Kerahasiaan Data dengan Steganografi pada Media Citra Menggunakan Metode Adaptif

Authors

  • Sumarno Sumarno
  • Rekanita Akbar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.36815/submit.v2i2.1879

Keywords:

Steganografi, PengolahanCitra, MetodeAdaptif

Abstract

Kerahasiaan data merupakan hal yang sangat diperlukan. Terlebih jika data tersebut merupakan data yang sangat privasi bagi perusahaan. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pengendalian kerahasiaan tersebut yaitu menggunakan  metode atau teknik steganografi. Steganografi yaitu seni dan ilmu menyembunyikan data atau informasi kedalam suatu media.

Dalam penelitian ini media yang digunakan adalah media citra dengan menggunakan metode adaptif. Pada awalnya citra yang akan disisipkan diubah menjadi kode bentuk matrik kemudian dipilih secara acak pixel yang akan menjadi kandidat untuk disisipkan pesan rahasia. Kemudian dilanjutkan dengan pengecekan nilai paritas warna palet dengan bit pesan yang akan disisipkan, setelah itu dilanjutkan dengan proses penyisipan pesan kedalam media citra tersebut.

Hasil keluaran dari proses penyisipan ini adalah citra yang sudah berisi pesan rahasia didalamnya. Media citra akan mengalami perubahan kualitas citra jika disisipkan pesan yang cukup besar. Dari hasil ujicoba dapat disimpulkan bahwa ukuran maksimal pesan yang dapat disisipkan ke dalam  media citra adalah 1/8 dari ukuran media citra tersebut.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Sumarno, S., & Akbar, R. (2022). Kerahasiaan Data dengan Steganografi pada Media Citra Menggunakan Metode Adaptif. SUBMIT: Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Dan Sains, 2(2), 22–25. https://doi.org/10.36815/submit.v2i2.1879

Issue

Section

Articles