lain secara langsung. Seperti pembuatan laporan keuangan, pembenahan system akuntansi dan lain – lain. Dan rekomendasi kedua adalah Pemerintah Provinsi Jaw Timur melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan MenengahProvinsi untuk lebih memperhatikan masalah – masalah koperasi tertama kelompok – kelompok anggota yang memiliki kemampuan daya saing.