Mengoptimalkan Pengembangan Aplikasi Mobile Melalui Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, Mobile-D, Agile, RAD)

Authors

  • Zaky Ramadhan Student

DOI:

https://doi.org/10.36815/submit.v3i2.2993

Keywords:

Metode Pengembangan Perangkat Lunak, perbandingan metode

Abstract

Aplikasi mobile telah mengubah dunia menjadi serba teknologi dan juga perubahan cara kita berinteraksi dengan perangkat secara digital. Menurut data dari Statistika pada tahun 2023 terdapat lebih dari 2,59 juta aplikasi yang tersedia di Google Play Store dan lebih dari 1,64 juta aplikasi di Apple App Store akhir tahun 2022. Data ini menunjukkan ekspansi yang luar biasa dari pasar aplikasi mobile, dimana pengguna smartphone dapat memiliki lebih banyak pilihan aplikasi daripada sebelumnya. Menurut laporan dari Standish Group pada tahun 2021, hanya sekitar 30-40% dari proyek pengembangan perangkat lunak yang dilakukan secara konvensional (metode lama seperti metode Waterfall) dapat dianggap sukses. Hal ini menunjukkan bahwa metode pengembangan perangkat lunak yang kurang sesuai dapat berpotensi menyebabkan gagalnya suatu proyek. Dalam hal ini, penting untuk mencari solusi yang tepat untuk mengembangkan aplikasi mobile. Penggunaan metode yang sesuai dapat mengoptimalkan pengembangan aplikasi, mengurangi resiko kegagalan, dan meningkatkan tingkat keberhasilan. Dalam artikel ini, penulis akan membandingkan beberapa metode perancangan dan pengembangan yang biasanya digunakan dalam pengembangan aplikasi mobile, serta memberikan pengetahuan tentang bagaimana pemilihan metode dapat mempengaruhi kesuksesan proyek. Penulis akan membahas metode Waterfall, Agile, Rapid Application Development (RAD), Prototype, dan Mobile D, serta melihat bagaimana metode-metode ini dapat digunakan untuk mencapai tujuan pengembangan aplikasi mobile yang optimal. Dengan melihat data-data statistik di atas dan tantangan dalam pengembangan aplikasi mobile, penelitian ini bertujuan memberikan panduan yang berguna bagi pengembang dan pemilik proyek dalam mengambil keputusan untuk memilih metode perancangan dan pengembangan yang sesuai untuk kesuksesan proyek aplikasi mobile.

References

Abrahamsson, P., Hanhineva, A., Hulkko, H., Ihme, T., Jäälinoja, J., Korkala, M., Koskela, J., Kyllönen, P., & Salo, O. (2004). Mobile-D: An agile approach for mobile application development. Proceedings of the Conference on Object-Oriented Programming Systems, Languages, and Applications, OOPSLA, 174–175. https://doi.org/10.1145/1028664.1028736

Alda, M. (2023). Pengembangan Aplikasi Penggajian Karyawan Dengan Menggunakan Metode Agile Berbasis Mobile Android. Komputika?: Jurnal Sistem Komputer, 12(1), 43–51. https://doi.org/10.34010/komputika.v12i1.8030

Ardiansyah, A., & Aji, S. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Handphone Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (JASIKA), 1(1), 2776–7973. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jasika54

Baso, K. J., Rindengan, Y. D. Y., & Sengkey, R. (2020). Perancangan aplikasi catering berbasis Mobile. Jurnal Internasional, 9(2), 81–90.

Bm, hafiz M., Wicaksono, T., Apriliani, E., & Haryono, W. (2022). Agile Development Methods Dalam Perancangan Aplikasi. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(6), 1112–1119.

Makassar, U. N., Mallengkeri, J., Tambung, P., Makassar, K., & Selatan, S. (2023). 1-ITEJ-Vol1-No2-Hartini-Pengembangan+Aplikasi+My+Home. 01, 47–67.

Oktaviani, S. N., Fikri Aziz, C., & Sulthon, B. M. (2022). KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Analisa UI/UX Sistem Informasi Penjualan Berbasis Mobile Menggunakan Metode Prototype. Media Online, 2(6), 225–233. https://djournals.com/klik

Pricillia, T., & Zulfachmi. (2021). Survey Paper: Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD). Jurnal Komputasi, 10(1). https://doi.org/10.23960/komputasi.v11i1.2959

Rohmanu, A., Sulfiati, P. A., Panca, U., & Bekasi, S. (2023). PENERAPAN METODE MOBILE-D DALAM PENGEMBANGAN SISTEM PENJUALAN PADA TOKO OPPA FOODS MENGGUNAKAN ANDROID. 1, 103–115.

Rosa, A. ., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek edisi revisi. Informatika Bandung.

Sagita, D. P., & Supriyatna, A. (2021). Penerapan Metode Prototype Pada Sistem Informasi Pengelolaan Data Tamu Hotel. Teknois?: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, 11(2), 115–122. https://doi.org/10.36350/jbs.v11i2.122

Wahyuningrum, T., & Januarita, D. (2014). Perancangan Web e-Commerce dengan Metode Rapid Application Development ( RAD ) untuk Produk Unggulan Desa. 2014(November), 81–88.

Widayati, Q., & Nasir, M. (2018). Metode Mobile-D Dalam Rancang Bangun Perangkat Lunak Kamus Istilah Ekonomi. Jurnal Ilmiah Matrik (Ilmu Komputer), 20(1), 51–60.

Zelkowitz, M. (2004). Advances in Computers: Advances in Software Engineering (62nd ed.). ELSEVIER Inc.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Ramadhan, Z. (2023). Mengoptimalkan Pengembangan Aplikasi Mobile Melalui Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, Mobile-D, Agile, RAD). SUBMIT: Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Dan Sains, 3(2), 13–19. https://doi.org/10.36815/submit.v3i2.2993