PEMEROLEHAN BAHASA ANAK TUNARUNGU (STUDI KASUS PADA ANAK BERNAMA BULAN)

Authors

  • Slovingka Rizkya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Fadlillah Wahyudi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemerolehan bahasa di bidang fonologi, sintaksis, dan semantik pada anak tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan studi kasus dengan subjek penelitian adalah Mutiara Bulan Azzahra. Subjek penelitian memiliki taraf pendengaran 110 dB dan termasuk kategori tuli total. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pada bidang fonologis, anak tunarungu bernama Bulan hanya bisa melafalkan bunyi-bunyi fonem pada area bibir bawah dan atas atau artikulasi bilabial. Pada bidang sintaksis, anak tunarungu telah mampu mengikuti tuturan kalimat dari gurunya menggunakan bahasa isyarat dan membuat kalimat-kalimat sederhana. Pada tataran semantik, anak tunarungu hanya bisa menyalin sebuah kata namun masih belum bisa memahami makna dari kata tersebut.

Key Words: Deaf Children, Language Acquisition

Downloads

Published

2020-12-28