Aplikasi Pelayanan Jasa Konstruksi Berbasis Android dan Website Menggunakan Metode Prototype

Authors

  • Deni Tri Muslimin Universitas Budi Luhur
  • Dicky Herlambang Universitas Budi Luhur
  • Anita Ratnasari Universitas Mercubuana
  • Grace Gata Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.36815/submit.v2i2.1870

Keywords:

Android, Pelayanan Jasa, Prototype, Konstruksi, Website

Abstract

Penerapan teknologi informasi pada saat ini sudah sangat berkembang, dan sangat berpengaruh dalam meningkatkan pelayanan jasa atau kinerja dari suatu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pelayanan jasa konstruksi berbasis android dimana pengguna dapat mempermudah melakukan pemesanan jasa, melihat status kontrak pekerjaan dan melakukan pembayaran secara online, serta website yang berguna sebagai media promosi bagi perusahaan. Penulis merancang aplikasi ini dengan metode prototype dan menggunakan bahasa pemrograman Java untuk aplikasi android serta PHP dan database MySQLi untuk website, sehingga menghasilkan aplikasi yang dapat membantu kinerja dari perusahan pelayanan jasa. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pelayanan jasa dan diharapkan dapat membantu meningkatkan layanan jasa.

References

DENNIS, ALAN, BARBARA HALEY WIXOM, AND DAVID TEGARDEN. 2015. System Analysis and Design: An Object-Oriented Approach with UML, 5th Ed. Vol. 53.

IQBAL, MUHAMMAD, AND HUSIN. 2017. “Analisis Perbandingan Kualitas Dan Fasilitas Web Konsultasi Kesehatan Dengan Pendekatan Pieces Framework.” Jurnal Mikrotik 7(2).

NADZARIANY, NI’MAH, WINA WITANTI, AND FAIZA RENALDI. 2018. “Sistem Informasi Monitoring Pembangunan Unit Rumah di Perumahan Pangauban Silih Asih Batujajar.” snatif 5(1).

PRATAMA, ARY. 2017. “Aplikasi Penyedia Jasa Tukang Bangunan pada PT. Sahabat Anugrah Sejati – General Contractor Berbasis Android.” Politeknik Negeri Sriwijaya.

RIFQI, MOHAMMAD, AND AL HAZMI. 2018. “Rancang Bangun Website Mencari Tukang Menggunakan Framework Laravel.” Jurnal Buana Informatika UAJY 9(2):71–80.

SIMANJUNTAK, EKA KRISTIANI, EDWARD RAJAGUKGUK, AND JIMMY F. NAIBAHO. 2018. “Perancangan Aplikasi Jasa-Garden untuk Kebutuhan Rumah Tangga dan Kantor di Kota Medan Berbasis Mobile.” 8:34–42.

SUSANTO, RANI, AND ANNA DARA ANDRIANA. 2016. “Perbandingan Model Waterfall Dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi.” Majalah Ilmiah UNIKOM 111(5):756–57.

Downloads

Published

2023-02-23

How to Cite

Muslimin, D. T. ., Herlambang, D. ., Ratnasari, A., & Gata, G. . (2023). Aplikasi Pelayanan Jasa Konstruksi Berbasis Android dan Website Menggunakan Metode Prototype. SUBMIT: Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Dan Sains, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.36815/submit.v2i2.1870