RANCANG BANGUN APLIKASI KRIPTOGRAFI DENGAN METODE ENKRIPSI FILE MENGGUNAKAN GABUNGAN ALGORITMA DES DAN CAESAR CHIPER UNTUK KEAMANAN DOKUMEN

  • Khoirun Nisa
  • Mimin Fatchyatur Rohmah
  • Sugianto Sugianto

Abstract

Keamanan dan kerahasiaan saat melakukan pertukaran data dan informasi menjadi hal yang penting pada era teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Salah satu teknik pengamanan yang bisa dipelajari dan dikembangkan adalah kriptografi. Seiring dengan perkembangan teknologi, metode yang digunakan juga terus berkembang, seperti penggunaan Komputer sebagai sarana penyimpanan dan pengiriman data, informasi, dan dokumen yang penting dan rahasia sering dapat dengan mudah diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Keamanan dan kerahasian data pada jaringan komputer saat ini menjadi isu yang sangat penting dan terus berkembang. Pada tugas akhir ini membuat aplikasi dengan menggabungkan metode Aplikasi Kriptografi dengan MetodeEnkripsiFilemenggunakan Gabungan Algoritma Des Dan Caesar Chiper Untuk Keamanan Dokumen yang akan menghasilkan data yang lebih aman. Pada hasil uji coba dari aplikasi yang dihasilkan, aplikasi dapat mengenkripsi semua file dokumen, audio, video dan citra.Dan hasil yang didapat pada faktor penentu berhasil atau gagalnya enkripsi ternyata tidak tergantung dari format file melainkan dari ukuran file, semua ukuran file bisa kecuali GB. yaitu pada ukuran file yang besar dari ukuran file 2,32 GB.

Author Biographies

Khoirun Nisa

Program StudiTeknik Informatika, Universitas Islam Majapahit

Mimin Fatchyatur Rohmah

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Islam Majapahit

Sugianto Sugianto

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Islam Majapahit

Published
2017-12-27
How to Cite
NISA, Khoirun; ROHMAH, Mimin Fatchyatur; SUGIANTO, Sugianto. RANCANG BANGUN APLIKASI KRIPTOGRAFI DENGAN METODE ENKRIPSI FILE MENGGUNAKAN GABUNGAN ALGORITMA DES DAN CAESAR CHIPER UNTUK KEAMANAN DOKUMEN. MAJAPAHIT TECHNO: Jurnal Ilmiah dan Teknologi, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 33-40, dec. 2017. ISSN 2087-9210. Available at: <http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majatechno/article/view/43>. Date accessed: 27 mar. 2019.
Section
Articles