Evaluasi Keberhasilan SIAMIK UPN“Veteran” Jawa Timur Dengan Pendekatan Information System Success Model DELONE AND MCLEAN

Authors

  • Kevin Yohanes Wuryanto Universitas Pembangunan Nasional"Veteran" Jawa Timur
  • Moch. Abdillah Emha Ramdhani UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Rizky Ilman Nugraha UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Anita Wulansari

Keywords:

Evaluasi Keberhasilan, SIAMIK, Delone and Mclean

Abstract

Artikel jurnal ini menyajikan evaluasi keberhasilan Sistem Informasi Akademik (SIAMIK) di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dengan menggunakan Information System Success Model DeLone and McLean. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas dan efisiensi SIAMIK dalam meningkatkan proses akademik dan meningkatkan kinerja kelembagaan secara keseluruhan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode stratified random sampling yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dengan sasaran mahasiswa pengguna SIAMIK di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dengan jumlah sampel sebanyak 117 mahasiswa. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis SEM dengan tools SmartPLS 4 dengan variabel kualitas sistem, kualitas informasi, kuailtas layanan, kepuasan pengguna, dan net benefit. Berdasarkan hasil dari 7 hipotesis yang diuji, terdapat 5 hipotesis yang memenuhi kriteria kualitas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan rekomendasi untuk pengembangan sistem informasi akademik di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur maupun di lembaga pendidikan lainnya.

Author Biographies

Kevin Yohanes Wuryanto, Universitas Pembangunan Nasional"Veteran" Jawa Timur

 

 

Rizky Ilman Nugraha, UPN "Veteran" Jawa Timur

 

 

Anita Wulansari

 

 

References

Setyawan, A. E., & Anyan. (2022, November 18). Evaluasi Keberhasilan Learning Management System (Lms) Stkip Persada Khatulistiwa Menggunakan Model Delone Dan Mclean. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(2), 336-347. http://dx.doi.org/10.31932/ve.v13i2.1877.

Suradi, A., & Windarti, M. (2020, April). Penerapan Model Delone Dan Mclean Pada Si-Pmb Online Dari Perspektif Pengguna Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan. Penerapan Model Delone Dan Mclean Pada Si-Pmb Online Dari Perspektif Pengguna Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan, Vol. 11. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/issue/view/158.

Rachman, R. (2021, 5 21). Analisa Kesuksesan E-Government LAPOR dengan Model Delone-Mclean pada Pengembangan Smart City. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, Volume 10(2), 357-368.

Ulya, S. F., Sukestiyarno, Y., & Hendikawati, P. (2018, Mei). Analisis Prediksi Quick Count Dengan Metode Stratified Random Sampling Dan Estimasi Confidence Interval Menggunakan Metode Maksimum Likelihood. UNNES Journal of Mathematics, 7(1), 109-119.

Chang, Y., Huang, S. K.-H., Lu, W.-J., Chung,C.-L., Chen, W.-L., Lu, S.-H., Lin, K.-H., & Sheu, J.-R. (2013). Brazilin isolated from Caesalpinia sappan L. acts as a novel collagen receptor agonist in human platelets. Journal of Biomedical Science, 20 (1), 1–11.

Marliana, R. R. (2020, Januari). Partial Least Squares-Structural Equation Modeling Pada Hubungan Antara Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dan Kualitas Google Classroom Berdasarkan Metode Webqual 4.0. Jurnal Matematika Statistika & Komputasi, 16(No. 2), 174-186. 10.20956/jmsk.v%vi%i.7851.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Squares (PLS) Dilengkapi Software SmartPLS 3.0. Xlstat 2014 dan WarpPLS 4.0 (4th ed.). Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (untuk Penelitian Empiris) (2nd ed.). Universitas Diponegoro.

Lacinka, A., Fathoni, A., & Gagah, E. (2021, Maret). Analyze Effect Of Debt To Equity Ratio, Net Profit Margin, And Earning Per Share To The Company's Stock Prices Lq45 Listed On The Indonesia Stock Exchange Year 2012-2015. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 5(No 1).

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Kevin Yohanes Wuryanto, Moch. Abdillah Emha Ramdhani, Rizky Ilman Nugraha, & Anita Wulansari. (2023). Evaluasi Keberhasilan SIAMIK UPN“Veteran” Jawa Timur Dengan Pendekatan Information System Success Model DELONE AND MCLEAN. SUBMIT: Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Dan Sains, 3(1), 8–14. Retrieved from http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/submit/article/view/2662

Issue

Section

Articles