Analisis Prosedur Administrasi Perjalanan Dinas Pada PT Arta Boga Cemerlang OT Kanwil Makassar

Authors

  • Elviyanti Toding Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • Desi Sulo Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • Maiercherinra Daud Universitas Kristen Indonesia Paulus

DOI:

https://doi.org/10.36815/prive.v6i1.2568

Keywords:

Prosedur, Keuangan, Perjalanan Dinas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis prosedur administrasi perjalanan dinas pada PT Arta Boga Cemerlang OT Kanwil Makassar secara baik, efisien, dan efektif serta bertanggung jawab. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode analisa data deskriptif kualitatif dimana data yang diperoleh lalu dianalisa berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dengan teknik pengumpulan data, memilah data dan menganalisis data. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa prosedur dalam pelaksanaan perencanaan perjalanan dinas sudah sesuai dengan peraturan yang ada, namun masih belum efektif dan efisien. Dan karena pembuatan dokumen perjalanan dinas masih manual belum menggunakan sistem informasi seperti aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan, serta adanya laporan pejalanan dinas yang masih tertumpuk dengan laporan lain yang dapat merepotkan staf keuangan ketika hendak melihat laporan yang dibutuhkan sewaktu-waktu. Dalam pelaksanaan proses administrasi perjalanan dinas, staf pelaksana unit kerja Penggajian dan Pengelolaan Alih Daya Departemen Pengelolaan Sumber Daya Manusia sering kali menemukan atau mengalami masalah yang dapat menghambat kinerja staf tersebut. Pada  proses administrasi perjalanan dinas sering kali ditemukan masalah-maslah pada nota perjalanan dinas yang tidak sesuai dengan format untuk mengklaim biaya PJD dan sering juga terjadi over budget pada biaya PJDnya.

References

Beddu, M., & Fadjriyah, S. (2022). Prosedur Perjalanan Dinas Karyawan Pada PT. Astra Internasional Tbk-Honda. Jurnal Ilmiah Manajemen & Kewirausahaan, 9(1), 11–17.

Fauzi, D. D. dan K. N. (2013). Sistem informasi manajemen.

Lisa, P. (2018). Prosedur Impor Bahan Baku Pada PT. Hanil Indonesia di Boyolali.

Maharani, M. F. (2010). PA: Peranan Sekretaris Divisi Quality Assurance pada Kantor Pusat PT PAL Indonesia (Persero) di Surabaya. Universitas Dinamika.

Sedianingsih. (2017). Teori & Praktik Administrasi Kesekretariatan. Prenada Media.

Sedianingsih, S. E., Mustikawati, E. F., & Soetanto, N. P. (2014). Teori dan Praktik Administrasi Kesekretariatan. Prenada Media.

Sukmadian, C. (2017). Prosedur Pengajuan Klim Dana Pensiun Pada Pt.Taspen (Persero) Kantor Cabang Purwokerto. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 6–14.

Wati, N. L., & Selfiana. (2016). Menangani Perjalanan Dinas Dalam Negeri Pimpinan Branch Human Resource Manager PT Indofood Consumer Branded Product Sukses Makmur Tbk - Cibitung. Jurnal Administrasi Kantor, 4(1), (153-171).

Widodo, E. (2013). Kinerja Organisasi Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalimantan Barat. PublikA Jurnal Ilmu Administrasi Negara (e-Journal), 2(3).

Widowati, I., & Purwanto, D. (2019). Analisa Proses Administrasi Perjalanan Dinas Karyawan PT. XYZ Menggunakan Metode Why-Why Analysis. Jurnal Teknologika, 9(1).

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Toding, E., Sulo, D., & Daud, M. . (2023). Analisis Prosedur Administrasi Perjalanan Dinas Pada PT Arta Boga Cemerlang OT Kanwil Makassar. PRIVE: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 6(1), 11–17. https://doi.org/10.36815/prive.v6i1.2568

Issue

Section

Articles