Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus Kantor Desa Kedunguneng)

Authors

  • Vidia Andini Universitas Islam Majapahit
  • Mimin Fatchiyatur Rohmah Universitas Islam Majapahit
  • Fajar Indra Kurniawan Universitas Islam Majapahit

Keywords:

sistem pendukung keputusan, bantuan pangan non tunai, analytical hierarchy process (AHP)

Abstract

Masyarakat miskin selalu menjadi perhatian pemerintah pusat maupun daerah. Salah satu bantuan yang dikeluarkan pemerintah untuk mengentas angka kemiskinan adalah Bantuan Pangan Non Tunai atau disingkat BPNT. Namun sering terjadi kurang tepat sasaran di dalam proses seleksi calon penerima bantuan tersebut. Oleh
karena itu, perlu adanya sistem pendukung keputusan agar penentuan penerima BPNT bisa objektif karena dilakukan dengan perhitungan yang terkomputerisasi. Akan tetapi sistem ini hanya sebatas menyeleksi kelayakan calon penerima BPNT. Untuk penentuan penerimaan dilakukan oleh Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan pihak desa dalam mengambil keputusan secara objektif dan tepat sasaran. Perancangan aplikasi sistem pendukung keputusan ini menggunakan diagram konteks, DFDsebagai pemodelan databasenya. Sistem ini juga menggunakan bahasa ASP.NET dan MySQL sebagai implementasinya serta Analytical Hierarchy Process sebagai metode dari sistem pendukung keputusan ini. Tahapan penelitian dilakukan dengan 3 proses yaitu Observasi, Wawancara dan Studi Pustaka. Pada implementasi sistem diharapkan dapat membantu pihak desa dalam proses seleksi calon penerima BPNT.

Downloads

Published

2021-06-23

Issue

Section

Articles