KINERJA THERMAL HEAT PIPE DENGAN VARIASI PANJANG ADIABATIK

Authors

  • Arif Rochman Fachrudin Dosen

Keywords:

heat pipe, pipa kalor, adiabatik, heat exchanger, kondensor

Abstract

Heat pipe merupakan alat penukar panas yang berupa pipa dengan dinding wick, terdiri dari 3 bagian utama yaitu : evaporator, adiabatik dan kondensor. Bagian evaporator merupakan bagian yang menerima panas dan menyerapnya untuk di bawa kebagian kondensor, yaitu bagian yang melepas panas ke lingkungan. Diantara evaporator dan kondensor ada bagian yang memisahkan,yaitu bagian adiabatik sebagai bagian yang terisolasi sehingga tidak ada pertukaran temperatur dengan lingkungan. Didalam pipa itu terdapat fluida kerja yang berfungsi membawa panas dari evaporator dan melepaskannya di kondensor.
Dalam penelitian ini, heat pipe dibuat dari tembaga dengan diameter 12,7 mm dan panjang 500 mm dengan panjang kondensor 195 mm. Daerah evaporator sebagai sisi yang dikenai sumber panas, bagian adiabatik diisolasi sehingga tidak ada pertukaran panas dengan lingkungan dan daerah kondensor dipasang heat sink yang bertujuan untuk membuang panas dari heat pipe ke lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan memvariasi panjang bagian adiabatik untuk mendapatkan kinerja thermal yang optimal.. Variasi Panjang bagian adiabatik yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosentase dari panjang adiabatik terhadap bagian bagian kondensor, yaitu 25%, 50%, 75%, 100%,125%, 150% 200%. Data yang diperlukan adalah temperatur pada evaporator (Te), temperatur bagian kondensor (Tk1, Tk2,Tk3) dan temperature udara (Tu).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Tahanan thermal paling kecil pada saat panjang bagian adiabatik sama dengan panjang kondensor (perbandingan panjang 100% panjang evaporator).Pada panjang adiabatik yang sama, semakin tinggi temperatur, maka semakin besar fluks kalor dan daya output. Proses pada eksperimen ini daya output terbesar dan kapasitas terbesar terjadi pada panjang adiabatik sama dengan panjang kondensor (100%) dan pada temperatur tertinggi (120%).

Author Biography

Arif Rochman Fachrudin, Dosen

Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang

Downloads

Published

2017-12-26

Issue

Section

Articles