PEMBELAJARAN ASWAJA SEBAGAI BASIS KEKUATAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DI MI MA’ARIF SAMBENG BANTUL YOGYAKARTA

Authors

  • Alifatul Azizah Istiyani Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta
  • Ahmad Shofiyuddin Ichsan Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta
  • Samsudin Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta

Keywords:

penguatan pendidikan karakter, cinta tanah air, Aswaja

Abstract

This research is motivated by the increasing number of young people who join Islamic organizations which sometimes conflict with national customs and traditions. Aswaja learning in schools has an important role to provide an understanding of the correct creed without overriding the values ??of nationalism. This research type is field research using qualitative methods with a case study approach. This research took place in Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Sambeng Bantul, Yogyakarta. Data collection was done by observations, interviews, and documentations, while data analysis used circular theory. The results of this research are: 1) implementation of Aswaja learning as the basis for the strength of character education at MI Ma'arif Sambeng, among others: a) habituation activities, b) intra-curricular activities, and c) extracurricular activities. 2) the implications of Aswaja learning as the basis for the strength of character education at MI Ma'arif Sambeng, among others: a) respect for hero services, b) choosing to travel domestically, and c) respect for national culture. 3) the relevance of Aswaja's learning as the basis for the strength of character education in love the homeland at MI Ma'arif Sambeng according to current conditions by formulating a basic national attitude through a balance between Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah, and Ukhuwah Insaniyah which need to be instilled in students from an early age.

 

References

Ahmad, Fathoni. “Agama Mengajarkan Persaudaraan Sesama Manusia”.dalam www.nu.or.id diakses pada 10 Januari 2021.

-------. “Memperkuat Ukhuwah di Tengah Fenomena Ekstrimisme”.dalam www.nu.or.id diakses pada 10 Januari 2021.

Al Barri, Muhamad Arif.“Pembelajaran Aswaja dalam Membina Karakter Siswa di MA Diponegoro Bandung Tulungagung”. Skripsi. Tulungagung: IAIN Tulungagung. 2019.

Anshori, Isa. “Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal. Vol. 1 No. 2. Tahun 2017.

Anwar, Syaifudin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2016.

Choiriyah, Siti.“Implementasi Pembelajaran Aswaja untuk Peningkatan Iman dan Taqwa di SMK Al Falah Salatiga”. Skripsi. Salatiga: IAIN Salatiga. 2017.

Citra, Yulia. “Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran”. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus). Vol. 1 No. 1. Tahun 2012.

Dokumentasi kearsipan MI Ma’arif Sambeng Tahun Pelajaran 2019/2020.

Elyasa, Darwis. Gus Dur, NU dan Masyarakat Sipil. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta. 2010.

Fahmi, Muhammad. “Pendidikan Aswaja NU dalam Konteks Pluralisme”.Jurnal Pendidikan Agama Islam.Vol. 01 No. 01. Tahun 2013.

Fathurrohim.“Implementasi Pembelajaran ke-NU-an untuk Menumbuhkan Rasa Kebangsaan Siswa di MA Al-Ma’had An-Nur Ngrukem Sewon Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. 2015.

Helmawati. Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2017.

Ichsan, Ahmad Shofiyuddin. “Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Islam (Sebuah Analisis Implementasi GLS di MI Muhammadiyah Gunungkidul)”. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol.10. No.01. 2018.

Ichsan, Ahmad Shofiyuddin. “Revisiting the Value Education in the Field of Primary Education (A Study on Abdurrahman An-Nahlawi’s Perspective”. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol.5. No.2. 2019.

Julaiha, Siti. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran”. Dinamika Ilmu. Vol. 14, No. 2, 2014.

Kemendikbud. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta. 2017.

Komara, Endang. “Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21”. SIPATAHOENAN. Vol. 4, No. 1, 2018.

Mahbubi, M. Implementasi Aswaja sebagai Nilai Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Ilmu. 2009

Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendididkan Karakter Prespektif Islam. Bandung: PT Rosdakarya. 2011

Mansur, Achmad Ali. “Implementasi Pembelajaran Aswaja di MTs Mu’allimin NU Malang”.Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam.Vol. 4, No. 8, 2019.

