Implementasi Crowdfunding pada Sistem Informasi Penanaman Pohon Berbasis Web Pada Kelompok Pelindung Hutan Dan Mata Air Wonosalam Jombang

Authors

  • Ahmad Farhan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
  • Faiz Irwinsyah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
  • Mohamad Ali Murtadho Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

DOI:

https://doi.org/10.36815/submit.v2i2.1919

Keywords:

Crowdfunding, Sistem Informasi, Payment Gateway, PHP dan MySQL

Abstract

Kelompok Pelindung Hutan dan Mata Air Wonosalam Jombang merupakan sebuah kelompok organisasi masyarakat pelindung hutan yang berbadan hukum di bawah naungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang. Dalam melakukan kegiatan penanaman pohon dan penjagaan mata air, kelompok ini masih kesulitan dalam hal dukungan moril serta bantuan dana guna alokasi pembelian bibit pohon. Saat ini, Kelompok Kepuh masih menggunakan cara manual dalam pencatatan laporan kegiatan konservasi alam di buku catatan. Selain pencatatan laporan secara manual Kelompok Kepuh belum memanfaatkan adanya website dalam melakukan penggalangan dana. Maka untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu proses penggalangan dana penanaman pohon. Penulis merancang dan membangun sebuah sistem informasi crowdfunding yang terintegrasi dengan payment gateway (midtrans). Dengan adanya fitur payment gateway memudahkan calon relawan atau donatur untuk melakukan donasi pembayaran. Perancangan dilakukan menggunakan metode prototype dengan tahapan yaitu mengidentifikasi, pengembangan, menentukan, dan pengguna. Pembuatan sistem informasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan Framework CodeIgniter dan database MySQL. Adapun fitur yang ada dalam sistem ini adalah informasi tentang kampanye alam, pembayaran dengan payment gateway, data wilayah konservasi serta laporan kampanye alam dan donasi. Tujuan penelitian ini adalah memberikan kemudahan dalam proses pembayaran yang akurat dan memberikan informasi dengan cepat dan tepat mengenai kampanye penanaman pohon yang dapat membantu proses kegiatan konservasi Kelompok Pelindung Hutan dan Mata Air Wonosalam Jombang

References

Alfian, Sokibi, P., & Magdalena, L. (2020). Penerapan Payment Gateway Pada Aplikasi Marketplace Waroeng Mahasiswa Menggunakan Midtrans. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 387-393.

Aslam, A. M., Fatonah, R. N., & Riza, N. (2021). Aplikasi Crowdfunding Sebagai Penggalangan Dana Korban Bencana Alam Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Teknik Informatika, 45-51.

Fadjrin, D., Ilhamsyah, & Dian Prawira. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengumpulan Dana Panti Asuhan Menggunakan Metode Crowdfunding Dengan Model Situs Donasi. Coding : Jurnal Komputer Dan Aplikasi, 64-73.

Gunawan, A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Crowdfunding Untuk ITS Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Laravel. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 1-151.

Inkiriwang, N. Y. (2019). Implementasi Bauran Pemasaran Melalui Kegiatan Sales E-Commerce Pada OTA (Online Travel Agent). Universitas Mercu Buana, 15-38.

Irawan, M. D., & Simargolang, S. A. (2018). Implementasi E-Arsip Pada Program Studi Teknik Informatika. Jurnal Teknologi Informasi, 67-84.

Khusna, M. A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Crowdfounding Berbasis Website Di Asosiasi Mu’allimin Mu’allimaat Klaten Semarang Dan Sekitarnya. Jurnal Amikom Yogyakarta, 1-8.

Kurniawan, H., & Budi, A. (2018). Implementasi Crowdfunding Untuk Pengembangan Sistem Informasi Startup Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Bisnis Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie, 1-12.

Nugroho, A. Y., & Rachmaniyah, F. (2019). Fenomena Perkembangan Crowdfunding Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 34-46.

Riyanto, H. A., Sadikin, & Zanuddin, M. R. (2016). Sistem Informasi Perpustakaan Umum Grati Kabupaten Pasuruan Berbasis Web Menggunakan Program PHP Dan Database . Jimp - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1-14.

Setiawan, S. P., Sujaini, H., & Irwansyah, M. A. (2020). Sistem Informasi Objek Wisata Dengan Algoritma Djisktra Untuk Rute Terdekat Dan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) Untuk Rekomendasi (Studi Kasus Kabupaten Bengkayang). Justin : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 191-198.

Setyaningsih, P. W., & Saputra, I. J. (2021). Perancangan Aplikasi Rental Mobil Dengan Framework Codeigniter. Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 293-300.

Tabrani, M., Suhardi, & Priyandaru, H. (2021). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Website Pada UNL Studio Dengan Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Ilmiah M-Progres, 13-21.

Ushud, A. A. (2018). Analisa Dan Perancangan Website Crowdfunding Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid Jakarta. Jurnal Maklumatik, 101-109.

V. H. (2021). Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi E-Learning Berbasis Gamifikasi Dengan Design Science Research Methodolog. Uin Syarif Hidayatulloh, 1-197.

Wongso, F. (2016). Perancangan Sistem Pencatatan Pajak Reklame Pada Dinas Pendapatan Kota Pekanbaru Dengan Metode Visual Basic. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 160-180.

Downloads

Published

2023-02-23

How to Cite

Farhan, A., Irwinsyah, F. ., & Murtadho, M. A. . (2023). Implementasi Crowdfunding pada Sistem Informasi Penanaman Pohon Berbasis Web Pada Kelompok Pelindung Hutan Dan Mata Air Wonosalam Jombang. SUBMIT: Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Dan Sains, 2(2), 19–28. https://doi.org/10.36815/submit.v2i2.1919