Sistem Informasi Pembayaran Terpadu Pada Yayasan Darut Taqwa Mojokerto

Authors

  • Muhammad Darwis Universitas Islam Majapahit
  • Soffa Zahara Universitas Islam Majapahit
  • Mimin Fatchiyatur Rohmah Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Sistem Informasi, Pembayaran Terpadu, Waterfall, PHP, SQL

Abstract

 Sistem informasi untuk pembayaran terpadu yang ada di Yayasan Darut Taqwa yang selama ini digunakan masih manual, mulai dari input data siswa sampai dengan penyajian data pembayaran siswa. Karena rentannya data hilang, seringnya kesalahan dalam pencatatan, data rusak dan sebagainya yang disebabkan kelalaian pengelola, maka pengelolaan data menjadi tidak efisien dan tidak efektif jika dilakukan secara manual. Oleh karena itu maka solusinya adalah terbentuknya sistem komputerisasi untuk mencari  suatu  hasil  yang  terbaik,  yaitu  sistem informasi pembayaran  terpadu.  Dalam penelitian  ini menggunakan metode pengembangan waterfall. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pengelolaan data pembayaran berbasis web untuk  meningkatkan kinerja dan efisiensi waktu. Aplikasi dikembangkan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan SQL Server sebagai databasenya. Dari  hasil  uji  coba  dan  implementasi  website  secara  langsung  pada  Sistem  Informasi  Pembayaran Terpadu  Berbasis  Web  Pada  Yayasan  Darut  Taqwa  maka  dapat  ditarik  kesimpulan  bahwa  sistem Informasi Pembayaran Terpadu Berbasis Web yang dibuat mampu membuat CRUD data siswa, CRUD data lembaga, CRUD data pembayaran perlembaga, print laporan menjadi lebih efisien dan efektif untuk siswa dan TU atau pengelola pembayaran.

References

Alatas, Husein. (2016). Responsive Web Design dengan PHP & Bootstrap. Yogyakarta:Lokomedia.

Al-Bahra, B.L.B. (2015). Konsep Sistem Basis Data Dan Implementasinya. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Amsyah, Zulkifli, Drs. (2017). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta.

Bagus Irawan dan Endang Retnoningsih. (2017). Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Sekolah Pada SMP Darun Nurjati Kota Bekasi.

Ineke,Pakerang,M.A. (2004). Sistem Basis Data. Graha Ilmu.

Jogiyanto H.M. (2014). Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi Kedua, Yogyakarta,.

Kadir, Abdul. (2017). Belajar database menggunakan MySQL.

Kadir, Abdul. (2018). Dasar Pemrograman WEB Dinamis Menggunakan PHP.

Lucy Sri Musmini dan Ni Ketut Kertiasih. (2015). Sistem Administrasi Akademik Jurusan D3 Akuntansi Berbasis Teknologi Informasi.

Petersen, K., Wohlin, C., Baca, D. (2009). The Waterfall Model in Large in Large-Scale Development. Proceedings of International Conference, PROFES 2009 pp. 386.

Sandika Adi Nugraha dan Ridwan Setiawan. (2016). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Administrasi Keuangan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Assalam Garut.

Supriyanto dan Rahmad H. (2010). Rancangan Sistem Administrasi Akademik Berbasis Komputer.

Wahyono,Teguh. (2012). Analisis dan Desain Sistem. Graha ilmu.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Darwis, M., Zahara, S., & Rohmah, M. F. . (2023). Sistem Informasi Pembayaran Terpadu Pada Yayasan Darut Taqwa Mojokerto. SUBMIT: Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Dan Sains, 3(1), 56–60. Retrieved from http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/submit/article/view/2739

Issue

Section

Articles