PAWITRA KOMUNIKA : Jurnal Komunikasi dan Sosial Humaniora http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/pawitrakomunika <p><strong>PAWITRA KOMUNIKA: Jurnal Komunikasi dan Sosial Humaniora</strong>&nbsp;adalah jurnal yang diterbitkan oleh program studi ilmu komunikasi Universitas Islam Majapahit secara periodik pada bulan Juni dan Desember. <strong>PAWITRA KOMUNIKA: Jurnal Komunikasi dan Sosial Humaniora</strong> memuat tulisan hasil penelitian, tinjauan teoritik/konseptual, serta&nbsp;kajian kritis menyangkut fenomena komunikasi&nbsp;dalam dunia jurnalistik, hubungan masyarakat,&nbsp;<em>Coorporate Social responsibility (CSR),</em>&nbsp;media massa konvensional, media baru dan sosial humaniora. Tujuan penerbitan&nbsp;<strong>PAWITRA KOMUNIKA: Jurnal Komunikasi dan Sosial Humaniora</strong>&nbsp;antara lain untuk memasyarakatkan ilmu komunikasi dan bagi kepentingan pembangunan bangsa. Sasaran penyebarannya ditujukan kepada akademisi, para peneliti, litkayasa, para praktisi bidang komunikasi, bidang sosial humaniora dan masyarakat umum.</p> en-US matsnaalmuna@gmail.com (Masnia Ningsih) tututsinggihsugiantoro@gmail.com (Tutut Singgih Sugiantoro) Fri, 24 Jun 2022 15:43:02 -0400 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 THE EFFECT OF FAMILY COMMUNICATION INTENSITY ON CHILDREN'S LEARNING ACHIEVEMENT IN SUB-URBAN SCHOOL YOGYAKARTA http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/pawitrakomunika/article/view/1906 <p>Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel bebas yaitu intensitas komunikasi keluarga dan variabel terikat adalah prestasi belajar di sekolah. Jenis atau tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatif yang berusaha untuk menjelaskan sebab akibat, mencari korelasi antara variabel (X) komunikasi komunikasi keluarga dan variabel (Y) prestasi belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh intensitas komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar anak di sekolah suburban Yogyakarta. Adapun penelitian ini dilakukan di seluruh Sekolah Menengah Atas Negeri yang berada pada wilayah suburban di Kabupaten Bantul, yaitu SMAN 1 Kasihan, SMAN 1 Pajangan, SMAN 1 Bambanglipuro, SMAN 1 Sewon dan SMAN 1 Jetis dengan teknik <em>simple random sampling</em> sejumlah 180 responden. Hasil uji korelasi determinan variabel intensitas komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar anak adalah 47,06%, sedangkan sisanya 52,94% adalah sumbangan dari variabel lain di luar variabel intensitas komunikasi keluarga. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas komunikasi keluarga dengan prestasi belajar anak di sekolah suburban Yogyakarta, yaitu sebesar 0,686 dengan taraf signifikansi sebesar 1% (0,01) yang berarti dalam area yang kuat. Artinya semakin tinggi intenstas komunikasi keluarga maka semakin tinggi pula prestasi belajar anak. Hasil uji t didapatkan nilai t hitung sebesar 11,477 dengan hasil signifikan 0,000. Hasil nilai signifikansi tersebut menunjukkan bahwasannya hasil uji parsial atau uji t lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa intensitas komunikasi keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar anak di sekolah suburban Yogyakarta.</p> Afrinaldo Wimpi Saputra, Mufid Salim Copyright (c) 2022 PAWITRA KOMUNIKA : Jurnal Komunikasi dan Sosial Humaniora http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/pawitrakomunika/article/view/1906 Fri, 24 Jun 2022 00:00:00 -0400