Pengacakan Soal pada Sistem Computer Based Test (CBT) dengan Metode Linear Congruential Generator (LCG) di SMA Negeri Jogoroto

Authors

  • Achmad Fanani Universitas Hasyim Asy'ari

Keywords:

Computer Based Test (CBT), Sistem Pengacakan Soal, Linear Congruential Generator (LCG)

Abstract

Bentuk pelaksanaan ujian siswa di sekolah banyak menggunakan Paper Based Test (PBT), namun seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, pelaksanaan ujian siswa kini dengan menggunakan Computer Based Test (CBT). Namun Pelaksanaan ujian model PBT dan CBT mempunyai permasalahan yang
sama dan sering terjadi, salah satunya adalah kecurangan siswa dalam mengerjakan soal ujian dalam pelaksanaanya. Kecurangan yang dilakukan siswa dalam ujian adalah contek mencontek dikarenakan adanya soal dengan urutan yang sama antar siswa. Dalam penelitian ini akan digunakan metode Linear Congruential Generator (LCG) sebagai metode yang mampu mengatasi permasalahan pada ujian PBT dan CBT. Metode LCG adalah metode yang digunakan untuk membangkitkan bilangan acak dengan distribusi uniform. Bilangan acak adalah sebuah bilangan yang dihasilkan dari sebuah proses, yang keluarannya tidak dapat diprediksi dan secara berurutan tidak bisa dihasilkan bilangan yang sama. Langkah - langkah metode LCG ini adalah dengan menentukan parameter awal yang dijadikan sebagai patokan untuk dilakukan pengacakan sehingga dapat menghasilkan suatu deret bilangan yang acak, penentuan parameter awal yang dijadikan sebagai patokan meliputi penentuan nilai sebagai faktor pengali, nilai sebagai faktor penambah, nilai sebagai modulus dan nilai sebagai nilai awalan atau seed. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem CBT dengan inputan soal ujian dari bank soal sekolah yang akan diacak dengan metode LCG dan menghasilkan soal ujian yang acak pada setiap siswa.

Downloads

Published

2021-06-23

How to Cite

Fanani, A. (2021). Pengacakan Soal pada Sistem Computer Based Test (CBT) dengan Metode Linear Congruential Generator (LCG) di SMA Negeri Jogoroto. SUBMIT: Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Dan Sains, 1(1), 50–56. Retrieved from http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/submit/article/view/1203

Issue

Section

Articles