Implementasi Pengukuran Kinerja Pada Pemerintah Kabupaten Jombang dengan Menggunakan Metode Balance Scorecard

Authors

  • Yuliasnita Verlandes Verlandes universitas islam majapahit
  • Suspa Hariati Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Keywords:

Pengukuran Kinerja, Balance Scorecard, Pemerintah Daerah

Abstract

Balance Scorecard telah diaplikasikan untuk penyelesaian kelemahan yang telah ada sebelumnya. Awal diterapkannya balance scorecard hanya digunakan pada organisasi profit oriented saja, tetapi saat ini banyak organisasi nirlaba yang juga menggunakan balance scorecard sebagai salah satu instrumen di dalam strategi mereka. Balance scorecard mampu mengkaitkan setiap prespektif yang ada di dalamnya. Tujuan utama dari organisasi sektor publik ialah kepuasan masyarakat sebagai pelanggan mereka, sehingga untuk mengetahui ekspektasi atau harapan yang diinginkan masyarakat serta untuk mengetahui cara para pegawai pemerintah dalam memenuhi harapan masyarakat serta untuk mengetahui ekspektasi atau harapan yang diinginkan masyarakat serta untuk mengetahui cara para pegawai pemerintah dalam memenuhi harapan masyarakat tersebut dibutuhkan metode strategi dan pengukuran balance scorecard sebagai jawabannya. Salah satu contohnya adalah Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jombang, dimana dalam pengukuran kinerja belum menggunakan metode balance scorecard. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi pengukuran kinerja dengan menggunakan balance scorecard pada Pemerintah Daerah Kabupaten Jombaang. Jenis penelitian ini adalah penelitian mix method. Hasil dari penelitian adalah mengukur kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang yang akan disimpulkan dalam tiga indikator yaitu berhasil, cukup berhasil, dan kurang berhasil.

References

Anthony A. Atkinson, Robert S. Kaplan & friends. 2012. Management Accounting:Information for Decision Making and Strategy Execution. Harlow: Pearson Education Limited.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jombang. 2015. Pemerintah Kabupaten Jombang

BPKP. 2000. Pengukuran Kinerja Suatu Tujuan pada Instansi Pemerintah. Jombang: BPKP

Koesomowidjojo, Suci R.M. 2017. Balance Scorecard. Jakarta:Raih Asa Sukses

Nugroho, Riant. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono & Eri Wibowo. 2004. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Ulum, Ihyaul. 2009. Audit Sektor Publik: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara
Khumaedi, M, Sunyoto dan Burhan, M . 2010. Program Keahlian pada Sekolah Menengah Kejuruan dan Kesesuaiannya dengan Kebutuhan Tenaga Kerja di Kabupaten Semarang. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin (PTM). Volume 11, No.1.

Downloads

Additional Files

Published

2019-09-30

How to Cite

Verlandes, Y. V., & Hariati, S. (2019). Implementasi Pengukuran Kinerja Pada Pemerintah Kabupaten Jombang dengan Menggunakan Metode Balance Scorecard. PRIVE: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 112–128. Retrieved from http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/prive/article/view/480

Issue

Section

Articles