Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Petugas Panwaslu Dengan Metode AHP Di Kabupaten Mojokerto

Authors

  • Imam Shafi’i Universitas Islam Majapahit
  • Luki Ardiantoro Universitas Islam Majapahit
  • Sugianto Sugianto Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan(SPK), Analytic Hierarchy Process, Petugas Panwaslu

Abstract

Sebuah Badan Pengawas Pemilihan Umum akan berhati-hati dalam menyeleksi calon petugas panwaslu yang nantinya akan menjadi petugas panwaslu di Kabupaten Mojokerto tersebut. Kesalahan dalam memilih seorang petugas panwaslu tentunya akan membawa pengaruh negatif bagi kinerja petugas tersebut. Selain menilai pada kemapuan teknis, Bawaslu juga perlu melakukan penilaian kepribadian terhadap calon petugas panwaslu. Oleh karena itu diperlukan metode yang sistematis dan seleksi yang tepat dalam pemilihan calon petugas panwaslu. Penelitian ini menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Sistem melakukan penilaian terhadap pembobotan kriteria calon petugas panwaslu, diasumsikan mencakup kriteria-kriteria antara lain : kejujuran, loyalitas, motivasi, percaya diri dan adaptasi atau kerjasama. Sistem akan melakukan analisis dan penilaian terhadap hasil tes pembobotan kriteria calon petugas panwaslu. Hasil penelitian ini adalah model sistem pendukung keputusan seleksi calon petugas panwaslu berdasar hasil tes pembobotan kriteria, sehingga pemilihan calon petugas panwaslu yang tepat untuk menjadi petugas panwaslu Kabupaten Mojokerto sesuai dengan posisi yang dibutuhkan Bawaslu Kabupaten Mojokerto. Melalui pengujian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa sistem layak digunakan bagi user dan dinyatakan baik serta siap untuk diaplikasikan.

References

Saaty, T. L. (1993). Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin : Proses Hirarki Analitik Untuk Pengambilan Keputusan Dalam Situasi Yang Komplek, PT Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Ardiyanto, Hermawan. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perumahan Menggunakan Metode AHP Berbasis Web, CV. Wisma Anungkriya. Demak.

Prayogo, Balam. (2015). Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Karyawan Metode AHP, CV.Sufi Jaya. Semarang.

Harjanto, Arif. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Karyawan Berdasarkan Hasil Tes Psikologi Kepribadian Menggunakan Metode AHP, Kalimasada. Samarinda.

Rianto, Bayu. (2016) Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Metode AHP, RB. Nilam Sari Tembulahan.

Turban. E., dkk. 2005. Decision Support System And Intelligent System. Yogyakarta : Penerbit ANDI Kusrini. 2007. Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

McLeod, (1998). Sistem Informasi Manajamen, Andi. Yogyakarta.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Shafi’i , I., Ardiantoro, L. ., & Sugianto, S. (2023). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Petugas Panwaslu Dengan Metode AHP Di Kabupaten Mojokerto. SUBMIT: Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Dan Sains, 3(1), 22–30. Retrieved from http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/submit/article/view/2683

Issue

Section

Articles