Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • hari setiono universitas Islam Majapahit
  • Marisha Khanida universitas Islam Majapahit
  • Tatas Ridho Nugroho universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/prive.v3i1.770

Keywords:

ukuran perusahaan, opini audit, profitabilitas, timelines

Abstract

Perusahaan menganggap penting pelaporan keuangan bagi pemakai utama yaitu investor dan kreditor. Dalam pelaporan keuangan ada peraturan yang mengaturnya agar tepat waktu. Ketepatan waktu akan memberikan dampak penting pada pengambilan keputusan pengguna laporan keuangan. Namun banyak dijumpai perusahaan dalam penyampaian pelaporan keuangan mengalami keterlambatan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari variabel (x) diantaranya : Kepemilikan Publik, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Opini Audit terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan (Y). Metode penelitian ini adalah  statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan yaitu data sekunder. Pengujian hipotesis yang digunakan yaitu regresi logistik biner. Variabel terikatnya berupa dummy yaitu terdiri dari kategori 0 dan 1 . Penelitian menunjukkan variabel opini audit dan kepemilikan publik signifikan sangatlah berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan, namun profitabilitas dan  ukuran perusahaan secara signifikan  tidak mempengaruhi terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan.

References

Belkaoui, Ahmed Riahi. “Accounting Theory” 5th Edition, Jakarta: Salemba Empat, 2007.

Dyer, J.d and A.J. McGough. “The Timeliness of The Australian Annual Report”. Journal of Accounting Research. Autumn, 1975 pp204- 219, 1975.

Halim, Abdul. “Auditing: Dasar-Dasar Audit Laporan Keuangan” Edisi IV, Jilid 1, Jakarta: UPP STIM YKPN, 2008.

Ikatan Akuntan Publik Indonesia. “Standar Profesional Akuntan Publik”, Jakarta: Salemba Empat, 2011

Jensen, Michael C. dan William H. Meckling. “Theory Of Firm: Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure, Journal Of Financial Economic, October, 1976 V.3, No.4, pp. 305- 360. 1976.

Kasmir. “Analisis Laporan Keuangan”, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2012

Latif, Syahid. “Terlambat Serahkan Laporan Keuangan 2012, Dua Emiten Lapor BEI”, http://www.liputan6.com, Diakses 1 juni 2013, 2013.

Listiana, Lisa dan Tri Pujadi Susilo. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Reporting Lag Perusahaan”. Media Riset Akuntansi, Vol.2 No. 1, 2012.

Downloads

Published

2020-07-30

How to Cite

setiono, hari, Khanida, M., & Nugroho, T. R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. PRIVE: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 59–65. https://doi.org/10.36815/prive.v3i1.770

Issue

Section

Articles