Melacak Jejak Spiritualitas Manusia dalam Tradisi Islam dan Barat

Authors

  • Syaikhu Rozi

Abstract

Jejak-jejak spiritualitas manusia dapat ditemukan tidak hanya dalam tradisi keilmuwan Islam, namun juga tradisi keilmuwan Barat. Jejak spiritualitas dalam tradisi keilmuwan Barat dapat dilacak dalam perkembangan pengetahuan sejak era Yunani sampai post Modernisme, baik dalam pemikiran filsafat, theologi bahkan juga dalam sains modern seperti psikologi maupun neurologi. Jejak spiritualitas manusia dalam tradisi keilmuwan Islam dapat dilacak dalam pemikiran (khususnya) tentang Tuhan, penciptaan Alam semesta, manusia serta hubungan diantara ketiganya, dalam semua aspek dan dimensi keilmuwan Islam, tetapi lebih khusus dalam theologi, filsafat dan tasawwuf.

References

Adlin, Al-Fathri, & Iwan Suryalaksono. (2001). Reduksi Manusia; Tinjauan Umum pada Era Pramodernisme, Modernisme dan Post Modernisme. Journal of Psiche. Sejarah Perkembangan Psikologi; Etika dan Pertumbuhan Spiritual. Volume 2 Tahun 2001
Akhyar, Thowil. (1992). The Secret of Sufi, Rahasia Kehidupan Sufi. Semarang: C.V. asy-Syifa’.
Al-Fathri Adlin & Iwan Suryalaksono, Reduksi Manusia; Tinjauan Umum pada Era Pramodernisme, Modernisme dan Post Modernisme. Journal of Psiche. Sejarah Perkembangan Psikologi; Etika dan Pertumbuhan Spiritual. Jakarta. Volume 2 tahun 2001
Ali, Yunasril. (1999). Manusia Citra Ilahi Perkembangan Konsep Insan Kamil Ibnu 'Arabi oleh Al-Jilli. Jakarta: Paramadina.
Amstrong, Amatullah. (2001). Khasanah Sufi; Kunci Memahami Dunia Taswwuf. Edisi Indonesia oleh M.S. Nasrullah dan Ahmad Baiquni. Bandung: Mizan.
Ansary, Tamim. (2010). Dari Puncak Bagdad; Sejarah Dunia Versi Islam. Terjemah oleh Yuliani Liputo. Jakarta: Zaman.
Bakar, Osman. (1994). Tauhid dan Sains; Esai-Esai Tentang Sejarah Filsafat Sains Islam. Edisi Indonesia oleh Yuliani Liputo. Yogyakarta: Pustaka Hidayah.
Bakar, Osman. (1998). Hirarki Ilmu, Membangun Rangka Berpikir Islamisasi Ilmu Menurut Al-Farabi, Al-Ghazali, dan Qutb al-Din Al-Syirazi. Edisi Indonesia oleh Purwanto. Bandung: Mizan.
Calvin S. Hall & Gardner Lindzey. (1993). Teori-Teori Holistik (Organismik-Fenomenologis), Murray, Goldstein, Angyall, Maslow, Rogers, Binswanger, Boss, Lewin; diterjemahkan oleh Yustinus. Yogyakarta: Kanisius.
Crapps, Robert W. (1993). Dialog Psikologi dan Agama, Sejak Wiliam James Hingga Gordon W. Allport. Diterjemahkan oleh Mardjana. Yogyakarta: Kanisius.
Cryiil Colose (tt.), Ensiklopedia Islam (Ringas). Edisi Indonesia oleh Ghufron Masudi, 1999. Jakarta: Raja Grafindo.
Daud, Wan Mohnd Nor Wan. (2003). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Diterjemahkan oleh Hamid Fahmi, M. Arifin dan Iskandar Amel. Bandung: Mizan.
Doa, Syah. (1984). Rahasia Alam Kebatinan; Kupasan Imam Ghazali dan Filosof-Filosof yang Termashur. Solo: CV. Ramadhani.
Freely, John. (2011). Cahaya dari Timur; Peran Ilmuwan dan Sains Islam dalam Membentuk Dunia Barat; Terjemah oleh Noviatri. Jakarta: PT. Elex Media Computinndo, Compass Gramedia.
Hall, Calvin S. & Gardner Lindzey. (1993). Teori-Teori Psikodinamik (Klinis), Freud, Ericson, Jung, Adler, Fromm, Hoerney, Sulivian; diterrjemahkan oleh Yustinus. Yogyakarta: Kanisius.
Jasin, Maskoeri. (2000). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kabir Helminski. (2005). Meditasi Hati, Tranformasi Sufitik. Edisi Indonesia oleh Abdullah Ali. Bandung: Pustaka Hidayah.
Kritzeck, James. (2003). Simphoni Surga, Avand Grate Sastra Islam. Edisi Indonesia oleh Olenka Faten Hamama. Yogyakarta: Kota Kembang.
Lewis, David Levering. (2012). God Crucible; Islam and The Making of Europe 570 -1215. Terjemah oleh Yuliani Liputo. Jakarta: Serambi.
Mazhar, Armahedi. (2004). Revolusi Integralisme Islam, Merumuskan Paradigma Sains Islami. Bandung: Mizan
Mujib, Abdul. (2006). Kepribadian dalam Psikologi Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Najati, Muhammad Usman. (2003). Jiwa dalam Pandangan Filosof Muslim; terjemah oleh Gazi Saloom. Bandung: Pustaka Hidayah.
Nasr, Sayyed Hossein. (2004). Intelligensi dan Spiritualitas Agama-Agama, diterjemahkan oleh Suharsono. Jakarta: Inisasi Press.
Nasr, Sayyed Hossein, et. Al. (2003). Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam, Terjemah oleh Tim Penerjemah Mizan. Bandung: Mizan.
Nasution, Hasyimsyah. (2002). Filsafat Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama.
Pasiak, Taufiq. (2002). Revolusi IQ, EQ, SQ; Antara Neorusains dan al-Quran. Bandung: Mizan.
Rahmat, Jalaludin. (2004). Psikologi Agama; Sebuah Pengantar. Bandung: Mizan
Syarifudiin, Imam Yahya Bin. (tt) Matan al-Arba'in al-Nawawiyah. Surabaya: al-Hidayah.
Zohar, Danah. (2003). SQ, Spiritual Intelligence, Memanfaatkan SQ dalam Berfikir Integralistik dan Holistic untuk Memaknai Kehidupan. Edisi Indonesia oleh Rahmani Astuti. Bandung: Mizan.

Downloads

Published

2018-09-22

Issue

Section

Articles