Dampak Return On Asset Sebagai Moderasi Dengan Keputusan Investasi dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan

Authors

  • Civi Erikawati Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Sukma Amayliana Rachmawati Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
  • Mahfud Nugroho Universitas Selamat Sri

DOI:

https://doi.org/10.36815/prive.v6i2.2835

Keywords:

keputusan investasi, keputusan pendanaan, nilai perusahaan, rasio profitabilitas

Abstract

Tujuan dari seseorang mendirikan perusahaan adalah untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Tujuan perusahaan ada yang dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tujuan jangka pendek nya adalah perusahaan memperoleh laba, sedangkan tujuan jangka panjang nya adalah untuk memakmurkan perusahaan dan meningkatkan nilai perusahaan yang dapat dilihat dari harga saham nya. Nilai perusahaan dapat dioptimalkan melalui fungsi keuangan, dimana seorang manajer harus membuat keputusan keuangan agar kegiatan operasional perusahaan tetap bisa berjalan dengan baik. Keputusan Investasi dan Keputusan pendanaan menjadi factor yang sangat penting dalam menjalankan roda perusahaan. Besaran investasi yang akan dibiayai oleh perusahaan akan mempengaruhi dana yang harus di sediakan untuk mendanai kegiatan perusahaan tersebut. Apabila keputusan investasi dan keputusan pendanaan dapat dilaksanakan dengan baik, maka nilai perusahaan pun dapat di capai dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keputusan investasi dan keputusan pendanaan terhadap nilai perusahaan dengan rasio profitabilitas sebagai variable moderasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari laporan perusahaan dengan sector food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesai tahun 2019-2021. Dengan menggunakan purposive sampling, metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis regresi termoderasi (MRA) sesuai dengan variable yang akan digunakan. Luaran yang di targetkan dalam penelitian ini adalah jurnal nasional sinta 5.

References

Husain, F. (2023). YUME?: Journal of Management Peran Mediasi Keputusan Pendanaan Pada Peran Struktur Aktiva Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Idx-80. 6(1), 389–399.

Izzah, V. N., Hapsari, I., Dirgantari, N., & Hartikasari, A. I. (2023). The Effect of Profitability and Company Size on Firm Value with Capital Structure as a Moderating Variable ( Empirical Study of the Industrial Sector Listed on the IDX for the 2019-2021 Period ) Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai. 2(1), 25–42.

Profitabilitas, P., Aktivitas, D. A. N., & Nilai, T. (n.d.). Corresponding author: 10(1), 1–13.

Putu, L., Sartini, N., Bagus, I., & Purbawangsa, A. (2012). PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA. 81–91.

Rahayu, F. P., Wahyuni, S., Pramono, H., & Inayati, N. I. (2023). The Influence of Profitability , Firm Size , and Capital Structure on Firm Value with Managerial Ownership as Moderation Variables ( Empirical Study of Basic Material Sector Companies on the IDX. 2(1), 157–174.

Sari, N. R. (2018). PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GCG SEBAGAI VARIABEL MODERATING Wahidahwati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Syamsudin, S., Setiadi, I., Santoso, D., & Setiany, E. (2020). Capital Structure and Investment Decisions on Firm Value with Profitability as a Moderator. Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 5(3), 287–295. http://journals.ums.ac.id/index.php/reaksi/index

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Erikawati, C., Rachmawati, S. A. ., & Nugroho, M. . (2023). Dampak Return On Asset Sebagai Moderasi Dengan Keputusan Investasi dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan. PRIVE: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 6(2), 96–105. https://doi.org/10.36815/prive.v6i2.2835

Issue

Section

Articles