This is an outdated version published on 2021-05-21. Read the most recent version.

INTERAKSI EKO-HUMANISME DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF PERSPEKTIF ISLAM

Authors

  • Siti Nur Laely Siti Nur Laely IAIN Purwokerto
  • Tutuk Ningsih Tutuk Ningsih Pascasarjana IAIN Purwokerto

Keywords:

Interaksi eko-humanisme, pendidikan inklusif, perspektif Islam

Abstract

Dalam Islam, sikap eksklusif terhadap sesama sangatlah dihindari Pendidikan
inklusif yang notabene memberikan pendidikan pada penyandang disabilitas
ternyata masih dipahami sempit dan terbatas pada bangku sekolah. Seharusnya
pendidikan inklusif tidak saja berhenti pada ruang sekolah, tetapi juga pada
lingkungan masyarakat sebagai bentuk sikap inklusif. Penelitian ini merupakan
kajian deskriptif kualitatif dengan pendekatan tekstual dan fenomenologi.
Pendidikan inklusif sebagai keterbukaan dalam menerima beragam latar antar
sesama manusia menjadi hal yang harus diwujudkan untuk mencapai interaksi
eko-humanisme.

References

Hasan Baharun, Robiatul Awwaliyah. 2018. Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif Epistemologi Islam, Jurnal Model Jurnal Program Studi PGMI. Volume 5, Nomor 1, Maret 2018

Reno Fernandes .2017. Adaptasi Sekolah Terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusif. Jurnal Socius: Journal Of Sociology Research And Education Vol. 4, No.2

Nissa Tarnoto. Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Pada Tingkat Sd . HUMANITAS Vol. 13 No. 1

Syafrida Elisa

Aryani Tri Wrastari. Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi Ditinjau Dari Faktor Pembentuk Sikap. Jurnal Psikologi Perkembangan dan Pendidikan 2Vol. 2, No. 01, Februari

Syariati. Ali. 1996. Humanisme: Antara Islam dan Madzhab Barat. Bandung: Pustaka Hidayah

Downloads

Published

2021-05-21

Versions