Rancang Bangun Aplikasi CBT Berbasis Android Menggunakan REST API

Authors

  • Muhammad Rafi Dwi Ashaffah
  • Arda Surya Editya

DOI:

https://doi.org/10.36815/submit.v2i2.1880

Keywords:

Android, REST API, CBT

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia saat ini semakin pesat telah membawa banyak pengaruh terhadap berbagai bidang, salah satunya ialah dunia Pendidikan. Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan salah satunya dengan membangun aplikasi CBT(Computerr Based Test). CBT (Computer Based Test) ujian yang menggukan computer secara online dan berbasis esai. CBT dalam bentuk esai ini sangat jarang sekali diterapkan dikarenakan banyak permasalahan yang terjadi ketika menerapkan sebuah sistem CBT dalam bentuk esai salah satunya adalah kesulitan dalam mengoreksi jawaban peserta didik yang dalam bentuk esai.

Berdasarkan permasalahan diatas penulis ingin membuat sebuah CBT dalam bentuk aplikasi Android dengan menggunakan REST API.Tujuan skripsi ini adalah untuk menciptakan sebuah aplikasi CBT berbasis Android yang mampu menampung jawaban essay. Membantu para guru dalam penilaian soal berbasis esai menggunkan REST API yang diimplementasi pada CBT.

Dalam sistem ini metode REST API digunakan sebagai dasar untuk perancangan pada Aplikasi CBT yang nantinya dapat membantu para guru untuk mempermudah mengimplementasikan CBT dalam bentuk Aplikasi Android. Penilaian pada sistem CBT dengan menggunakan metode Jaro Winkler ini menggunakan perbandingan antara string1 dengan string2 yang nantinya akan menghasilkan suatu nilai dengan dikalikan bobot perjawaban disetiap soal sehingga dapat mempercepat proses penilaian pada setiap jawaban peserta didik. Dengan adanya pengembangan pada sistem CBT berasis esai ini dapat memecahkan permasalahan pada penelitian sebelumnya. Sehingga sistem CBT ini dapat membantu para guru dalam penilaian pada soal berbasis esai.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Ashaffah, M. R. D. ., & Editya, A. S. (2022). Rancang Bangun Aplikasi CBT Berbasis Android Menggunakan REST API. SUBMIT: Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Dan Sains, 2(2), 38–42. https://doi.org/10.36815/submit.v2i2.1880

Issue

Section

Articles