UPAYA MANAJEMEN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN WIBAWA GURU DI PP. AN NAHDLIYYAH MOJOKERTO

Authors

  • Tatik Suryaningsih Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

DOI:

https://doi.org/10.36815/tarbiya.v12i2.2120

Keywords:

Manajemen, Pesantren, Wibawa

Abstract

Wibawa guru merupakan unsur penting dalam pendidikan yang membuat usaha
mencapai tujuan pendidikan dapat tercapai dengan mudah. Manajemen pesantren
diharapkan mampu menjaga bahkan meningkatkan wibawa guru tersebut. Fokus
dari penelitian ini yaitu bagaimana upaya manajemen pesantren dalam
meningkatkan wibawa guru di PP. An-Nahdliyyah Mengelo – Sooko – Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara, (2) observasi, dan (3)
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara: reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini, ditemukan bahwa upaya
manajemen pesantren yang dilakukan untuk meningkatkan wibawa di PP. An
Nahdliyyah, teraktualisasi dalam bentuk: (1) persiapan guru sebelum mengajar; (2)
hubungan harmonis antara Kyai, guru dan siswa/santri; (3) optimalisasi manfaat
wibawa guru bagi siswa

References

Ahmadi, Abu, dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2004), 105.

Arniyati, Dampak Hukuman Terhadap Santri Baru Putra di Pondok Pesantren Kramat Pasuruan, UIN Malang, (2014),

Baharuddin dan Umiarso, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Yoyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Bahrizi, Ahmad, Holistika Pemikiran Pendidikan A. Malik Fadjar, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2005.

Boeree, C. George, Dasar-dasar Psikologi Sosial, (Yogyakarta: Prismasophie, 2006).

Danim, Sudarwan, Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006,

Echols, John M. dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, (Jakarta: Gramedia, 1993).

Freire, Paolo, Pendidikan Kaum Tertindas, Jakarta: Pustaka LP3ES, 2008.

Hartono, Kepatuhan Kemandirian Santri, (Analisis Psikologi), Jurnal Study Islam dan Budaya, Vol. 4 No. 1, (2006)

Kadarman, A.M. dan Jusuf Udaya, Pengantar Ilmu Manajemen, Buku Panduan Mahasiswa,

Karepesina, Ja’cuba, dkk. Mitos, Kewibawaan, dan Perilaku Budaya. Jakarta: PT Pustaka Grafika Kita, 1988.

Karl D. Jackson. Kewibawaan Tradisonal Islam dan Pemberontakan. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti, 1990.

Kusuma, Imma Helianti, Manajemen Pendidikan di Era Reformasi (Jakarta: Jurnal Pendidikan Penabur, 2006)

M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT. Remaja Rosydakarya, 2009, Cet. Ke-19.

Madjid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Miles, Matthev, & A. Michael Huberman, Saldana Johnny, Qualitative Data Analysis, (Los Angeles: Sage Publication, 2014).

Prasetyawati, Priyatna, Analisis Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning, Jurnal Katalogis, Vol. 4 No. 10, 2016.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2012).

Ramdhan, T. W. (2019). Desain Kurikulum pendidikan Islam berbasis tauhid. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 118-134.

Ramdhan, T. W. (2020). MULTICULTURAL CURRICULUM DEVELOPMENT MODEL (CASE STUDY OF CURRICULUM PLANNING FOR SMA NEGERI 2 KEDIRI): MULTICULTURAL CURRICULUM DEVELOPMENT MODEL (CASE STUDY OF CURRICULUM PLANNING FOR SMA NEGERI 2 KEDIRI). TARBIYA ISLAMIA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 9(1), 78-87.

Rivi, Veithzal, dan Silviana Murni, Education Manajement: Analisis Teori dan Praktik, Jakarta: Rajawali Press, 2009.

Rohmad, Muhammad Ali, Menjadi Guru Berwibawa di Era Merdeka Belajar, (Malang: Literasi Nusantara, 2022).

Rohmad, Muhammad Ali, Pengelolaan Kelas; Bekal Calon Guru Berkelas (Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2015)

Safitri, Erlina, Penguatan Penanaman Nilai Demokratis Pada Siswa-Siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri Pecangaan di Bawu Jepara. Penelitian Universitas Negeri Semarang. (2015).

Sarwono, Sarlito W., Psikologi Sosial, (Jakarta: Salemba Humanika, 2009), 116.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. (Jakarta: Rineka Cipta. 2010).

Sondang P. Siagin, Filsafat Administrasi, (Jakarta CV. Masagung, 1980)

Sudarsyah, Asep, dan Diding Nurdin, Manajemen Pendidikan (Bandung: Alfabeta 2004)

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006).

Syah, Muhibin, Psikologi Belajar, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2009).

Syukur, Fatah, Dinamika Pesantren dan Madrasah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Published

2022-09-27 — Updated on 2022-09-28