Permainan Treasure Hunt sebagai Sebuah Strategi Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Ulin Nuha

DOI:

https://doi.org/10.36815/tarbiya.v7i2.230

Keywords:

Permainan Treasure Hunt, Strategi Pembelajaran, Bahasa Arab

Abstract

Pembelajaran akan terasa sangat menjenuhkan jika di dalamnya tidak disertai dengan adanya pemakaian media-media pembelajaran oleh seorang guru. Dengan adanya media pembelajaran kegiatan pembelajaran akan berlangsung dengan sangat menyenangkan. Selain itu, dengan adanya media dalam kegiatan pembelajaran, materi ajar yang disampaikan oleh guru pun akan lebih mudah diterima dengan maksimal oleh peserta didik. Kaitannya dengan pembelajaran bahasa Arab, ia adalah salah satu mata pelajaran yang menjadi momok “menakutkan†bagi sebagian peserta didi. Oleh karenanya diperlukan adanya media-media yang mungkin berupa permainan untuk menciptakan pembelajaran bahasa Arab yang enjoy dan menyenangkan. Salah satunya adalah permainan “Treasure Hunt†ini, ia dihadirkan dalam pembelajaran bahasa Arab agar proses pembelajarannya terasa enjoy dan menyenangkan tanpa adanya tekanan bagi peserta didik. “Treasure Hunt†ini adalah sebuah permainan berburu mencari harta karun yang kemudian diadopsi ke dalam pembejaran bahasa Arab. Para siswa dalam satu kelas dibagi ke dalam beberapa kelompok yang kemudian setiap kelompok memulai perburuan harta karun yang isinya berupa mufradat berbahasa Arab untuk dihafalkan dan untuk dirangkai menjadi kalimat yang baik dan benar dan kemudian diucapkan secara lisan. Permainan “Treasure Hunt†ini akan sangat melatih kemampuan istima’, kalam, qira’ah, dan kitabah, serta menambah perbendaharaan kosakata berbahasa Arab peserta didik.

References

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. RINEKA CIPTA, 1997.
Ibrahim, R. dan Nana Syaodah. S., Perencanaan Pengajaran, Jakarta: RINEKA CIPTA, 1996.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2008.
Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: HUMANIORA, 2011.
Keraf, Gorys. Komposisi – Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa –, Flores: Nusa Indah, 1984.
Machmudah, Umi dan Abdul Wahab Rosyidi. Active Lerning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Press, 2008.
Malibary, A. Akrom, dkk, Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama/I.A.I.N, Jakarta: Depag R.I., 1976.
Mufarokah, Anissatul. Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: TERAS, 2009.
Muhammad, Abu Bakar. Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab, Surabaya: Usaha Nasional, 1981.
Soetomo, Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar, Surabaya: Usaha Nasional, 1993.

Downloads

Published

2018-09-22

Issue

Section

Articles