Rancang Bangun Sistem Monitoring Presensi Siswa Berbasis Android dengan Input Finger Print Secara Real Time (Studi Kasus di SMA Negeri Mojoagung)

Authors

  • Adi Amin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Keywords:

monitoring, siswa, finger print, presensi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancang bangun sistem monitoring presensi siswa berbasis android dengan input finger print dengan studi kasus yang dilaksanakan di SMA Negeri Mojoaagung. Rancang bangun sistem tersebut diharapkan memudahkan pemantauan kehadiran siswa baik disekolah maupun seluruh wali murid. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang sudah ada dari penelitian sebelumnya. Sebagai contoh di SMA Negeri 9 Manado, sudah dilaksanakan penelitian tentang absensi mesin sidik jari, namun masih menggunakan cara yang konvensional. Rancangan sistem yang dikembangkan berdasarkan penelitian awal adalah menggunakan smartphone. Alasan utamanya adalah sudah maraknya penggunaan smartphone yang menggunakan sistem operasi android. Dari rancangan aplikasi yang penulis teliti, hasil menunjukkan bahwa pada uji coba lapangan utamanya dari sistem pemantauan kehadiran siswa berbasis android termasuk dalam kategori baik. Setelah dilakukan revisi, rancangan aplikasi ini mengalami peningkatan kinerja sistem. Dengan demikian, rancang bangun sistem
monitoring presensi siswa berbasis android dengan input finger print secara real time ini layak untuk diaplikasikan di SMA Negeri Mojoagung.

Downloads

Published

2021-06-23

Issue

Section

Articles