Maunah, Binti. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras. 2009.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Cet ke-33. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2014.

Muchith, M. Saekan. “Radikalisme dalam Dunia Pendidikan”.Jurnal ADDIN. Vol. 10, No.1, 2016.

Muchtar, Masyudi, dkk. Aswaja An-Nahdliyah. Surabaya: Khalista. 2007.

Mustari, Mohamad. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Rajawali Press: Jakarta. 2014.

Mulyatiningsih, Endang. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2013.

Naim, Zaedun. “Membumikan Pendidikan Multikultural dalam Bingkai Pendidikan Islam”, Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan dan Keislaman. Vol. 9. No.1. 2020.

Naim, Ngainun. “Pengembangan Pendidikan Aswaja sebagai Strategi Deradikalisasi”. Walisongo. Vol. 23 No.1. 2015.

Narwanti,Sri. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia. 2014.

Nikmah, Fitrotun.“Ímplementasi Konsep At Tawasuth Ahlus Sunnah wal Jama’ah dalam Membangun Karakter di Tingkat Sekolah Dasar (Studi Kasus Khittah Nahdlatul Ulama)”. Jurnal Tarbawi. Vol. 15, No. 1, 2018.

Prastowo, Andi. Model Penelitian Kuantitatif dalam Persepektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar ruzz Media. 2016.

Prayitno, Iwan. Kepribadian Da’i: Bahan Panduan bagi Da’i dan Murabbi. Bekasi: Pustaka Tarbiyatuna. 2003.

Priyambodo, Aji Agus. “Implementasi Pendidikan Karakter Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air pada Sekolah Berlatar Belakang Islam di Kota Pasuruhan”. Jurnal Sains Psikologi. Vol. 6, No. 1, 2017.

PWNU DIY. Ke-NU-an Ahlussunah Wal Jama’ah An-Nahdliyah untuk Kelas VI SD/MI. Yogyakarta: LP Ma’arif NU DIY. 2017.

-------. Pendidikan Ke-NU-an Ahlussunah Wal Jama’ah untuk Kelas IV SD/MI. Yogyakarta: LP Ma’arif NU DIY. 2018.

-------. Pendidikan Ke-NU-an Ahlussunah Wal Jama’ah untuk Kelas V SD/MI. Yogyakarta: LP Ma’arif NU DIY. 2018.

Rifa’i, Anwar, dkk. “Pembentukan Karakter Nasionalisme melaui Pembelajaran Pendidikan Aswaja pada Siswa Madrasah Aliyah Al Asror Semarang”. Jurnal of Educational Social Studies. Vol. 6 No. 1, 2017.

Sahal, Husni. “Tumbuhkan Toleransi, LP Ma’arif NU Tanamkan Empat Ukhuwah pada Peserta Didik”. dalam www.nu.or.id, diakses pada 10 Januari 2021.

Sopiatin, Popi. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia. 2010.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. 2000.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2016.

-------. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2008.

Suryosubroto, B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. 2002.

Suwendra,Wayan. MetodologiPenelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan. Bandung: Nila Cakra. 2018.

Syarif, Jamal. Dinamika Lembaga Pendidikan Ma’arif NU dalam Sistem Pendidikan Nasional. Banjarmasin: Antasari Press. 2014.

Tanzeh, Ahmad. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras. 2011.

Tim Penyelaras. “Pendidikan ke-NU-an (Ahlussunah wal Jama’ah An Nahdliyyah). Yogyakarta: LP Ma’arif NU DIY. 2018.

Wahyudin, Didin. “Pendidikan Aswaja Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme”. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan. Vol. 17, No. 2, 2017.

Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Pustaka Pelajar: Yogyakarta. 2012.

Winarsih. Pendidikan Karakter Bangsa. Tangerang: Loka Aksara. 2019.

Wisnarni. “Menumbuhkembangkan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Kebiasaan pada SDN NO119/III Koto Majin Hilir”. Jurnal Tarbawi. Vol. 13, No. 1. 2017.

Zayadi, Ahmad dan Abdul Majid. Tadzkirah: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berdasarkan Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2005.

Downloads

Published

2021-05-21